Kamus Istilah Properti

Tali Air

istilah properti

Tali Air

Tali air adalah sebuah kanal kecil yang dibuat di antara dua bagian permukaan konstruksi sebagai pembatas, misalnya antara dinding dan kusen pintu.

Pengertian tali air

tali air
(Altro Building Systems)

Tali air adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan celah atau kanal kecil yang dibuat antara dua permukaan konstruksi. Celah atau kanal kecil tersebut biasanya banyak ditemukan di arsitektur-arsitektur bergaya modern sebagai penambah estetika.

Di Indonesia, umumnya kita akan menemukan bagian ini dibuat dengan ukuran 2 cm x 1 cm. Mungkin, Pins akan sering menemukan contoh pengaplikasian sebagai pembatas antara kusen pintu dan dinding yang mengelilinginya.

Tidak semua konstruksi mengaplikasikan akan mengaplikasikan ceruk kecil ini dalam ruang-ruang atau bagian-bagian bagunannya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh konsep, selera, maupun rujukan gaya arsitektur dari pemilik bangunan, pemborong, atau konseptor.

Apabila dieksekusi dengan presisi, kanal kecil ini akan membuat sudut bangunan atau ruangan terlihat makin menarik. Di lapangan, problem yang akan mengiringi proses pengaplikasian kanal kecil ini antara lain adalah:

  • Faktor ketelitian dan kemampuan teknis pekerja,
  • Karakter dari material yang digunakan pada bangunan, dan
  • Waktu pengerjaan yang cukup panjang.

Semua masalah yang disebutkan di atas dapat teratasi dengan simpel apabila pekerja konstruksi menggunakan alat bantu untuk membantu proses eksekusi. Selain itu di pasaran, Pins dapat menemukan tali air pasangan yang terbuat dari aluminium untuk membuat kanal kecil pembatas antara dua permukaan konstruksi yang ingin dipisahkan.

Harga dari aluminium pasangan untuk membuat kanal kecil antara dua permukaan konstruksi yang diinginkan berkisar dari harga Rp2.000-an hingga Rp10.000-an. Harga akan ditentukan oleh panjang, lebar, dan kedalaman dari tali air yang dipilih. Di beberapa daerah, mungkin harga barang tersebut akan lebih mahal dari harga yang telah kami sebutkan.

Macam-macam pengaplikasian

tali air
(Pinterest)

Setelah mengetahui pengertian, kita lanjut ke bagian yang membahas tentang macam-macam pengaplikasiannya dari ceruk kecil pembatas ini. Sebenarnya, hampir semua permukaan pada konstruksi bisa dipasangkan kanal kecil ini. Semua kembali lagi tergantung pada konsep, selera dan rujukan.

Ketika berbicara mana bagian yang biasa dipasangi kanal kecil pembatas ini, maka penjelasan di bawah ini mungkin bisa dijadikan contoh yang tepat. Berikut penjelasan yang dimaksud.

  • Pembatas di antara dinding dan plin lantai.
  • Membuat garis yang membatasi antara kusen pintu dan dinding.
  • Dibuat di antara kusen jendela dan lantai.
  • Garis tegas yang dibuat untuk mempertegas pemisahan dinding dan plafon.
  • Penambah estetika dengan diaplikasikan di permukaan pilar rumah.

Cara membuat tali air

tali air
(Pinterest)

Pada bagian ‘pengertian’ di awal artikel ini, kita sempat menyinggung sedikit bagaimana cara membuat kanal kecil ini. Karena memang belum membahas dengan detail, maka pada bagian ini kamu akan mendapatkan penjelasan secara umum dan simpel bagaimana cara membuat tali air. Pembuatan kanal kecil yang akan dijelaskan ini lebih spesifik pada pemasangan tali air aluminium.

Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan. Peralatan yang akan dibutuhkan hanya satu yakni palu. Sedangkan, bahan-bahannya ada beberapa antara lain: paku, lem konstruksi, plamir tembok, cat tembok dan tali air aluminium.

Kedua, mengukur lokasi pengaplikasiannya. Dengan melakukan pengukuran secara presisi, kanal kecil pasangan yang akan diaplikasikan akan lebih kecil kemungkinannya untuk meleset. Ketika sudah mengukur lokasi, cocokkan ukuran tersebut kanal kecil alumunium pasangan yang sudah kamu beli. Pastikan untuk tidak memotongnya lebih kecil dari ukuran yang seharusnya.

Berikutnya, memulai memasang. Tempatkan kanal kecil aluminium di bagian tadi. Gunakan bantuan lem agar kanal kecil tersebut dapat lekat dengan baik. Lem konstruksi yang digunakan berperan penting dalam aspek kelekatan dan ketahanan posisi kanal kecil yang dipasang. Pastikan juga kanal yang dipasang tidak mudah bergeser karena ini dapat membuat retakan pada tembok.

Keempat, pasang paku pada agar kanal tidak mudah bergerak. Dalam proses ini, yang perlu diperhatikan adalah bagian sambungan yang berada di sudut-sudut kanal perlu untuk dipaku agar menjadi satu bagian. Pasang juga paku di titik-titik pada kanal kecil aluminium yang sekiranya rawan bergeser.

Yang terakhir, proses penyempurnaan. Bersihkan kotoran-kotoran pada ceruk-ceruk baru terpasang. Setelah itu, aplikasikan plamir pada bagian yang sekiranya perlu untuk dirapikan. Setelah plamir mengering, saatnya melakukan pengecatan atau pemasangan keramik.

Kelebihan dan kekurangan

tali air
(Pinterest)

Pengaplikasian tali air punya beberapa kelebihan dan kekurang. Masing-masing dari kelebihan dan kekurangannya akan dibahas berurutan pada penjelasan di bawah ini.

Kelebihan

  • Dapat memberikan kesan ruangan yang lebih hidup, modern, kontemporer, dan lebih rapi.
  • Mudah untuk dipasang dirumah-rumah yang baru akan dibangun.
  • Cocok untuk ruangan atau bangunan yang dikonsep untuk tampil kontemporer dan modern.

Kekurangan

  • Pemasangannya akan membatasi pilihan furnitur yang mengisi ruangan.
  • Sulit untuk diaplikasikan di bangunan yang struktur permukaannya tidak rata.
  • Dapat menyebabkan retakan pada tembok jika salah pemasangan.
  • Pemasangan memerlukan teknik, biaya, ketelitian, dan waktu yang lebih.
  • Perlu untuk dibersihkan secara berkala dari debu, serangga ataupun kotoran yang memungkinkan untuk menempel.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.