Kamus Istilah Properti

Open Closet

istilah properti

Open Closet

Open closet adalah desain walk-in closet terbuka yang biasa digunakan untuk menaruh pakaian atau aksesori lainnya. 

Mengenal Open Closet

open closet 1
(Stylecaster)

Open closet adalah desain wal-in closet terbuka yang biasa digunakan untuk menyimpan pakaian atau aksesori lainnya.

Istilah open closet ini mungkin masih belum familier di sebagian orang. Namun barangkali kamu pernah mendengar open wardrobe. Jika iya, maka tak perlu bingung. Pasalnya, pengertian dari open closet ini sama dengan open wardrobe atau lemari pakaian terbuka. 

Kelebihan dan Kekurangan Open Closet

open closet 2
(Stylecaster)

Open closet kerap digunakan di rumah minimalis. Selain tempat menyimpan pakaian, penggunaan open closet pun dapat mempercantik tampilan rumah khususnya area kamar tidur. 

Di bawah ini ada beberapa manfaat atau kelebihan menggunakan open closet di rumah. Berikut beberapa di antaranya: 

  • Open closet dapat memaksimalkan penggunaan ruangan. Sebab, open closet dibuat tanpa pintu atau bahkan dinding. 
  • Penggunaan open closet juga dapat menciptakan kesan luas pada ruangan. Pasalnya, tempat penyimpanan dibuat terbuka alias tanpa pintu. 
  • Open closet dapat menjadi alternatif pilihan jika kamu ingin mendekorasi ruangan tanpa perlu banyak aksesosi. Sebab, di tempat ini kamu bisa menyusun pakain dengan rapi agar dapat menciptakan kesan estetis dan minimalis. Namun pastikan semua pakaian tak berserakan agar selalu enak dipandang. 

Open closet memang dapat diunggulkan bila Pins ingin memaksimalkan ruang penyimpanan. Terlebih jika ingin kamu menyukai ruangan yang minimalis dan rapi. 

Walau demikian, open closet juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut di antaranya:

  • Penggunaan open closet dapat membuat pakaian rentan berdebu. Pasalnya, open closet tidak memilih pintu atau penutup. Jadi, kamu pun harus rutin membersihkannya. 
  • Baju dan aksesori yang disimpan di open closet harus selalu rapi. Jika tidak, maka open closet akan terlihat berantakan dan tidak enak dipandang. Hal tersebut pun kadang mungkin membuatmu kerepotan, karena harus sering-sering ditata ulang. 

Tips Mendesain Open Closet di Ruangan 

(Stylecaster)

Ada tips mendesain open closet supaya dapat memaksimalkan fungsi ruangan dan membuat tampilannya lebih cantik. Berikut uraiannya:

Maksimalkan sudut

Open closet umumnya berada di kamar tidur. Dalam penempatannya, lebih baik pertimbangkan untuk meletakkan di sudut ruangan. Dengan begitu kamu bisa memaksimalkan seluruh area kamar tidur yang sebelumnya hanya terbuang percuma. 

Meski demikian, sebaiknya pertimbangkan posisinya, agar tidak memenuhi ruangan. 

Manfaatkan ruang vertikal di dinding 

Ruangan vertikal di dinding dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan open closet. Kamu dapat menaruh rak terbuka atau gantungan di area ini supaya bisa digunakan untuk menaruh banyak barang.

Jika area kamar terlalu sempit, pertimbangkan untuk menaruh rak atau gantungan bertumpuk. Tips ini pun bisa menciptakan ilusi ruangan yang luas karena tampak terpisah. 

Sesuaikan open closet dengan tema ruangan

Sebetulnya cukup mudah membuat open closet di rumah. Sayangnya jika desain open closet tak sesuai ruangan justru terlihat sumpek dan penuh. Oleh sebab itu, kamu perlu memikirkan desain open closet matang-matang. 

Selain bentuk rak dan gantungannya, pastikan open closet yang digunakan pun sesuai dengan tema ruangan. Jika ruangan bertema minimalis, maka gunakan open closet yang dominan warna putih. Atau, bila ingin warna lain gunakan warna abu-abu maupun pastel. 

Beri sedikit pencahayaan 

Area open closet juga dapat diberi sedikit pencahayaan. Hal ini perlu dilakukan agar tampilan open closet makin estetis. 

Kamu dapat menggunakan lampu dengan cahaya kuning atau cukup redup supaya tidak menyilaukan mata. Bahkan, bisa juga memakai lampu tumblr jika memang lampu tersebut sesuai dengan tema ruangan. 

Pertimbangan untuk memberi gordon atau pintu tarik 

Open closet umumnya tidak memiliki pintu atau penutup. Hal tersebut pun lantas membuat pakaian dan aksesori yang disimpan di dalamnya mudah berdebu. 

Jika Pins tergolong malas, lebih baik tutup open closet dengan sliding door transparan atau gorden minimalis. 

Meski tak seefektif untuk menghalau debu, setidaknya penggunaan sliding door maupun gorden dapat mengurangi kemungkinan bersih-bersih terlalu sering.

Inspirasi Desain Open Closet

Di bawah ini ada beberapa inspirasi desain open closet yang bisa menjadi gambaran dan bahan pertimbangan. 

Open closet multifungsi 

Open closet multifungsi
(chloedominik.com)

Jika ruangan atau kamar tidurmu cukup besar, coba pilih dan gunakan desain open closet multifungsi. Salah satu yang dapat menjadi pilihan ialah open closet compact yang dapat dimanfaatkan sebagai sekat ruangan. 

Kamu dapat menaruk pakaian dan aksesori di dalam rak maupun gantungan baju. Peletakannya, bisa di dekat ranjang atau di tengah kamar untuk memaksimalkan fungsinya. 

Open closet gantung dengan model tangga

Open closet gantung dengan model tangga
(idealhome.co.uk)

Tangga bekas dapat disulap menjadi open closet yang menarik. Namun, sebelumnya mesti dipoles dulu supaya cocok dengan suasana kamar. 

Untuk menambah ruang penyimpanannya, maka Pins harus menghubungkan tangga tersebut dengan area gantungan. Di atasnya, juga bisa ditambahkan rak gantung untuk menyimpan perkakas lainnya. 

Open closet minimalis

open closet minimalis
(Stylecaster)

Open closet minimalis dapat menjadi pilihan buatmu yang ingin tampilan ruang sederhana tanpa banyak warna. Pins dapat memilih model open closet dengan rak dan gantungan supaya memiliki banyak ruangan penyimpannya. 

Open closet jenis ini dapat diaplikasikan di kamar tidur kecil ataupun besar. Namun, ukurannya harus disesuaikan dengan luas kamar. Kamu dapat menempatkan open closet minimalis di sudut baik dekat pintu atau depan kamar tidur agar ruangan tidak sumpek. 

Open closet bisa menjadi pilihan buatmu yang ingin memiliki walk-in closet tapi tidak punya ruangan khusus. Kamu dapat mendesain dan mendekorasi open closet sesuai selera agar pas dengan tema ruangan. Dengan demikian, maka tampilan open closet akan menarik dan tak kalah cantik dari walk-in closet

Bagaimana, tertarik untuk punya atau bikin open closet di rumah? Yuk, mulai pertimbangkan!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Lea Lyliana

Editor: Achlisia