Kamus Istilah Properti

Urban Planning

istilah properti

Urban Planning

Urban planning adalah proses teknis – politis yang dipakai untuk membangun desain – tata kelola ruang kota dan segala aktivitas di dalamnya.

Apa itu urban planning?

(The Boiler Stream Shop)

Wilayah hidup masyarakat merupakan aspek sentral dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan area tersebut menjadi lokasi untuk masyarakat melangsungkan hidup dengan berbagai macam gaya hidup yang tersedia dan dijalani di dalamnya.

Untuk mendukung dan menata kehidupan di wilayah tersebut, diperlukan sebuah penataan dan perencanaan. Maka dari itu muncul salah satu cabang keilmuan dari arsitektur yang bernama urban planning untuk mengatur wilayah kota.

Urban planning adalah proses teknis dan politis untuk membangun desain dan tata kelola ruang urban serta segala aktivitas di dalamnya. Hal-hal yang menjadi fokus dari perencanaan urban ini antara lain adalah desain atas kegunaan lahan dan bangunan; akses transportasi dan komunikasi; serta distribusi jaringan dan aksesibilitas.

Yang menjadi fokus utama dalam perencanaan ini adalah kesejahteraan publik. Dari faktor efisiensi segala aspek kehidupan; sanitasi; keamanan dan penggunaan lingkungan; serta efek dari perencanaan utama pembangunan wilayah terhadap aktivitas sosial serta ekonomi di dalamnya.

Urban planning (perencanaan wilayah kota) juga dapat digunakan untuk fokus pada perencanaan untuk hal-hal terkait kesehatan masyarakat. Dan perencanaan wilayah kota yang baik berpedoman pada pembangunan yang berkelanjutan. Ketika pengelolaan sebuah wilayah tidak baik, maka akan berimbas pada dampak lingkungan, sosial, maupun ekonomi.

Fungsi-fungsi urban planning

(WSP)

Perencanaan wilayah kota pada dasarnya menjawab pertanyaan tentang bagaimana masyarakat akan hidup, bekerja, dan mendapatkan hiburan di wilayah tersebut. Namun, untuk lebih detail terkait fungsi-fungsi dari perencanaan wilayah kota akan dipaparkan pada penjelasan di bawah ini.Mendesain wilayah pemukiman dan komunitas di areanya.

Merencanakan pembangunan fisik

Yang dimaksud dengan perencanaan fisik adalah elemen-elemen yang terlihat dalam perkotaan. Dengan dilakukannya perencanaan fisik, sebuah kota bisa menyesuaikan area tertentu dengan fungsi dan aktivitas di kawasan tersebut.

Melakukan perencanaan lingkungan

Dalam perencanaan wilayah kota, kondisi lingkungan merupakan hal yang patut masuk pertimbangan utama. Perencanaan ini dimaksudkan untuk membuat wilayah tersebut dapat memberikan kehidupan yang aman, sehat, dan baik untuk masyarakatnya.

Perencanaan ini melibatkan banyak tenaga ahli. Dari arsitek lanskap, ahli teknik sipil, ahli lingkungan, ahli hidrologi, ahli biologi ataupun tenaga profesional lain yang memang dibutuhkan untuk meninjau kawasan tersebut.

Mengonsep tata guna lahan

Wilayah kota biasanya sub area-areanya dikelompokkan berdasarkan kegunaan atau aktivitas di area yang dimaksud. Misalkan, sebuah wilayah yang digunakan sebagai lokasi untuk hutan kota, maka di sana tidak boleh difungsikan untuk bangunan-bangunan ruko atau perumahan.

Membuat perencanaan transportasi

Aspek transportasi menjadi salah satu hal penting yang butuh dimasak secara matang. Dalam melakukan perencanaan ini, nantinya akan dibuat rute-rute yang memungkinkan untuk mempercepat durasi perpindahan. Faktor-faktor lain yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan antara lain jenis moda transportasi yang banyak digunakan masyarakat atau yang akan difasilitasi oleh pemerintah pada publik.

Perencanaan fasilitas umum

Fasilitas umum yang disediakan di sebuah wilayah dapat menjadi pendukung perkembangan ekonomi dan fisik sebuah wilayah. Misalkan, suplai air bersih, suplai listrik, ataupun suplai jaringan-jaringan telekomunikasi.

Konsep area pemukiman

Perencanaan pemukiman warga harus memperhatikan aspek-aspek utamanya yakni kesehatan, keamanan, kesejahteraan. Apabila pemukiman di wilayah tersebut baik, maka bisa menjadi pendukung aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengannya.

Konservasi bangunan bersejarah

Bangunan-bangunan sejarah perlu diperhatikan nasibnya. Maka dari itu, upaya konservasi dilakukan agar bangunan-bangunan baru tidak mengganggu keberadaan bangunan yang sudah ada sejak lama di wilayah yang dimaksud.

Perencanaan keuangan dan manajemen perekonomian

Beberapa hal yang digodok dalam perencanaan ini adalah kebijakan pemerintah. Diusahakan, kebijakan dapat menghindari dampak negatif, terutama untuk perputaran ekonomi di area tersebut.

Klasifikasi urban planning menurut wilayah penerapannya

(Columbia Edu)

Jika dikelompokkan, ada beberapa wilayah yang masuk dalam kategori kota. Wilayah-wilayah tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Daerah kota administratif. Contoh: Cilegon, Cimahi, Depok.
  • Kota yang menjadi bagian dari kabupaten. Contoh: Rangkasbitung, Jember, Banyuwangi.
  • Perkotaan baru yang merupakan hasil dari pembangunan wilayah desa menjadi kota. Contoh: Tanjung Selor – Kalimantan Utara, Maja – Banten.
  • Kota yang mempunyai beberapa bagian daerah, namun masih dalam satu kesatuan wilayah yang sama. Contoh: Jakarta.

Aspek fisik dan non fisik dalam perencanaan wilayah kota

(Behance)

Dalam sebuah perencanaan urban, ada dua aspek penting yang berlaku. Aspek yang dimaksud adalah aspek fisik dan non fisik.

Fisik

Aspek ini berhubungan dengan elemen-elemen yang dapat kita lihat secara fisik. Misalkan pembuatan bangunan, jalan, jembatan, ataupun fasilitas-fasilitas lainya.

Non fisik

Hal yang termasuk aspek non fisik antara lain adalah pemenuhan kebutuhan-kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut. Sebagai contoh, kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan.

Agar kedua aspek tersebut bisa terpenuhi dengan baik, perencanaan wilayah kota perlu melakukan sejumlah riset dan analisis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam riset dan analisis antara lain adalah:

  • Jumlah penduduk.
  • Aktivitas penduduk.
  • Pembagian lokasi wilayah berdasarkan aktivitasnya.
  • Analisis kebijakan wilayah setempat (policy analysis).

Penjelasan di atas menjadi akhir dari artikel yang membahas secara khusus tentang urban planning atau perencanaan wilayah kota. Semoga informasi yang sudah dipaparkan dapat membantumu ya, Pins! Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.