Kamus Istilah Properti

Cladding

istilah properti

Cladding

Cladding adalah teknik konstruksi berupa pemasangan material tertentu yang direkatkan pada bagian dinding eksterior bangunan sebagai finishing pada lapisan terluar. 

Apa Itu Cladding? 

cladding kayu
(The Architect Diary)

Cladding dilakukan untuk membuat struktur rumah menjadi lebih kuat tanpa menghilangkan nilai estetikanya. Secara sederhana, arti cladding adalah pemasangan material tertentu yang direkatkan pada bagian dinding eksterior bangunan sebagai finishing pada lapisan terluar. 

Awalnya, teknik cladding digunakan untuk meningkatkan nilai estetika dari rumah bangunan. Namun, karena posisinya berada di lapisan terluar, menjadikan teknik ini sekaligus sebagai pelindung agar bangunan tidak mudah kotor, terkena air, polusi, maupun hal lainnya yang dapat merusak lapisan dan struktur eksterior bangunan. 

Dulunya, pelapis dinding eksterior ini sering digunakan di wilayah-wilayah beriklim sedang seperti di benua Australia dan Eropa. 

Pins bisa menerapkan teknik ini dengan memakai berbagai material yang dapat disesuaikan dengan konsep rumah seperti batu bata, kayu, plastik, bahkan logam.  

Fungsi dan Kelebihan Pemasangan Cladding

Jika melihat pada pengertiannya, pelapis dinding eksterior bangunan ini memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai penguat struktur bangunan sekaligus menjadi elemen yang memberikan keindahan pada bangunan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan dan fungsi cladding:

Memperkuat Struktur Bangunan 

Kelebihan inilah yang paling penting dari pemasangan pelapis eksterior. Pada beberapa bangunan, cladding juga dibangun dari pondasi bawah. Hal ini akan menjadikannya sebagai elemen yang dapat memperkuat struktur bangunan.

Jika dipasang dengan benar, pelapis ini pun dapat melindungi bagian dalam rumah dari berbagai bentuk materi yang dapat merusak bangunan. 

Cat Bangunan Tak Mudah Pudar 

Dibandingkan bagian interior, cat eksterior bangunan cenderung membutuhkan lebih banyak perawatan rutin agar tidak mudah pudar. Tetapi, kalau Pins menerapkan teknis cladding, cat jadi tidak akan mudah pudar.

Kelembaban dari luar pun akan lebih sulit masuk sehingga dalam jangka panjang, rumah jadi minim perawatan dan tetap terlihat menarik. 

Menambah Estetika Bangunan  

Pins bisa memilih berbagai jenis material cladding yang bisa dipilih untuk menambah keindahan rumahmu. 

Bahkan, saat ini cladding wall telah menjadi hal wajib pada desain arsitektur rumah modern. Pemasangannya, membuat hunian tampak lebih modern dan berkelas. 

Rumah Jadi Lebih Nyaman 

Rumah yang menggunakan cladding terasa lebih nyaman untuk ditinggali. Kalau Pins tinggal di daerah berudara dingin, maka cladding bisa dimanfaatkan sebagai insulator panas, lho, Pins!

Hal ini akan membuat suhu dari ruangan menjadi tidak banyak berubah sehingga suasananya menjadi lebih nyaman dan membuat siapapun betah berlama-lama di dalam ruangan. 

Dijadikan Sumber Energi 

Manfaat yang terakhir ini sudah banyak dirasakan oleh masyarakat di beberapa negara maju. Pasalnya, pelapis ini seringkali digunakan sebagai bahan konstruksi yang multifungsi. 

Di sana, cladding dimanfaatkan juga sebagai unit penghasil energi. Misalnya, menggunakan menempelkan panel surya sebagai pelapis dinding eksterior. 

Jenis-jenis Material Cladding

Jika ingin menggunakan pelapis dinding eksterior di rumahmu, ada beberapa material yang bisa dipilih. Material ini dipastikan memenuhi fungsi cladding yang disebutkan sebelumnya. 

Apa saja materialnya? 

Kayu

kayu cladding
(Arch Daily)

Pemilihan material kayu sebagai pelapis dinding bagian luar memiliki kelebihan karena tahan terhadap cuaca, kuat, serta dapat mengurangi panas di dalam bangunan. Pins bisa memilih beberapa material kayu seperti pinus dan oak.

Yang perlu diperhatikan saat memilih wood cladding ini yaitu perawatan yang dibutuhkan lebih banyak seperti perlunya pengecatan ulang secara berkala.

