Kamus Istilah Properti

Atap Sandar

istilah properti

Atap Sandar

Atap sandar adalah jenis atap tempel yang diaplikasikan dengan cara membebankan salah satu ujung materialnya pada struktur penyangga.

Apa itu atap sandar?

(Mark Stewart)

Untuk mendirikan sebuah bangunan, kita perlu memperhatikan beberapa hal penting. Faktor cuaca, iklim, dan lokasi merupakan aspek yang berpengaruh untuk menentukan seperti apa kira-kira bentuk bangunan yang cocok untuk diaplikasikan di area tersebut.

Banyak sekali jenis atap yang bisa diaplikasikan pada bangunan. Akan tetapi, mungkin hanya beberapa atap saja yang akan lebih cocok dipasang pada area-area tertentu. Apabila sedang mencari jenis atap yang cocok untuk diaplikasikan pada area beriklim tropis, ada baiknya untuk mempertimbangkan jenis atap sandar untuk diterapkan pada bangunan.

Atap sandar adalah jenis atap tempel yang diaplikasikan dengan cara membebankan salah satu ujung materialnya pada struktur penyangga. Kata ‘sandar’ dipakai karena bentuknya mirip seperti disandarkan pada struktur penyangga.

Untuk membuat konstruksi ini kuat, kokoh dan fungsional, kita perlu menerapkan sudut tertentu untuk atap berbentuk miring ini. Sudut kemiringan yang biasanya diterapkan adalah 20 hingga 40 derajat.

Dengan atap semacam ini, bagian struktur penyangga atap harus dibuat memiliki perbedaan tinggi. Yang satu lebih tinggi dan satu lebih pendek. Tinggi rendahnya struktur penyangga atap tersebut harus disesuaikan dengan seberapa besar kemiringan yang akan teraplikasikan pada atap.

Dalam bahasa Inggris, atap ini memiliki beberapa sebutan. Sebutan-sebutan tersebut antara lain shed roof, pent roof, lean-to roof, outshot, catslide, skillion roof dan mono-pitched roof.

Kelebihan atap sandar

(The Spruce)

Atap sandar memiliki beberapa kelebihan ketika diterapkan pada bangunan yang sedang kamu rancang. Beberapa kelebihan dari pemasangan atap jenis ini antara lain sebagai berikut.

Pemasangannya terjangkau

Untuk menerapkan atap sandar pada bangunan, biaya pemasangannya terbilang terjangkau. Hal ini dikarenakan atap ini memiliki bentuk yang cukup sederhana. Pemasangannya mungkin dapat dikerjakan oleh mayoritas pekerja konstruksi dan waktu pengerjaannya pun tidak terlalu panjang.

Dahulu, struktur atap semacam ini banyak dipakai untuk area khusus seperti area berkebun yang tertutup atap ataupun garasi untuk meletakkan kendaraan. Namun, ekspansi penggunaannya kemudian dapat kita saksikan sebagai atap bangunan utama.

Banyak pilihan material atap

Selain biayanya pemasangannya yang terjangkau, kita juga dapat memilih banyak material yang digunakan sebagai penutup atap. Beberapa material atap yang bisa diimplementasikan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Logam.
  • Aspal.
  • Genting.
  • Atap gelombang.
  • Atap gulung.
  • Dan masih banyak lagi.

Punya tampilan yang modern

Pengaplikasian jenis atap ini dapat memberikan kesan modern pada bangunan. Jadi, jika konsep utama bangunan yang ingin kamu dirikan seperti itu, atap ini bisa mengakomodasi gaya bangunan tersebut.

Beberapa bangunan bergaya kontemporer banyak menerapkan gaya atap ini sebagai penutup atas untuk bangunan. Beberapa diantara bangunan-bangunan itu, memanfaatkan permukaan luar atap untuk meletakkan solar panel yang dapat memberikan energi listrik berkelanjutan untuk keperluan bangunan. Jadi, penerapan atap ini juga mendukung bagi kamu yang ingin memiliki bangunan yang lebih ramah lingkungan.

Agar mendapatkan tampilan yang estetik, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan tenaga profesional jika tertarik untuk menerapkan model atap ini. Mempekerjakan tenaga-tenaga konstruksi yang handal dapat memperbesar persentase keberhasilan pengaplikasian desain yang sudah direncanakan.

Minim risiko adanya kubangan air di atap

Indonesia merupakan negara yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Apabila pemasangan atap tidak sempurna, maka ada kemungkinan terjadinya kubangan di bagian atap bangunan.

Penerapan atap ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Karena atap ini hanya menghadap ke satu sisi saja, maka pengerjaan drainase air pada bagian atap bukanlah perkara yang cukup sulit untuk tenaga konstruksi profesional.
Pastikan sudut kemiringan yang diaplikasikan pada bagian atap sesuai dengan kondisi cuaca yang ada di area pembangunan. Bantuan arsitek yang kredibel akan membantu untuk mengatasi problem tersebut.

Memungkinkan untuk pemasangan atap transparan

Model atap sandar terbilang memungkinkan untuk dipasangi atap transparan. Jadi, kita bisa menghemat biaya untuk penerangan yang digunakan pada ruangan tersebut ketika cuaca sedang cerah. Selain itu, sinar matahari yang masuk dapat mengurangi kelembaban dan dapat memberikan vitamin D untuk kulit saat pagi.

Kekurangan atap sandar

(Houzz)

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan beberapa poin terkait kekurangan dari atap sandar. Kekurangan-kekurangan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

Talang air harus berbentuk persegi

Talang air yang akan bekerja baik untuk diterapkan pada atap sandar adalah talang air berbentuk persegi. Hal ini dikarenakan atap ini hanya memiliki satu sisi kemiringan saja.

Keterbatasan ini bisa menjadi penghalang kita untuk menerapkan jenis talang yang lainnya. Jika kita menerapkan talang air yang lain, air hujan yang jatuh pada atap mungkin tidak akan dapat tertampung dengan baik. Tidak tertampungnya air dengan baik bisa menjadi penyebab kerusakan pada bangunan.

Tidak bisa diterapkan pada bangunan yang besar

Atap sandar tidak bisa digunakan untuk menutupi bangunan yang besar. Keterbatasan ini mengharuskan kita mengkombinasikan atap sandar dengan model atap lain ketika ingin mengaplikasikannya di bangunan yang punya area luas.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.