Kamus Istilah Properti

Credenza

istilah properti

Credenza

Credenza adalah perabot bergaya kabinet tanpa kaki atau dengan kaki yang berukuran pendek yang diletak di ruang makan atau ruang keluarga.

Apa Itu Credenza?

credenza
(Architecture Lab)

Istilah credenza berasal dari bahasa Italia yang berarti kepercayaan atau keyakinan. Credenzas pertama kali muncul pada abad ke-16 sebagai tempat untuk mencicipi makanan dan minuman para pelayan untuk tuannya. Di credenza, pelayanan harus memastikan hidangan tersebut bebas dari racun. 

Arti credenza adalah perabot bergaya kabinet tanpa kaki atau dengan kaki yang berukuran pendek yang diletak di ruang makan atau ruang keluarga. Salah satu jenis meja samping (side board) ini umumnya sudah dilengkapi dengan pintu geser yang terbuka untuk ruang penyimpanan peralatan makan dan kebutuhan makan lainnya. 

Meja ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan dan fungsinya. Penggunaan credenza sendiri lebih banyak digunakan sebagai tempat menyimpan alat elektronik seperti televisi. 

Letak penyimpanan credenza sendiri fungsional, bisa di ruang makan, foyer, bahkan kamar mandi. Selain di rumah, credenzas juga sering ditemukan di kantor menggantikan meja atau ruang kerja sebagai ruang penyimpanan tambahan. 

Kelebihan Credenza 

credenza
(Furniture Makassar)

Bentuknya yang menyerupai lemari penyimpanan sekaligus meja, menjadikan perabot ini memiliki fungsi. Jika Pins menjadikan meja penyimpanan ini sebagai bagian utama dari sebuah sudut atau ruangan, credenzas bisa membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Adapun beberapa keunggulan credenza adalah sebagai berikut:

  • Fungsional, bisa ditempatkan di ruangan manapun. Baik itu ruang makan, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dan kantor.
  • Bisa dijadikan sebagai penyekat atau pembatas antara ruangan. 
  • Membantu pemilik rumah dalam menata berbagai barang sehingga lebih tersimpan secara rapi dan mudah diambil.
  • Lebih menghemat ruangan sehingga pemilik rumah tidak perlu menggunakan banyak furniture. 
  • Memberikan nilai estetika dari ruangan karena bisa memilih desain sesuai dengan interior ruangan.

Ide Penggunaan Credenza untuk Mempercantik Hunian

Meski ukurannya tidak terlalu besar, tetapi nyatanya furnitur ini menjadi pelengkap dan pemanis yang terbilang penting di dalam ruangan. Jika Pins tertarik memasangnya di dalam rumah, yuk, simak inspirasi credenzas berikut ini:

Letakkan di Ruang Makan

(Pinterest)

Jika melihat dari asal mulanya, letak penyimpanan credenza adalah di ruang makan. Nah, Pins bisa menggunakan credenza dengan berbagai gaya di ruang makan sebagai tempat menyimpan berbagai barang seperti tisu, atau peralatan makan.

Model credenza yang cocok diletakan di ruang makan yaitu berbentuk ramping yang tidak akan memakan banyak ruang.

Sebagai Tempat Penyimpanan TV

(Fabelio)

Di Indonesia, meja satu ini populer dipakai sebagai tempat penyimpanan televisi atau media elektronik lainnya. Ukurannya yang rendah, membuat layar televisi akan pas setinggi mata. Pada bagian bawahnya, Pins bisa menggunakannya sebagai tempat untuk penyimpanan untuk kaset dan remote televisi. 

Jadikan Sebagai Stand Tanaman

(TLC Interiors)

Bagi pecinta tanaman, credenza adalah perabot yang harus ada. Meja ini bisa digunakan untuk tempat menyimpan berbagai tanaman koleksimu yang ditaruh dalam pot. Dengan menyimpannya di meja samping ini, maka menyiram tanaman pun menjadi lebih mudah.