Vinyl 

Vynicl Cladding
(ProSide Select)

Selanjutnya material yang terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) dan panel resin. Sebagai bahan pelapis, vinyl memiliki keunggulan dari segi harga karena lebih murah. Kemudian, saat proses pemasangan dan penggantian ketika terjadi kerusakan pun lebih mudah karena bentuknya yang mudah dipotong.

Sayangnya, material ini kurang direkomendasikan karena punya dampak negatif yang cukup berbahaya bagi karena membuat iritasi dan menimbulkan penyakit pernapasan seperti asma.

Exterior Isolation and Finish System (EIFS)

(Building Design + Construction)

Material satu ini paling populer karena banyak dipasang pada eksterior bangunan komersial seperti perkantoran, sekolah, dan rumah susun. 

Mirip seperti semen, hanya bedanya EIFS terbuat dari komponen buatan. Kalau semen terbuat terbuat dari pasir dan bantuan, EIFS memiliki sistem panel isolasi seperti plastik dan tertutupi oleh bahan semen sintetis.

Glass Reinforced Concrete (GRC)

GRC Board

Material sejenis beton yang diperkuat serat ini umum digunakan sebagai pelapis dinding eksterior. Kelebihannya karena lebih mudah dibentuk sesuai dengan selera. 

Kalau Pins menginginkan pelapis yang dengan ornamen tertentu, maka gunakan GRC. GRC tersedia dalam bentuk polos ataupun ornamen yang bernilai seni, sehingga Pins dapat memilih sesuai kebutuhan.

Kekurangan GRC sebagai material cladding adalah kurangnya ketahanan terhadap suhu ruangan. 

Metal atau Logam 

Metal Cladding
(BIMsmith Blog)

Berikutnya berupa material baja dan aluminium composite panel banyak ditemukan pada rumah di daerah pesisir. 

Bahan material yang sifatnya tidak mudah berkarat serta tahan lama, menyebabkan penggunaan cladding tipe ini terbilang cukup mahal dibandingkan cladding yang lainnya.

Batu Veneer

Stone Veneer
(Eco Outdoor)

Stone veneer adalah material batuan alam yang diiris sangat tipis dan sering dijadikan material cladding. Penggunaan material ini bisa berupa bebatuan ataupun clay pada area dinding, struktur, atau bisa juga berupa penyangga pada sebuah bangunan. 

Rumah yang menggunakan pelapis dinding eksterior dari batu veneer memiliki tampilan yang cantik dan alami. Selain itu, material ini juga lebih stabil untuk menjaga suhu dalam ruangan. Tak heran, kalau harganya cukup mahal dibandingkan material lainnya. 

Tips Mengaplikasikan Cladding pada Rumahmu

Memasang cladding memang membutuhkan orang yang profesional. Nah, sebelum memutuskan untuk memasang pelapis ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:  

Pemilihan Material Terbaik 

Masing-masing material cladding memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, terkait dengan daya tahan, biaya, kemudahan perawatan dan pemasangan, masa pakai, dan kesesuaian dengan pengaturan yang diterapkan. 

Saat memilih jenis pelapis dinding eksterior yang diinginkan, pastikan Pins harus mempertimbangkan lebih dari sekadar tampilannya.  

Pertimbangkan Lingkungan 

Hal yang tak penting dalam memilih material cladding adalah mempertimbangkan lingkungan di mana Pins akan menerapkan cladding. 

Area yang terkena kondisi cuaca buruk seperti matahari dan hujan, atau area lembap, mengharuskan Pins merawat material dengan baik, agar tidak melengkung atau menyusut. Jadi, pastikan sudah mengetahui

Bersihkan Dinding Sebelum Pemasangan Dilakukan

Sebelum Pins mulai menerapkanya, ada sedikit persiapan di dinding atau substrat yang harus dilakukan terlebih dahulu. 

Pastikan untuk membersihkan dinding terlebih dahulu dengan benar menggunakan kain lembab yang tidak berbulu untuk memulai.  

Perawatan Cladding 

Secara umum, perawatan pada sebagian besar jenis pelapis dinding sebenarnya cukup sederhana dan hampir tidak memerlukan bantuan profesional. Berikut ini beberapa panduannya: 

  • Noda, kotoran, dan perubahan warna biasanya dapat dihilangkan dengan mencuci permukaan dengan kain lembab dan sedikit air sabun. Cukup usap area tersebut dengan lembut, atau usap kotorannya. 
  • Goresan, retakan, atau bekas yang tidak dapat dihilangkan, dapat diperbaiki dengan beberapa pengisi kayu, kemudian dirawat sekali lagi untuk memastikan warna dan nada yang seragam.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.