Kamus Istilah Properti

Waterproofing

istilah properti

Waterproofing

Waterproofing adalah proses pengaplikasian lapisan anti bocor atau anti air pada objek atau struktur konstruksi.

Apa itu waterproofing?

(Pengadaan)

Kebocoran merupakan salah satu permasalahan yang standar pada hunian. Namun, apabila tidak diatasi dengan baik, problem ini akan menjadi sebuah hal yang merepotkan penghuni ataupun orang-orang yang beraktivitas di dalamnya. Agar bangunan atau konstruksi anti bocor atau tahan akan air, kita bisa melakukan waterproofing.

Waterproofing adalah proses pengaplikasian lapisan anti bocor atau anti air pada objek atau struktur konstruksi. Beberapa bagian struktur yang bisa diterapkan aksi waterproofing antara lain yakni dinding, atap, kamar mandi, basement, tangki air, dan lain-lain.

Ketika diaplikasikan pada suatu bidang, lapisan anti bocor atau anti air ini akan menutup dan meresap pada pori-pori dari permukaan bidang tersebut. Tertutupnya pori-pori dari permukaan bidang akan membuat aliran air terhalang untuk masu ke sela-sela. Hal ini yang kemudian menyebabkan sebuah bidang jadi tahan akan kebocoran atau anti air.

Dalam bidang konstruksi, ada beberapa jenis waterproofing yang dikenal. Jenis-jenis yang dimaksud dikategorikan berdasarkan cara pengaplikasiannya yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Coating
  • Integral
  • Membran
  • Crystalline

Coating

(KatalogMaterial)

Metode coating untuk mengaplikasikan lapisan waterproof dilakukan seperti halnya mengaplikasikan cat pada sebuah bidang. Material yang digunakan untuk melapisi permukaan bidang berbentuk menyerupai cat. Namun, secara konsistensi material coating lebih pekat.

Untuk menerapkan coating waterproof, kita hanya perlu kuas atau rol. Beberapa bidang yang bisa diterapkan coating antara lain dinding, toilet, balkon, tangki air, talang beton dan lain-lain.

Di pasaran, Pins akan menemukan tiga jenis coating waterproof. Dari yang berbahan cement base, solvent base, dan acrylic base.

Cement base coating

Jika membeli coating jenis ini, dalam satu produknya akan didapatkan komponen cairan dan bubuk. Sifat dari coating jenis ini pekat dan keras jika sudah mengering.

Jika membeli coating jenis ini, dalam satu produknya akan didapatkan komponen cairan dan bubuk. Sifat dari coating jenis ini pekat dan keras jika sudah mengeras. Beberapa produk cement base coating dapat diaplikasikan untuk menyatukan bidang-bidang yang retak. Bahkan beberapa produk khusus bisa diaplikasikan pada kolam renang maupun tangki air.

Solvent base coating

Solvent base coating merupakan coating yang bentuknya cair. Produk-produk yang ada di pasaran dari coating jenis ini punya elongasi yang sangat besar. Tidak heran kalau coating ini mampu melapisi atap beton bangunan besar atau dinding kolam renang berukuran besar.

Acrylic base coating

Ketika membeli coating jenis ini, kamu akan mendapatkan satu komponen. Bentuk dari komponen tersebut menyerupai cat, namun konsistensinya lebih pekat.

Apabila ingin menerapkan coating ini, ada baiknya menambahkan pengencer. Kamu bisa menambahkan air pada acrylic base coating yang kamu beli.

Integral

(Tahapan)

Untuk menerapkan waterproofing integral, kita hanya bisa melakukannya di awal pembangunan bidang konstruksi. Hal ini dikarenakan pelapis anti bocor dan anti air tersebut dicampurkan pada adukan beton.

Rata-rata, area yang menerapkan metode ini untuk sistem waterproof-nya adalah area basement, kolam renang, tangki air, dan beberapa bidang lain. Beberapa sifat yang menjadi keunggulan dari waterproofing ini adalah tidak mudah retak, lebih solid, dan lebih plastis.

Membrane

(ptnac)

Membran yang digunakan untuk membuat sebuah bidang tahan air atau anti bocor berbentuk seperti halnya gulungan atau lembaran. Ada dua jenis membran yang dikenal di pasaran. Yang pertama adalah membran berbahan polyester, dan yang lain adalah berbahan fiber.

Dari segi harga, membran berbahan fiber lebih murah dibandingkan dengan membran fiber. Namun, untuk urusan kualitas, membran fiber mempunyai performa yang lebih baik.

Umumnya, waterproofing membran diterapkan di bagian atas atau atap gedung. Untuk menerapkannya pun tidak sembarangan. Apabila pengaplikasiannya tidak sempurna, maka dapat dipastikan kebocoran akan terjadi. Karena itu, kita membutuhkan jasa profesional dalam pemasangannya.

Ada dua cara untuk mengaplikasikan membran anti air. Yang pertama, torch membran (membran yang dibakar) dan yang kedua cold membran. Untuk torch membran, kita perlu membakar bagian perekatnya. Sementara itu untuk cold membran kita hanya perlu kita merekatkannya saja pada bidang yang diinginkan.

Crystalline

(Cemcrete)

Waterproofing jenis crystalline bisa diterapkan dengan dua metode. Kita bisa mengaplikasikannya langsung di permukaan beton atau mencampurkannya di dalam adukan beton. Material crystalline akan meresap ke permukaan pori-pori beton dan menutup lubang-lubang kecil tersebut.

Crystalline sangat cocok untuk diaplikasikan di bidang-bidang seperti dinding atau lantai beton yang memiliki tekanan air yang tinggi. Misalnya untuk keperluan membuat selokan, saluran air berukuran besar, tangki air, dan lain-lain.

Secara garis besar, waktu penerapan bahan-bahan waterproof dapat dilakukan pada dua fase. Yang pertama diterapkan pada awal pembangunan konstruksi. Yang kedua, kita bisa mengaplikasikannya ketika setelah konstruksi sudah jadi.

Penjelasan di atas merupakan akhir dari artikel yang membahas secara khusus tentang waterproofing. Semoga apa yang sudah disampaikan pada artikel ini dapat membantu kamu ya, Pins! Sampai jumpa di artikel Glossary selanjutnya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.