Kamus Istilah Properti

Beranda

istilah properti

Beranda

Beranda merupakan area di bagian luar rumah, biasanya di samping atau di depan, yang beratap dan tidak berdinding. Biasanya beranda memiliki pagar atau penghalang untuk melindungi penghuni rumah agar tidak terjatuh.

Apa itu Beranda?

(qhomemart.com)

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata beranda? Beranda facebook? Oh, tentu bukan. Beranda atau dalam bahasa Inggris disebut Veranda, adalah area pada rumah yang berada pada bagian depan atau samping rumah. Beranda berbeda dengan balkon. Balkon biasanya terletak pada lantai atas atau lantai dua rumah.

Beranda menjadi area transisi antara bagian interior dan eksterior rumah. Biasanya beranda difungsikan sebagai teras untuk menunggu tamu atau sekadar ruang untuk santai. 

Fungsi 

(Agoda)

Fungsi dari area ini terdiri dari beberapa hal yaitu fungsi teknis dan fungsi keindahan. Untuk fungsi teknis biasanya veranda digunakan sebagai area untuk duduk santai. Biasanya veranda yang digunakan untuk area bersantai diletakkan di samping rumah. Sementara veranda yang berada di depan rumah atau teras bisa berfungsi sebagai ruang tunggu.

Untuk fungsi estetik biasanya veranda bisa menjadi area pemanis rumah. Kamu bisa menghias bagian ini dengan kursi, meja atau bahkan tanaman hias agar mempercantik area beranda. Kamu juga bisa menggantung tanaman atau piring antik di dinding beranda untuk memberikan ornamen tambahan pada tembok.

Tips Membangun Beranda

(Homify)

Veranda atau beranda memang mempunyai fungsi yang sangat menunjang bagi sebuah rumah. Sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk membuat beranda, pastikan kamu memahami hal berikut ya,

Perhatikan luas lahan 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memperkirakan luas lahan yang bisa kamu gunakan. Ukur dulu luas lahan di rumah kamu. Apabila memungkinkan, kamu bisa membuat veranda tersebut. Untuk ukuran rumah tipe 45 biasanya agak sulit untuk membuat veranda, karena terbatas lahan yang dimiliki. Namun kamu bisa menyiasati hal ini dengan membangun taman vertikal, lalu mengoptimasi lahan sisa sebagai beranda.

Tentukan desain 

Untuk desain veranda kamu bisa menyesuaikan dengan interior di dalam rumah agar senada. Namun, jika kamu ingin menciptakan suasana yang lebih kontras, kamu bisa menggunakan desain berbeda di bagian outdoor. Menentukan desain pada bagian beranda artinya kamu harus menentukan juga peralatan rumah yang dipilih, misalnya kursi dan meja. Kamu bisa menggunakan warna cat yang cerah agar suasana di beranda menjadi lebih segar. 

Tentukan elemen pendukung 

Elemen pendukung yang dimaksud adalah ornamen tambahan pada beranda. Misalnya seperti tanaman hias, keset, tempat sampah dan lain-lain. Kamu perlu menentukan tata letak elemen pendukung tersebut agar tampilan beranda lebih rapi dan terorganisir. 

Jangan terlalu banyak meletakkan barang

Hindari meletakkan terlalu banyak barang di beranda karena ini akan sangat mengganggu tampilan. Selain itu, terlalu banyak barang yang menumpuk bisa menjadi sarang nyamuk. Kamu tidak ingin kan bagian beranda penuh dengan nyamuk?

Cara Merawat dan membersihkan area beranda 

(Glazing Vision)

Untuk merawat beranda pada dasarnya sangat mudah sekali dilakukan. Kamu hanya perlu merawat area ini seperti membersihkan ruangan di bagian dalam rumah.

Menyapu lantai dengan rutin

Mengingat beranda terletak di luar rumah, maka kamu harus lebih sering menyapu area ini karena langsung terpapar dengan lingkungan luar. Debu yang berterbangan sangat mungkin menempel pada lantai dan dinding. Maka dari itu kamu harus rutin setiap hari menyapu lantai area veranda.

Mengepel lantai 

Selain menyapu, kamu juga perlu mengepel lantai. Tujuannya agar lantai tidak berdebu dan tetap nyaman saat diinjak dengan kaki telanjang. Kamu hanya perlu mengepel dengan air bersih atau bisa juga dicampur dengan cairan pembersih lantai agar lebih wangi. 

Menyemprotkan parfum ruangan

Kamu juga bisa menyemprotkan parfum ruangan agar di sekitar veranda menjadi lebih segar. Pilih aroma dengan tipe nature sehingga akan lebih mendukung suasana outdoor.

Membersihkan kursi dan meja

Salah satu bagian penting yang harus kamu bersihkan adalah kursi dan meja pada veranda. Kamu perlu tahu bahwa kursi dan meja di area veranda akan lebih sering terpapar cahaya dan udara. Hal ini memungkinkan peralatan rumah tersebut dihinggapi oleh debu dan kuman. Oleh karena itu, kamu harus rutin membersihkan bagian ini setiap hari ya.

Jenis-jenis desain beranda

Berikut ini adalah jenis-jenis desain beranda yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. 

Desain veranda dengan bahan kayu minimalis

(talkingbookstv.com)

Kamu yang menyukai nuansa minimalis, bisa menerapkan bahan kayu sebagai material utama pada beranda. Kamu bisa menambahkan kursi dan meja kecil. Selain itu kamu juga bisa menambahkan tanaman dan lampu untuk menghiasi area ini. Penggunaan warna hijau pada dinding memperkuat nuansa alam pada bagian outdoor. 

Nuansa Oriental

(russwittmann.com)

Bagi kamu yang suka dengan gaya oriental, kamu bisa mengadopsi bentuk veranda ini untuk diaplikasikan di rumah kamu. Bentuknya yang simpel dan sederhana bisa memberikan nuansa yang tenang. Kamu bisa menikmati suasana sore hari dengan minum teh. Ketika hari sedang hujan, kamu bisa menutup dengan pintu geser kaca lalu menikmati hujan sambil bersantai. 

Veranda dengan gaya feminin yang cantik

(stylebyemilyhenderson.com)

Kamu yang suka dengan gaya interior yang feminin bisa mengaplikasikan area di atas pada rumah kamu. Kombinasi warna krem dan biru pada lantai membuat nuansa pada area ini begitu hidup. Apalagi ditambah dengan pemandangan yang menghadap ke taman dan dilengkapi dengan banyak tumbuh-tumbuhan, maka suasana akan semakin hidup.

Ruang multifungsi

(lindabynet.com)

Selain sebagai ruangan veranda, area ini bisa difungsikan sebagai ruang nonton dan keluarga. Kamu yang bosan berada di luar rumah bisa menggunakan area ini untuk bersantai atau bekerja sambil menikmati udara luar.

Nah itu saja penjelasan mengenai beranda yang bisa menjadi pengetahuan untuk kamu. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.