Kamus Istilah Properti

Awning

istilah properti

Awning

Awning adalah penutup yang seperti kanopi yang berfungsi untuk melindungi rumah dari terik matahari dan juga percikan air hujan. Namun, pada prinsipnya awning berbeda dengan kanopi.

Apa Itu Awning?

(Art home)

Awning sering juga disebut sebagai sunbrella atau pelindung rumah dari sorotan sinar matahari dan juga terpaan hujan. Awning sifatnya statis, artinya tidak dapat dipindahkan sesuka hati kapan pun. Hal ini karena sunbrella ini akan dipasang dengan cara menempelkan pada dinding teras atau di atas jendela rumah. Pemasangan di atas jendela kamar biasanya bertujuan agar air hujan tidak masuk ke dalam kamar, dan sinar matahari tidak langsung menusuk ke kamar. Beberapa orang masih bingung untuk membedakan kanopi dan awning, namun perbedaannya terletak jelas sekali pada struktur benda tersebut. Jika awning dipasang menempel pada dinding, maka kanopi mirip dengan tenda. Hal ini karena kanopi memiliki tiang untuk menyangga bagian katup yang menutup di atas. 

Perbedaan awning dan kanopi

Kerap kali kita menilai kedua barang di atas sama. Namun, pada kenyataannya awning dan kanopi merupakan dua hal yang berbeda. Walaupun keduanya mempunyai fungsi dan bentuk yang hampir mirip, ternyata ada beberapa hal yang membedakan dua media pelindung tersebut.

Cara pemasangan

Untuk memasang awning kamu hanya perlu menmeplekan ke dinding. Namun definisi menempel di sini bukan menggunakan lem ya Pins. Pemasangannya menggunakan baut sehingga bisa direkatkan dengan dinding atau tembok. Umumnya awning di pasang di dinding teras, jendela dan balkon. Tujuannya untuk melindungi area tertentu dari hujan dan panas matahari. Sementara kanopi membutuhkan tiang untuk bisa berdiri. Pemasangan kanopi pun umumnya di taman atau area parkir kendaraan di depan rumah.

Penyangga

Untuk bisa berdiri kanopi memerlukan tiang. Tiang tersebut akan dipasang di semua sisi kanopi. Pemasangan tiang kanopi bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan menanam ke dalam tanah. Kedua memasang tiang ke permukaan yang keras lalu diganjal dengan batu atau sejenisnya. Tujuannya agar kanopi tidak bergeser. Untuk awning biasanya menggunakan besi yang bisa digerakkan agar mudah digulung. Namun, ada juga awning yang sifatnya statis dan tidak dapat digulung. 

Biaya pembelian

Biaya pembelian awning dan kanopi bervariasi. Harga kedua media pelindung tersebut biasanya ditenetukan oleh bahan yang digunakan dan merek. Hal ini yang biasanya menentukan rentang harga. Saat ini untuk membeli kedua pelindung tersebut bisa dilakukan dengan memesan secara online atau pun memesan langsung ke toko peralatan rumah.

Fungsi dari awning

(Ubuy co)

Fungsi utama dari awning tentu saja sebagai pelindung. Namun, apakah fungsinya hanya untuk pelindung rumah? Berikut ini penjelasan mengenai fungsi pelindung tersebut di berbagai kondisi.

Menjadi pelindung pintu masuk toko dari terik panas dan hujan 

Fungsi pertama yang sering kita temukan adalah memberi perlindungan untuk pintu toko. Jika kamu memperhatikan, beberapa toko akan memasang awning sebagai pelindung. Hal ini dilakukan untuk menjadi area berlindung calon konsumen jika hari hujan atau sedang terik. Sebelum mereka melangkah meninggalkan toko, konsumen bisa saja berhenti sejenak di bawah awning. 

Menjaga agar jendela resotran tidak basah 

Selain diletakkan di bawah pintu masuk, biasanya awning juga diletakkan di atas jendela restoran. Tujuannya agar jendela restoran tidak basah terkena hujan. Selain itu untuk melindungi jendela restoran yang menghadap matahari tidak langsung terkena panas. Panas matahari bisa menyebabkan kaca memuai di siang hari. Kehadiran pelindung ini setidaknya bisa melindungi kaca agar tidak meregang dengan cepat. 

Melindungi kolam renang dari hujan 

Apakah rumah kamu terdapat kolam renang outdoor? Untuk mencegah bercampurnya air hujan dengan air kolam renang kamu bisa memasang awning di atas kolam renang. Hal ini juga sering kamu temukan di hotel dan apartemen dengan kolam renang outdoor. Di beberapa pusat olahraga (fitness center) umumnya juga memasang pelindung ini sebagai media untuk membendung air hujan agar tidak langsung masuk ke kolam. Alhasil anggota pusat kebugaran masih tetap bisa berenang walau hari hujan.

Melindungi display toko 

Beberapa toko mungkin akan meletakkan etalase di luar bangunan. Etalase ini akan diisi dengan beberapa display makanan atau menu-menu favorit. Untuk melindungi etalase tersebut, pemilik toko bisa menggunakan awning. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan ukuran pelindung lebih luas dari ukuran etalase untuk memastikan semua bagian etalase tertutup dari terik matahari dan percikan air hujan.

Jenis-jenis bentuk awning

Sama seperti kanopi, awning pun mempunyai banyak tipe dan jenis. Hal ini berkaitan dengan fungsi dan juga desain menarik yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Berikut ini beberapa jenis bentuk awning.

Model payung

(Shopee)

Jenis awning pertama adalah seperti di atas. Modelnya menyerupai payung dengan bagian bawah berombak. Selain itu bentuknya yang setengah lingkaran menyesuaikan dengan area dinding jendela. Ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang memilih jenis awning. Kamu bisa menempatkan ini di bagian jendela restoran yang menghadap ke jalan. Kamu juga bisa memasangnya di atas jendela kamar. 

Desain klasik minimalis

(Pinterest)

Model dari awning lain adalah mengusung tema klasik minimalis. Kamu bisa melihat bagian pegangannya yang melengkung dengan desain yang unik. Bagian pelindungnya langsung menghadap ke jendela untuk menghalau air hujan dan panas yang berlebih.

Desain dengan garis

(Pinterest)

Jika kamu sering menonton film hollywood, kamu akan melihat toko-toko di sekitar jalan yang menggunakan awning seperti di atas. Modelnya simpel namun sangat berfungsi untuk menahan paparan matahari dan terpaan hujan. Kamu pun bisa memilih warnanya, bisa merah putih atau putih biru.

Desain elegan yang mewah

(Pinterest)

Selain contoh awning di atas yang khusus untuk rumah atau kawasan pertokoan, ada juga model awning untuk bangunan seperti hotel berbintang atau gedung kantor. Contoh di atas adalah awning dengan struktur yang lebih rumit. Hal ini pun menyesuaikan dengan kebutuhan gedung. 

Pins, itu saja informasi mengenai awning. Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kamu ya. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.