Kamus Istilah Properti

Bank Sentral

istilah properti

Bank Sentral

Bank sentral adalah lembaga yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter dalam sebuah negara. Tugasnya menarik dan mengeluarkan uang terutama dalam bentuk kredit dan menjaga peredaran uang dan lalu lintas pembayaran.

Pengertian Bank Sentral

(Central Banking)

Ada beberapa pengertian dari bank sentral menurut para ahli. Diantaranya bisa disimak sebagai berikut :

Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Menurut OJK bank ini bertugas membantu pemerintah dalam menjaga, mengatur dan memelihara stabilitas nilai rupiah serta cadangan devisa. Perannya yang lain ialah memelihara rekening perbankan dan mengawasi aktivitas perbankan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Tugas pokok dari bank ini adalah mendorong kelancaran produksi serta pembangunan, memperluas lowongan pekerjaan, menjaga, mengatur dan memelihara kestabilan mata uang suatu negara

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004

Lembaga negara yang berwenang untuk mengeluarkan alat pembayaran yang sah, melaksanakan kebijakan moneter, menjaga kelancaran sistem pembayaran hingga mengawasi perbankan.

Baca Juga:

Sejarah Bank Sentral

Setiap negara pasti memiliki bank sentral termasuk Indonesia. Di Indonesia posisi ini pernah diserahkan kepada De Javasche Bank, Bank Indonesia, dan Bank Nasional Indonesia. 

Posisi ini diberikan pertama kali kepada De Javasche Bank. lembaga ini dibangun pada 1929 pada masa kepemimpinan Raja Willem 1 di era Hindia Belanda.

Berlokasi di Jakarta dan memiliki cabang di Sumatera, Kalimantan, Surabaya, bahkan New York. perannya mendistribusikan uang kerta yang ada di wilayah jajahan Hindia Belanda. Pada masa itu mata uang yang digunakan adalah gulden Belanda.

Bank ini sudah dalam bentuk badan hukum berupa Naamloze Vennootschap atau setara dengan perseroan terbatas. Perannya adalah menjaga sirkulasi mata uang khususnya dalam perdagangan internasional.

Setelah masa kemerdekaan posisi ini kemudian dialihkan kepada Bank Nasional Indonesia 46. Penetapan BNI 46 tertera pada PP penggantian UU No. 2 tahun 1946 yang dibuat pada 5 Juli 1946.

BNI sendiri menerbitkan ORI atau Oeang Republik Indonesia atau dikenal sebagai mata uang pertama Indonesia. Proses percetakannya dilakukan pada 30 Oktober 1946. ORI dicetak dan ditandatangani langsung oleh menteri keuangan.

Sayangnya aset yang dimiliki BNI 46 terbatas sehingga peredaran ORI tidak maksimal. Setelah itu, posisinya dialihkan kembali ke pihak De Javasche Bank pada 1949.

Pada Desember 1951, pemerintah Indonesia telah menasionalkan De Javasche Bank dengan UU No. 24 tahun 1951. Setelah itu pada Juli 1953, pemerintah Indonesia membangun Bank Indonesia sebagai bank sentral.

Tugasnya sama dengan De Javasche Bank yakni sebagai pengatur moneter, sistem pembayaran dan lembaga perbankan. Pada 1968 dimana UU bank sentral sudah ada, tugas bank Indonesia tidak lagi menjalankan peran bank komersial.

Pada 1999 diterbitkan UU No. 23 tahun 1999 yang menetapkan bank Indonesia menjaga stabilitas nilai rupiah. Perannya kemudian bertambah untuk memperkuat perekonomian Indonesia setelah amandemen tahun 2004.

Baca Juga:

Tujuan Didirikannya Bank Sentral

Dalam kapasitasnya bank Indonesia memiliki tujuan dalam mencapai stabilitas nilai rupiah. Ada dua aspek dalam stabilitas nilai rupiah yakni stabil terhadap mata uang negara lain dan terhadap barang dan jasa.

Kedua aspek tersebut dapat dilihat dari perkembangan laju inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Untuk mencapai tujuannya tersebut bank Indonesia didukung dengan tiga pilar yaitu :

  • Melaksanakan kebijakan moneter
  • Menjaga kelancaran sistem pembayaran stabilitas keuangan
  • Memelihara stabilitas nilai rupiah

Tugas dan Wewenang Bank Sentral

(Pexels)

Dalam mencapai tujuan di atas ada beberapa wewenang yang dipegang oleh bank sentral. Adapun wewenang dan tugasnya bisa disimak dibawah ini :

Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran

Tugas utama dari bank ini adalah menjaga kelancaran sistem pembayaran. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Wewenangnya adalah menetapkan instrumen pembayaran
  • Pemberian dan pelaksanaan persetujuan serta izin dalam penyelenggaraan jasa sistem pembayaran
  • Mewajibkan penyelenggaraan jasa sistem pembayaran dalam menyampaikan laporan aktivitasnya
  • Mengedarkan dan mengeluarkan uang rupiah dan mencabut, memusnahkan maupun mencabut peredaran uang

Pengawasan Bank

Fungsi lainnya adalah melakukan pengawasan bank meliputi sebagai berikut :

  • Dapat menetapkan peraturan dan memberi sanksi kepada bank sesuai dengan peraturan UU
  • Mengawasi bank secara individual atau sebagai sistem perbankan
  • Mencabut dan memberikan izin atas kegiatan usaha tertentu dari bank

Menjalankan Kebijakan Moneter

Tugas utama dari bank ini adalah menetapkan serta menjalankan kebijakan moneter. Ada beberapa wewenang yang dimilikinya antara lain :

  • Menetapkan cadangan minimum bank umum, tingkat diskonto hingga mengatur kredit atau pembiayaan
  • Pengendalian moneter pada operasi pasar terbuka di pasar uang baik dalam valuta asing maupun mata uang rupiah
  • Menentukan sasaran moneter dengan mempertimbangkan sasaran laju inflasi
  • Sebagai otoritas moneter yang melaksanakan kebijakan moneter serta memelihara kestabilan nilai rupiah

Fungsi dari bank sentral lainnya adalah melakukan riset dan pemantauan. Ia bertugas melindungi stabilitas keuangan  dari ancaman. Bank ini perlu mengetahui informasi terkait bahaya stabilitas keuangan.

Ia juga bertugas untuk mencari bantuan ke bank lain untuk melepas krisis. Fungsi dari bank Indonesia adalah sebagai bank penyimpan kas negara.  Ia juga menjaga sistem pembayaran sehingga dapat berjalan lancar.

Bank sentral di Indonesia kini diserahkan kepada bank Indonesia. Tugasnya tidak hanya sebagai penentu kebijakan namun juga pencetak uang. Ia juga bertugas mengawasi kegiatan keuangan di tanah air.

Baca Juga:

Featured Image Source: Ekonomi Okezone


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.