Kamus Istilah Properti

Arsitektur Hacienda

istilah properti

Arsitektur Hacienda

Arsitektur hacienda merupakan model hunian dengan gaya Spanyol. Rumah dengan gaya ini memiliki ciri khas seperti dinding putih plesteran, atap genteng merah, dan aksen kayu rustik.

Saat mendirikan sebuah bangunan, salah satu hal yang sering dipertimbangkan yaitu model atau gaya arsitekturnya. Model bangunan ini akan menentukan berbagai hal seperti pemilihan dekorasi, luas lahan yang diperlukan, bahan yang dipakai, dan tentunya anggaran atau budget. Salah satu model bangunan ini adalah arsitektur hacienda.

Pengertian Arsitektur Hacienda

arsitektur hacienda
(Vanguard Studio)

Arsitektur hacienda adalah salah satu model bangunan yang cukup populer dan dikenal terutama di wilayah Amerika Serikat. Bangunan dengan gaya ini dapat ditemui di daerah Barat Daya Amerika Serikat seperti California dan Florida. Selain itu, rumah gaya hacienda juga banyak ditemukan di Meksiko.

Bangunan dengan model hacienda memiliki ciri yang khas mulai dari dinding, atap, dekorasi, dan juga interiornya. Ciri khas dari rumah ini muncul karena menyesuaikan lingkungan tempat hunian hacienda dibuat. Biasanya, rumah dengan arsitektur hacienda berada di wilayah panas dan jarang terjadi hujan. Gaya hacienda akan berfungsi untuk menangkal panas para penghuni bangunan tersebut.

Sejarah Arsitektur Hacienda

(Hauzz)

Kemunculan arsitektur hacienda dimulai dari Spanyol dan Meksiko. Gaya ini merupakan model arsitektur tradisional yang dibangun dengan teknik tradisional juga. Model hacienda kemudian menyebar ke wilayah Amerika Serikat di sekitar tahun 1600 dan pertengahan 1800.

Penyebaran gaya hacienda di Amerika Serikat sendiri dilakukan oleh bangsa Spanyol. Pada tahun-tahun tersebut, bangsa Spanyol mendirikan bangunan-bangunan yang mirip dengan tempat asal mereka yang memiliki gaya hacienda. Gaya bangunan ini dipilih karena wilayah di Amerika Serikat yang mereka huni memiliki iklim yang mirip dengan kampung halaman mereka.

Meskipun era kolonial Spanyol telah berakhir, bangunan dengan model hacienda tetaplah populer di Amerika Serikat. Sampai saat ini, rumah gaya hacienda masih banyak diminati. Sebagai contohnya, hunian dengan model ini banyak dimiliki oleh artis atau selebriti papan atas Hollywood yang tinggal di California.

Ciri-ciri Bangunan Gaya Hacienda

arsitektur hacienda
(Homedit)

Bangunan dengan arsitektur hacienda mungkin akan terlihat berbeda di berbagai wilayah. Meskipun begitu, ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh bangunan dengan gaya ini yaitu sebagai berikut.

Dinding plesteran dengan warna putih

Rumah hacienda tradisional memiliki dinding tebal yang diplester dan memiliki warna putih. Bangunan ini sengaja didirikan dengan model dinding sedemikian rupa untuk menangkal panas matahari. Dinding dengan warna putih akan memantulkan sinar matahari dan memberi efek hangat saat malam. Oleh karena itu, rumah hacienda cocok untuk didirikan di daerah beriklim panas.

Atap genteng atau tanah liat yang rendah

Ciri yang cukup mencolok dari arsitektur hacienda yaitu atapnya yang merupakan genteng dengan bahan tanah liat dengan warna alami. Atap bangunan ini memiliki warna merah dari tanah liat dan dipasang secara rendah. Atap jenis ini mampu memberi sirkulasi udara yang baik ke dalam rumah sehingga cocok untuk dipakai di lingkungan hangat dan kering.

Adanya aksen kayu rustik

Bangunan dengan gaya hacienda juga banyak memiliki aksen kayu. Biasanya, bangunan dengan gaya ini memiliki pintu kayu yang tebal dan balok kayu yang tidak di-trim. Balok-balok kayu ini memiliki fungsi untuk penyangga dinding dan langit-langit serta dibiarkan terekspos begitu saja untuk memberikan kesan kokoh.

Jendela kecil dengan spindel

Jendela di rumah model hacienda biasanya memiliki ukuran yang kecil serta jumlahnya sedikit. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir cahaya matahari yang masuk ke rumah. Jendela-jendela ini kemudian diberikan spindel sebagai bentuk dekorasi.

Halaman dengan air mancur

Adanya halaman merupakan salah satu elemen yang mempercantik rumah dengan arsitektur hacienda. Halaman ini biasanya dibangun di bagian tengah atau belakang rumah dan dihiasi dengan air mancur serta berbagai tanaman hijau. Pemilik rumah dapat menggunakan halaman ini untuk berbagai hal seperti kegiatan memasak luar ruangan atau pesta.

Banyak desain melengkung

Lengkungan atau archways merupakan salah satu kesan yang khas dari hunian hacienda. Lengkungan yang dibangun di bagian luar rumah ini menambah kesan stylish dari arsitektur hacienda. Biasanya, aksen melengkung ini digunakan pada pintu utama dan lorong.

Sisi Interior dan Dekoratif di Bangunan Hacienda

(Pinterest)

Interior atau bagian dalam suatu rumah biasanya disesuaikan dengan selera pemiliknya. Namun, jika ingin mendapat kesan arsitektur hacienda yang lebih kuat, terdapat beberapa poin interior yang sering digunakan yaitu sebagai berikut.

  • Langit-langit yang dibangun lebih tinggi supaya udara di dalam ruangan tetap sejuk.
  • Kayu berwarna gelap banyak digunakan baik sebagai pintu, lantai, atau pun furnitur.
  • Penggunaan batu alami sebagai lantai atau tegel dengan mempertahankan warna aslinya..
  • Balok penyangga di bagian atap atau dinding yang dibiarkan terekspos.
  • Terdapat berbagai dekorasi yang berbahan utama besi tempa seperti jeruji jendela, pagar balkon, tempat lilin, dan lain-lain.
  • Penggunaan keramik Talavera yang memiliki warna dan bentuk geometris sebagai dekorasi tangga.
  • Dekorasi berupa lentera kuno Spanyol di berbagai tempat.

Arsitektur hacienda merupakan gaya bangunan yang memiliki berbagai ciri khas. Rumah ini dibangun untuk memberi kenyamanan penghuni yang tinggal di daerah dengan iklim panas dan kering. Rumah gaya ini populer karena memiliki fungsi praktikal namun tetap estetik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.