Corner Credenza

(iCollector)

Credenza sudut memiliki bentuk yang tidak terlalu mencolok atau terlalu besar. Bentuknya yang mungil, bisa dijadikan pilihan untuk mengisi ruang. Menariknya, jenis ini dapat dijadikan sebagai titik fokus di dalam ruangan. 

Sulap Menjadi Meja Rias

(Delux Interior)

Jika Pins sedang mencari referensi meja rias, maka pilihlah credenzas berukuran besar dengan laci. Bentuknya yang unik bisa mempercantik di kamar tidurmu, Pins! Pasang cermin besar untuk bersandar atau menggantung di atas meja ini untuk menyempurnakan meja riasmu.

Tempat Sempurna untuk Menggantung Cermin

(Modsy)

Mencari tempat yang sempurna untuk menggantung cermin? Mengapa tidak mencobanya tepat di atas credenza? Meja ini menjadi pilihan yang bagus untuk ruang apa pun, terutama di area foyer. Dengan memasang cermin di atas credenzas, Pins bisa bercermin terlebih sebelum keluar rumah.

Gunakan bagian bawahnya sebagai ruang penyimpanan untuk kunci, surat, atau dompet. Tak hanya itu, credenzas sebagai tempat menggantung cermin merupakan solusi yang bagus untuk ruang kecil, karena cermin memantulkan cahaya ke sekeliling dan akan membuat ruangan tampak lebih terbuka dan lapang.

Biar Tidak Salah Pilih, Ini Tips Memilih Credenza

(Pamono)

Saat ini terdapat banyak model credenza yang ada di pasaran. Sebaiknya kamu tetap harus lebih selektif memilih meja ini agar memenuhi fungsi tetapi tetap berkualitas. 

Berikut ini tips memilih credenzas untuk ditempatkan di berbagai ruangan di rumah:

Pilih Ukuran yang Paling Sesuai dengan Luas Ruangan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, credenza memiliki berbagai ukuran yang bisa dipilih. Sebelum memilih, pertimbangkan ukuran dengan luas ruangan. Pertimbangkan juga tinggi meja karena akan menentukan kegunaannya. 

Pins akan memerlukan meja dengan tinggi yang berbeda saat diletakkan di meja makan, sebagai tempat TV,  samping sofa, tempat tidur, dan lainnya. Begitupun kalau ukuran ruang, perhatikan lebar dan volumenya.

Perhatikan Material Meja

Material yang digunakan sangatlah penting untuk menentukan kualitas dan tampilannya. Misalnya, bahan kayu akan memberikan nuansa hangat pada ruangan dan memiliki daya tahan yang lebih kuat dan kokoh dibandingkan material lainnya. 

Tak hanya itu, material kayu juga bisa digunakan untuk berbagai gaya interior tanpa harus khawatir dalam meletakan barang yang memiliki beban berat. 

Tak Perlu Ragu untuk Menggunakannya untuk Berbagai Fungsi

Berkreasilah dalam menentukan fungsi dari credenza. Selain sebagai meja, Pins bisa menjadikannya sebagai tempat penyimpanan majalah, tisu, dan remote, sekaligus sebagai titik fokus untuk memperindah ruang. 

Cek Kapasitas Beban

Hal yang paling sering dilupakan saat memilih credenza adalah memeriksa kapasitas beban. Sebagian produk tidak memiliki kapasitas beban yang cukup untuk meletakkan barang berat. Namun, ada pula yang mampu menahan benda berat seperti vas bunga, lampu duduk, dan lainnya. 

Meskipun Pins tidak berniat menaruh benda berat, sebaiknya memperhatikan kapasitas bebannya terlebih dahulu.

Cari Tahu Cara Merakitnya

Saat ini, credenzas ditemukan dalam bentuk meja tanpa harus dirakit, tetapi ada juga harus dirakit terlebih dahulu. Jika credenzas yang kamu pilih harus dirakit dulu, pastikan kamu sudah mempelajari cara merakitnya melalui buku manual yang disediakan.

Biasanya, perakitan meja ini membutuhkan waktu hingga 30 menit. Kalau mau lebih simple, kamu bisa meminta tukang untuk merakitnya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.