Kamus Istilah Properti

Amandemen

istilah properti

Amandemen

Amandemen adalah istilah yang digunakan untuk perubahan atas dokumen atau catatan tertentu dengan tujuan memperbaikinya yang bersifat resmi. Perubahan yang dimaksud disini dapat berupa penambahan ataupun penghapusan catatan yang tidak sesuai lagi.

Definisi Amandemen

(Pexels)

Amandemen adalah istilah yang kerap digunakan untuk menandai perubahan resmi dalam suatu dokumen. Seperti diungkapkan sebelumnya perubahan bisa berupa penambahan atau penghapusan catatan yang salah maupun tidak sesuai.

Penggunaan amandemen sering dipakai dalam perubahan perundang-undangan negara dalam konstitusional. Konstitusional sendiri adalah prinsip dasar politik dan hukum yang meliputi prosedur, struktur serta kewenangan hak dan kewajiban.

Amandemen tidak hanya dipergunakan pada bidang pemerintahan saja melainkan dunia kerja. Penyesuaian perjanjian kerjasama dalam dunia bisnis atau keuangan sering pula memakai istilah ini.

Proses bagaimana amandemen dilakukan akan disertakan pada dokumen. Tercantum pula siapa saja yang terlibat menyetujui perubahan dokumen resmi tersebut. 

Baca juga: Dokumen Kontrak

Tujuan Amandemen

Perubahan perlu dilakukan untuk menyesuaikan keadaan yang ada. Alasan adanya amandemen ini adalah kekuasaan yang lebih dominan dari pihak terkait dalam perjanjian tersebut.

Perubahan atau penyempurnaan dokumen perjanjian tersebut berguna untuk kebaikan seluruh pihak terkait. Amandemen juga dilakukan untuk perlindungan terhadap hak asasi manusia. 

Tujuan amandemen adalah melakukan perbaikan dan penyempurnaan ketentuan dan aturan dalam suatu dokumen resmi. Selain itu berfungsi untuk mencapai tujuan nasional dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Contoh Amandemen

Di Indonesia kebanyakan amandemen dapat terlihat jelas pada Undang-Undang 1945. Amandemen UUD 1945 dilakukan sebanyak 4 kali yang mana terjadi pada tahun 1999, 2000, 2001, dan 2002.

Peran presiden sebagai lembaga eksekutif negara memberi banyak sekali tafsiran. Salah satunya mencerminkan sebagai negara demokrasi sehingga perlu adanya perubahan.

Ini juga berguna untuk meningkatkan kekuasaan lembaga legislatif antara DPD dan DPR, termasuk lembaga yudikatif yaitu mahkamah agung dan MPR yang berkedudukan sejajar dan saling memberi pengawasan satu dengan lainnya.

Baca juga: Dokumen Kualifikasi

Urutan Sejarah Amandemen UUD 1945

amandemen
(Pexels)

Fungsi UUD sendiri sebagai pedoman dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu juga digunakan untuk menyusun perundang-undangan. USSD 1945 sebagai alat kontrol apakah peraturan hukum sudah sesuai atau belum.

Urutan sejarah amandemen UUD 1945 adalah sebagai berikut! Perubahan UUD 1945 ditetapkan dalam sidang umum dan sidang tahunan MPR.

  1. Amandemen I terjadi pada tanggal 14-21 Oktober 1999. Perubahan ini terjadi melalui sidang umum MPR 199
  2. Amandemen II diadakan setahun setelahnya pada 7-18 Agustus 2000. Sidang tahunan MPR 2000 yang juga menetapkannya. Ada sekitar 5 bab dan 25 pasal yang diubah kala itu
  3. Amandemen III dilaksanakan pada 1-9 November 2001. Penetapannya dilakukan melalui sidang tahunan MPR 2001
  4. Amandemen IV pada tanggal 1-11 Agustus 2002. Penetapan amandemen melalui sidang tahunan MPR 2002.

Perubahan amandemen hanya dilakukan pada bab atau pasal UUD 1945. Sementara pembukaan UUD 1945 tidak mengalami perubahan sedikitpun.

Baca juga: Invoice

Hasil Amandemen UUD 1945

Hasil dari amandemen terlihat pada pasal dan bab UUD 1945. Penjelasan dari amandemen tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Amandemen Pertama

Perubahan diterapkan pada 9 pasal diantaranya adalah pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20, dan pasal 21. 

Fokus perubahannya terletak pada pembatasan kekuasaan presiden yang dianggap berlebihan. Salah satunya adalah pembatasan periode jabatan presiden.

  1. Amandemen Kedua

Amandemen ini meliputi 5 bab dan 25 pasal yang ditambahkan beberapa aturan. Diantaranya meliputi wewenang dan posisi pemerintahan serta mengenai hak asasi manusia. Selain itu ada pula peran dan fungsi dari DPR.

  1. Amandemen Ketiga

Pada amandemen ini dibahas terkait bentuk dan kedaulatan negara, kepresidenan, pemakzulan, kewenangan MPR, keuangan negara hingga kekuasaan kehakiman.

  1. Amandemen Keempat

Amandemen terakhir berguna untuk menyempurnakan penyesuaian dalam perubahan yang dilakukan sebelumnya. Hal ini termasuk penambahan pasal atau bab termasuk penghapusannya.

Tujuan Amandemen UUD 1945

Perubahan UUD 1945 selama reformasi memang sangat diperlukan. Tujuan utamanya adalah mensejahterakan rakyat serta perombakan tatanan sistem negara lebih baik lagi. Selain itu tujuan lainnya adalah sebagai berikut :

  • Untuk mewujudkan atas respon yang ada pada masa reformasi
  • Berguna menegaskan polistis, historis, filosofis, sosiologis dan teoritis negara hingga yuridis
  • Berfungsi untuk menyempurnakan aturan dasar, kedaulatan rakyat, tatanan dalam negara, HAM, eksistensi sebagai negara demokrasi dan berlandaskan hukum serta memberi pembagian kekuasaan oleh pejabat yang memimpin pemerintahan

Risiko Amandemen UUD 1945

Adanya amandemen juga menimbulkan dampak baik positif maupun negatif. Terdapat risiko yang bisa terjadi karena perubahan UUD 1945 diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Terdeteksi adanya kelemahan sistematika dan substansi UUD setelah terjadinya perubahan contohnya saja inkonsisten pada tatanan atau sistem yang telah dibuat
  • Tidak mudahnya memancing pertumbuhan dan perkembangan budaya yang taat pada konstitusi yang telah dibuat
  • Adanya kerancuan pada pembuatan sistem dalam pemerintahan maupun ketatanegaraan menjadi tidak terlalu jelas

Resiko diatas mungkin saja terjadi dikarenakan faktor yang mendasarinya. Melakukan amandemen perlu pertimbangan dari berbagai sudut pandang sehingga resiko diatas dapat dihindari.

Dalam sejarah konstitusi Indonesia, amandemen UUD 1945 baru dilakukan empat kali saja. Penggunaan istilah amandemen tidak hanya dalam pemerintahan namun juga pada dunia bisnis dan keuangan.

Tujuan amandemen adalah untuk menyempurnakan atau memperbaiki aturan pada dokumen resmi.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.