Kamus Istilah Properti

Cashback

istilah properti

Cashback

Cashback adalah bentuk penawaran sebagai strategi promosi berupa presentase pengembalian uang tunai, poin, atau produk tertentu setelah melakukan transaksi dalam batas minimal yang telah ditentukan.

Apa Itu Cashback?

(Kompas)

Cashback berasal dari kata cash yang berarti tunai dan back yang artinya pengembalian. Jadi singkatnya istilah ini adalah pengembalian tunai. 

Secara luas, kompensasi ini adalah bentuk penawaran sebagai strategi promosi berupa persentase pengembalian uang tunai, poin, atau produk tertentu setelah melakukan transaksi dalam batas minimal yang telah ditentukan.

Hadiah yang diberikan biasanya tidak bisa dipilih oleh konsumen karena sudah ditentukan oleh penyelenggara program.

Cambridge Dictionary, mendefinisikan cashback sebagai sistem yang dijalankan suatu bank atau pemilik bisnis untuk mendorong orang untuk membeli dengan memberikan mereka uang setelah mereka selesai membayar.

Semula bentuk kompensasi ini ditemukan ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Bentuknya berupa hadiah poin sekian persen. Saat poin sudah terkumpul dalam jumlah tertentu maka dapat digunakan kembali untuk melakukan transaksi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kini, istilah tersebut juga seringkali dipakai sebagai strategi marketing e-wallet, jual beli online, jual beli properti dalam penjualan unit rumah atau apartemen, hingga dealer saat jual beli kendaraan bermotor.   . 

Perbedaan Cashback dan Diskon

(The Print)

Tak sedikit orang yang mengira cashback adalah diskon. Padahal meskipun sama-sama strategi pemasaran, keduanya merupakan hal yang berbeda. 

Perbedaan keduanya terletak pada kapan reward tersebut diberikan. Diskon berupa potongan harga yang diberikan di awal langsung saat pembelian. Sementara hadiah dari cashback akan diberikan setelah pembelian dilakukan sehingga konsumen tetap membayar harga penuh.

Selain itu, program promo “uang kembali” ini cenderung memiliki periode waktu cukup lama, bisa dalam hitungan beberapa minggu bahkan bulan. Sementara diskon biasanya lebih pendek, umumnya hanya beberapa hari bahkan hanya dalam hitungan jam.

Istilah Cashback dalam Dunia Properti

Cashback
(Space Stock)

Ketika membeli properti, developer biasanya menawarkan program hadiah tersebut, yang diberikan ketika pihak konsumen mau melakukan pembelian atas properti yang dijual. 

Cashback properti biasanya diberikan berupa barang pelengkap properti, misalnya AC, televisi, kulkas, hingga kanopi. Selain itu, properti besar juga tak jarang menawarkan cashback besar seperti motor dan mobil terutama untuk rumah mewah.  

Strategi promosi ini terbukti ampuh dalam memikat calon pembeli karena konsumen menganggap sudah melakukan penghematan. Apalagi untuk membeli sebuah properti baik itu rumah, apartemen, maupun ruko yang harganya tinggi. Nilai cashback properti pun biasanya barang-barang yang harganya lumayan. 

Kelebihan Cashback

Cashback
(Savills Indonesia)

Sebagai salah satu strategi marketing, pemberian “uang kembali” ini tentu akan memberikan kelebihan dan kekurangan bagi konsumen.  

Sebagaimana dijelaskan, skema ini memberikan keuntungan dari hadiah berupa uang tunai, voucher belanja, maupun barang lainnya yang akan diperoleh oleh konsumen. 

Bonus pembelian ini tentu akan sangat berguna bagi konsumen sehingga bisa melakukan penghematan pada pembelian selanjutnya dan barang-barang yang diberikan pun dapat digunakan kembali. 

Selain itu, penggunaan skema marketing ini juga membuat konsumen berhemat sehingga tidak perlu membeli barang yang menjadi bonus tersebut. 

Sementara kekurangan dari strategi marketing “uang kembali” ini adalah pembeli umumnya tidak bisa memilih jenis hadiah yang diberikan. Jadi kalau ternyata barang tersebut sudah Pins miliki akan menjadi tidak berguna. 

Mekanisme Pemberian Cashback

Untuk memperoleh cash back, biasanya konsumen harus memenuhi syarat dan ketentuan tertentu. Berikut ini sejumlah mekanisme yang biasanya diberikan oleh penjual jika pembeli ingin mendapatkan cash back.

Syarat Pembelian

Pada umumnya, program cashback akan diiringi dengan syarat yang harus dipenuhi oleh pihak konsumen, yaitu dengan melakukan pembelanjaan sejumlah nominal yang sudah ditetapkan untuk bisa mendapatkan cash back.

Misalnya, developer akan menawarkan promo cashback berupa AC untuk membeli hunian dengan pembayaran tunai. Jadi, kalau Pins membeli dengan kredit, cash back tersebut tidak bisa kamu dapatkan.

Waktu Pemberian

Saat ini, rasanya hampir seluruh pihak penyelenggara tidak lagi memberikan cashback secara langsung ketika pembelian sudah selesai.

Namun, para pembeli harus menunggu beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa bulan selanjutnya.

Iuran

Saat ini bahkan ada beberapa penyelenggara program yang memanfaatkan suatu iuran pada para konsumennya yang umumnya diberikan dengan tenggat waktu. 

Ketika pelanggan atau konsumen telah melunasi iuran, maka pihak konsumen akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang berlaku.

Fleksibilitas

Pada umumnya, cashback sudah ditentukan oleh pihak developer maupun perusahaan jual beli properti. 

Artinya, pihak konsumen tidak memiliki hak untuk menentukan persentase cashback yang sudah mereka dapatkan.

Cashback Saat Beli Properti Melalui Home Assistance Pinhome 

Cashback
(Facebook Pinhome)

Cashback dalam jual beli properti juga akan sering Pins dapatkan di Pinhome. Sebagai pionir platform jual, beli, sewa properti berbasis teknologi, Pinhome akan memberikan beragam cashback bagi yang membeli rumah melalui platform satu ini.

Pinhome mempunyai program HAP atau Home Assistance Program yang bisa bantu kamu untuk cari rumah idaman. Selain beli rumah pribadi, program ini juga bermanfaat bagi perusahaan yang hendak membantu karyawan dalam mencari hunian. 

Banyak nilai plus dari Home Assistance Program, diantaranya dibantu dalam proses negosiasi, diberikan edukasi saat proses pembelian plus konsultasi tentang KPR. Ada yang tidak kalah menarik lagi yaitu cash back jutaan rupiah, gratis asuransi dan juga jasa pindahan. 

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dengan membeli rumah di Pinhome, diantaranya:  

  • Proses aman dan transparan dan dibantu hingga pembelian selesai
  • Gratis konsultasi dari Pinhome untuk memilihkan bank KPR sesuai kebutuhan.
  • Cashback hingga jutaan rupiah setelah pengajuan disetujui
  • Diskon langsung dari harga beli properti.​
  • Pinhome bantu semua proses hingga beres.   

Program cash back dari Pinhome pun akan berbeda setiap periodenya. Misalnya di bulan Juli 2020, Pinhome menawarkan cash back voucher furnitur hingga Rp7,5 juta. Menarik, bukan?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko