Kamus Istilah Properti

Atap Bitumen

istilah properti

Atap Bitumen

Atap bitumen adalah jenis genteng yang terbuat dari bahan dasar aspal yang dicampur material lainnya seperti fiberglass, alga coating, dan pasir batu.

Apa Itu Atap Bitumen? 

ATAP BITUMEN
(Atap Indonesia)

Diantara berbagai jenis atap yang beredar di pasaran, atap bitumen menjadi salah satu jenis yang memiliki kualitas terbaik yang banyak diaplikasikan pada rumah modern. Atap bitumen adalah jenis atap yang terbuat dari bahan dasar berupa aspal yang dicampur material lainnya seperti  fiberglass, alga coating, dan pasir batu.

Bitumen sendiri merupakan cairan aspal dari hasil persenyawaan hidrogen dan hidrokarbon ditambah sulfur, klor, dan juga oksigen. Material aspal yang dipakai sebagai atap pertama kali dikembangkan pada tahun 1893 dalam bentuk gulungan (rol) dan materialnya tidak menyertakan batuan. 

Kemudian di awal 1900-an genteng aspal menyebar secara luas di wilayah Amerika Serikat dan produksinya meningkat mulai tahun 1939 dan belum berperekat serta dengan jumlah produksi mencapai angka 11 juta.

Seiring berkembangnya waktu, material aspal dengan penambahan fiberglass pada bahan pembuatannya mulai dikerjakan di tahun 1960. 

Saat ini, atap aspal semakin diminati banyak orang meskipun harganya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Alasannya, genteng aspal ini memiliki kualitas terbaik serta memiliki banyak variasi bentuk dan warnanya.    

Karakteristik Atap Bitumen 

(Q Home Mart)

Dibandingkan jenis genteng lainnya, material bitumen memiliki karakteristik yang khas antara lain:

  • Bentuk atap bergelombang berupa lembaran dan terbuat dari campuran serat alam dan aspal.
  • Struktur atap bitumen biasanya terbuat dari kayu, beton, dan baja ringan. 
  • Bobot lebih ringan tetapi kuat dan tidak mudah pecah. 
  • Atap aspal memiliki sifat yang lentur, sehingga mudah dibentuk mengikuti bangunan.
  • Memiliki variasi bentuk dan warna yang dapat dipilih. 

Mengenal Bentuk Atap Bitumen 

Atap bitumen terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bentuknya. Jenis genteng bitumen ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga desain ruangan secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa jenis genteng bitumen yang bisa Pins pilih: 

Atap Bitumen bergelombang

Jenis yang pertama memiliki pola bergelombang yang banyak dipakai sebagai genteng rumah. Campuran material pada atap bitumen jenis ini adalah aspal dicampur serat selulosa.

Penggunaan bahan ini menjadikan jenis atap ini lebih tahan karat dan korosi. 

Genteng bitumen tile

Selain bergelombang, genteng bitumen juga memiliki bentuk tile dengan bentuk kotak seperti ubin. Jenis ini juga sering dipakai karena memiliki kesan sederhana tetapi kuat. 

Jika bitumen bergelombang dicampur serat selulosa, atap bitumen tile merupakan campuran aspal dengan granual, fiberglass, pasir batu, dan alga coating.

Atap bitumen flat

Bentuk yang terakhir adalah atap bitumen flat. Sepert namanya, jenis ini berbentuk  datar. genteng bitumen flat yang diproduksi menggunakan bahan utama berupa kaca fiber, pasir batu, dan alga coating.

Jenis Atap Bitumen yang Dijual di Pasaran 

Salah satu hal menarik dari material atap bitumen adalah tersedia berbagai tipe yang masing-masing memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Berikut ini beberapa jenisnya yang bisa Pins temukan di pasaran.

Shingles Cana

atap bitumen
(Adal Home)

Jenis yang pertama berasal dari Korea Selatan yang sering diimpor langsung dari negara asalnya. Karakteristik utama tipe atap bitumen cana adalah mempunyai ukuran yang sangat presisi, pemasangan yang lebih rapi, dan memiliki sifat self-adhesive pada seluruh bagiannya sehingga ketahanannya lebih baik. 

Jenis atap ini populer di Indonesia dan tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik. Adapun harga pasarannya mulai dari Rp135.000. 

Shingles GAF

(Roofing Estimate Calculator)

Jenis GAF paling favorit digunakan di negara yang sering mengalami perubahan musim dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Pins akan menemukan material ini pada rumah-rumah di Amerika. 

Jenis Shingles GAF bisa dipakai untuk semua bentuk atap karena tidak bergelombang atau datar. Kelebihan dari atap ini adalah memiliki tingkat elastisitas yang baik serta mampu menjaga kebocoran. 

Di Indonesia bitumen GAF banyak diterapkan pada rumah-rumah modern dengan harga mulai dari Rp190.000. 

Shingles CTI

(Atap Bitumen CTI Indonesia)

Memiliki karakteristik yang ringan tetapi kokoh menjadikan bitumen CTI banyak dipilih. Selain itu, bitumen CTI juga cenderung tidak mudah rusak atau pecah. Umumnya, campuran yang digunakan untuk tipe CTI adalah serat selulosa yang mana kekuatannya kebih terjamin.

Keunggulan dari Bitumen CTI ini yaitu  struktur khusus untuk saluran udara yang berfungsi untuk mengurangi pengembunan sehingga lebih tahan terhadap air dan sangat aman. Kesan yang ditampilkan dari pemakaian atap bitumen ini yaitu elegan. Adapaun harga atap bitumen CTI mulai dari Rp115.000. 

Ondura

(uBUY Indonesia)

Ciri khas tipe ondura adalah berbentuk lembaran dan bergelombang. Tiap lembarannya terbuat dari lapisan tunggal serat organik yang dicampur dengan bitumen melalui proses penekanan dan pemanasan yang tinggi sehingga menghasilkan material yang ringan tetapi sangat kuat. 

Kemudian, sistem pewarnaan pada atap ini menerapkan pigmentasi yang baik sehingga juga tahan sinar ultraviolet. Keunggulan bitumen ondura yaitu tahan terhadap segala cuaca. Pins bisa mendapatkan ondura dengan harga mulai dari Rp120.000. 

Onduline

(Onduline Group)

Genteng bitumen onduline sangat khas karena memiliki sepuluh gelombang. Terbuat dari bitumen yang dicampur serat organik dengan melalui proses pemanasan dan pengepresan yang tinggi, membuat atap bitumen onduline lebih ringan serta kokoh.    

Keunggulan bitumen onduline yakni telah dirancang khusus sehingga menahan panas sinar matahari dan air hujan. Genteng ini dibanderol seharga Rp125.000 sampai Rp250.000 di pasaran. 

Onduvilla

(Ugabox Uganda)

Jenis berikutnya yaitu tipe onduvilla yang memiliki teksturnya mirip genteng tanah liat. Material pembuatnya mirip dengan Onduline yaitu bitumen dicampur serat selulosa dan resin. 

Hasilnya atap ini lebih tahan tekanan dan suhu panas, kuat terhadap air, cuaca panas, maupun cuaca ekstrem. Dengan keunggulan ini, siapa sangka harga bitumen onduvilla mulai dari Rp40 ribu saja.  

Guttapral

(Southern Timber)

Tipe yang terakhir yaitu Guttapral yang di Indonesia dikenal dengan atap Gutta. Karakteristik ini bergelombang yang tiap lembarnya memiliki sepuluh gelombang. Keunggulan atap Guttapral terbuat dari bahan alami dan ramah lingkungan. 

Selain itu, warna yang dihasilkan pun lebih alami dan natural seperti biru, hitam, merah, dan coklat. Atap ini memiliki bobot yang ringan, tahan lama, antipecah, ramah lingkungan, dan mudah dibentuk karena memiliki kelenturan yang baik.  

Tipe atap yang cocok diaplikasikan pada atap melengkung ini dibanderol mulai dari Rp140 ribu di pasar Indonesia.  

Kelebihan Atap Bitumen

Indobitumen

Meskipun masing-masing bitumen memiliki kelebihan sesuai dengan jenisnya, tetapi sesuai dengan karakteristiknya, bitumen memiliki beberapa keunggulan.

Berikut ini beberapa keunggulannya: 

Sifat Lentur sehingga Mudah Dibentuk 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, genteng bitumen emiliki sifat yang lentur. Hal ini membuat material ini lebih mudah dibentuk mengikuti bentuk bangunan. Artinya, sekalipun rumahmu memiliki bentuk dan kemiringan yang curam, genteng aspal tetap bisa menyesuaikan.  

Bisa Digunakan dalam Waktu yang Panjang 

Keunggulan atap bitumen berikutnya yaitu jangka waktu pemakaian yang lebih panjang dibandingkan jenis lainnya. Bahkan, beberapa produsen berani memberikan garansi hingga berpuluh tahun lamanya karena keawetan bitumen. 

Hal ini tentu tak akan Pins dapatkan dari material atap lainnya. 

Bobot Ringan 

Alasan genteng aspal banyak dipakai di dunia yaitu karena bobotnya yang ringan tetapi daya tahannya sangat tinggi. Tak heran saat ini banyak rumah modern memakai rangka atap baja menggunakan bitumen untuk penutup atapnya. 

Terjamin Kuat dan Tahan Cuaca

Apapun jenisnya, genteng bitumen dijamin kuat dan tahan terhadap cuaca. Pins tak perlu khawatir genteng ini akan terbakar, lapuk oleh rayap, maupun jamur. Hal ini karena campuran aspal pada lapisan terluar material atap membuatnya lebih kuat. 

Anti Korosi

Tak seperti genteng metal dan seng yang rentan rusak karena korosi, bitumen tidaklah demikian. Campuran bahan pembuat genteng bitumen yang sangat baik menjadikannya lebih anti korosi. 

Di Indonesia yang sering kali mengalami perubahan cuaca yang tidak menentu, genteng aspal ini sangatlah cocok digunakan.   

Mampu Meredam Suara

Apakah Pins sedang mencari material yang memiliki kemampuan meredam suara yang baik? Bitumen-lah jawabannya. Banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam karena atap bitumen memiliki kemampuan yang sangat baik dalam meredam suara dari luar.

Alhasil, penghuni rumah tak perlu khawatir oleh derasnya suara hujan maupun suara bising tetangga. 

Menawarkan Desain Variatif dan Pemasangan Mudah 

Meskipun terbuat dari aspal, nyatanya bitumen memiliki berbagai desain variatif yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah. Bahkan, dalam pemasangannya pun lebih mudah. 

Jika Pins memakai atap ini dijamin lebih cepat dan lebih hemat biaya pemasangan. 

Kekurangan Genteng Bitumen

Sekalipun memiliki banyak keunggulan, bukan berarti atap bitumen tidak memiliki kekurangan. Untuk pertimbangan, simak beberapa kekurangan genteng aspal berikut ini:

  • Ketimbang jenis atap lain, bitumen cenderung lebih mahal. 
  • Sebaiknya menggunakan jasa profesional karena tak semua tukang bangunan memiliki kemampuan untuk memasang atap jenis ini secara rapi.
  • Perawatannya tidak murah. Jika pemasangan tidak tepat, akan rentan bocor dan ini memerlukan biaya yang tidak sedikit karena harga atap aspal yang tidak murah.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.