Pinhome

Ini dia, Cara Agar Cahaya Matahari Masuk ke Dalam Rumah!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 25 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara agar cahaya matahari masuk rumah – Sinar matahari banyak memberikan manfaat untuk manusia, khususnya sinar matahari pada saat pagi hari. Selain itu, sinar matahari pagi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Tidak hanya itu, sinar matahari juga bermanfaat untuk rumah. Manfaat tersebut antara lain dapat membunuh bakteri, mengusir nyamuk, sumber energi dan sebagainya. Berikut beberapa cara agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis yang Sehat

Cara Agar Cahaya Matahari Masuk Rumah

Banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan memberikan kesegaran tersendiri terhadap rumah tersebut. Seperti cara agar cahaya matahari masuk rumah berikut yang bisa kamu aplikasikan:

Baca juga: Tips Memunculkan Cahaya Terang di Kamar Anak

Gunakan Jendela Kaca

cara agar cahaya matahari masuk rumah

Agar cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah, ada baiknya untuk menggunakan material kaca untuk pintu dan jendela. Material kaca akan dapat memantulkan cahaya, sehingga cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Ukuran Pintu Dan Jendela

Atur Penataan Furnitur

Furnitur memang peralatan yang sangat penting di rumah. Namun sebaiknya aturlah penataan furniture di rumah agar tidak menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Penggunaan furnitur tembus pandang dapat menjadi solusi agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Furnitur tembus pandang, biasanya terbuat dari material akrilik.

Selain membuat cahaya matahari dapat dengan mudah memasuki rumah, juga akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Baca juga: Furnitur Ramah Lingkungan | Ciri, dan Fungsinya

Hindari Gorden Tebal

cara agar cahaya matahari masuk rumah

Penggunaan gorden di dalam rumah tentu akan membuat rumah terlihat lebih indah. Namun sebaiknya hindarilah menggunakan gorden yang terbuat dari bahan tebal atau bahan bludru.

Gorden yang berbahan tebal dan berbahan bludru tidak akan dapat tertembus cahaya matahari. Sehingga cahaya matahari akan sulit untuk masuk ke dalam rumah.

Jika aktivitas di rumah tidak ingin terlihat dari luar, gunakanlah kaca film. Selain dapat menutupi, kaca film juga dapat membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Tidak hanya itu, penggunaan kaca film juga mampu menghindarkan penghuni rumah dari dampak sinar ultra violet yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Ciri-Ciri Rumah yang Sehat

Dinding Warna Terang

cara agar cahaya matahari masuk rumah

Gantilah dinding di rumah dengan menggunakan warna yang lebih terang. Cobalah untuk mengganti cat dinding rumah dengan menggunakan warna-warna terang, seperti biru muda, abu-abu muda, krem dan sebagainya.

Selain rumah akan terlihat lebih cerah, warna terang pada dinding juga dapat memantulkan cahaya yang membuat ruangan lebih cerah.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Pins Lakukan Jika Rumah Terlalu Terang

Penggunaan Kaca

Kaca merupakan material yang sangat mudah untuk memantulkan cahaya. Apabila di rumah terdapat banyak kaca, maka cahaya matahari akan dengan mudah untuk masuk ke dalam rumah.

Tambahkanlah beberapa material yang terbuat dari kaca, seperti cermin atau furnitur kaca, agar cahaya dapat dengan mudah dipantulkan kedinding dalam rumah.

Banyaknya manfaat yang didapat dengan adanya sinar matahari. Selain dapat menghangatkan tubuh, sinar matahari yang masuk ke dalam rumah juga akan mengurangi penggunaan energi listrik.

Baca juga: 

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel