Kamus Istilah Properti

Powder Room

istilah properti

Powder Room

Powder room adalah jenis toilet kering berukuran kecil yang dilengkapi dengan kloset, wastafel, dan cermin. 

Apa Itu Powder Room? 

powder room
(Beachy Boheme)

Pernahkan Pins mendengar istilah powder room? Di Indonesia memang istilah satu ini kurang populer, tetapi sebenarnya sudah banyak orang yang menghadirkan powder room di dalam rumah mereka.

Powder room adalah kamar mandi kecil tanpa shower dan bak mandi yang biasanya terletak di lantai bawah rumah dilengkapi dengan kloset, wastafel, dan cermin. Jenis toilet kering ini dibuat khusus untuk tamu yang berkunjung.

Ruangan ini umumnya terletak berdekatan dengan ruang tamu yang bertujuan untuk memudahkan tamu ketika ingin ke kamar mandi tanpa harus masuk lebih dalam ke kamar mandi di dalam rumah. Jika Pins menginginkan privasi di dalam rumah, maka kehadiran toilet kering sangatlah penting. 

Walaupun toilet ini tidak dipergunakan untuk penghuni rumah, tetapi sebaiknya kebersihan dan desainnya dibuat dengan menarik. Hal ini supaya tamu yang berkunjung dapat lebih terkesan dan merasa nyaman meskipun tidak harus ke kamar mandi utama.

Ukurannya yang tidak terlalu luas, membuat pemilik rumah bebas untuk mengoptimalkan ruang kosong atau sudut tertentu seperti di ruang bawah tangga sebagai toilet kering. 

Unsur-unsur yang Terdapat di dalam Powder Room

powder room
(Home)

Dari sisi tampilannya, toilet kering ini memang tampak sederhana. Pemilik rumah tidak perlu menghadirkan shower dan bathtub, pada ruangan ini. Ada beberapa unsur yang harus terdapat di dalam powder room, diantaranya:

Kloset

Meskipun toilet kering, powder room tetap membutuhkan kloset. Pins perlu pastikan seberapa luas ruang untuk toilet agar tamu bisa terasa nyaman. Jenis kloset yang dipilih bisa duduk maupun jongkok tergantung desain yang ingin kamu usung.

Namun, sebaiknya, hal penting sebelum menentukan kloset yaitu mengetahui luas dari area. Pilih ukuran toilet yang tepat sehingga ruangan tidak akan sempit dan tetap nyaman.

Wastafel 

Wastafel termasuk menjadi elemen wajib yang harus ada di kamar mandi kering. Terlebih di masa pandemi, wastafel dibutuhkan untuk para tamu bisa mencuci tangan. Di sini, tamu pun bisa bercermin terlebih dahulu sebelum bertemu pemilik rumah.  

Sama seperti kloset, Pins juga perlu memperhatikan ukuran dan desain wastafel, juga posisinya agar tidak mengganggu jalur sirkulasi keluar masuk para tamu yang berkunjung.

Rak Penyimpanan 

Meski tidak wajib, sebenarnya toilet kering yang baik sebaiknya dilengkapi dengan rak penyimpanan untuk menyimpan barang yang dibawa tamu. Pins bisa menempatkan rak di bawah wastafel untuk menyimpan berbagai barang, seperti stock hand sanitizer dan tissue.

Ventilasi  

Mengingat ruangan ini memiliki ukuran yang kecil, maka sebaiknya Pins memperhatikan sirkulasi udaranya. Hadirkan bukaan seperti jendela pada sisi atas dinding wastafel maupun toilet. Jika memungkinkan, tak ada salahnya memasang exhaust fan untuk membantu mengurangi kelembapan ruangan.

Lantai

Terakhir, perhatikan jenis lantai yang dipilih. Meski tidak dipakai untuk mandi, lantai toilet kering tetap berpotensi basah oleh air karena terkena cipratan air dari wastafel dan toilet. Sebaiknya pilih jenis lantai yang agak kasar agar tidak licin.

Ide Desain Powder Room 

Lantaran ruangan ini hampir jarang didatangi oleh penghuni rumah, tetapi bukan berarti Pins tidak bisa bereksperimen dalam hal detail desainnya. Nah, sebagai inspirasi, yuk simak ide desain powder room berikut ini.

Desain Powder Room Rustic yang Unik 

(Teahub)

Gaya rustic memang selalu menarik perhatian. Jika Pins penggemar gaya satu ini, maka bisa menerapkannya pada toilet kering sehingga semakin unik dan menarik. Warna abu-abu plus wallpaper ranting, menjadikan ruangan ini terlihat semakin trendy dan menarik.

Powder Room Bergaya Glamour

(Decoist)

Kamar mandi ini menjadi bukti bahwa wallpaper bermotif bold bisa terlihat canggih, apalagi jika warnanya adalah sapuan cat air biru yang lembut. Meja rias marmer menambahkan tampilan terstruktur ke dinding menyenangkan di sekitarnya, menciptakan nuansa modern yang unik. 

Gaya Boho Hadirkan Nuansa yang Menyenangkan

(Decorpad)

Tampilannya yang cerah, akan menciptakan nuansa yang menyenangkan di ruangan mungil ini. Penggunaan wallpaper corak dan aksesoris gantung bergaya boho, terlihat bersatu padu menciptakan toilet kering lebih tertata rapi.

Toilet Kering yang Serba Pink 

(Digs Digs)

Kalau Pins penyuka warna pink, maka desain satu ini bisa diterapkan pada toilet kering. Tema feminin bernuansa pink ini akan menciptakan ruangan lebih cantik. Jangan lupa, pilih cermin panjang agar tamu yang berkunjung lebih puas bercermin di dalamnya!

Minimalis dan Nyaman

(Livebrander)

Rumah bergaya minimalis bisa mencontek desain powder room satu ini. Warna-warna netral dan serba putih, menambah daya tarik ruangan ini. Pins bisa memilih keramik marmer dengan dinding yang bersih tanpa wallpaper. Biar tidak monton, Pins bisa menambah berbagai aksesoris seperti tanaman dan lukisan.

Tips Memaksimalkan Powder Room

Berikut ini sejumlah tips agar kehadiran powder room bisa lebih maksimal:

Tata Letak Fungsional

Dimensi powder room bervariasi. Ada yang panjang dan sempit, ada yang berbentuk bujur sangkar sempurna, dan ada pula yang memiliki dimensi yang sama sekali tidak beraturan. Sebaiknya luangkan waktu untuk melihat ruang yang Pins miliki dan mempertimbangkan beberapa opsi tata letaknya.

Kalau perlu, diskusikan dengan desainer profesional untuk membantu dalam menciptakan ruang fungsional agar, terlihat seimbang.

Titik Fokus yang Menghemat Ruang

Toilet kering memiliki luas ruangan yang terbatas, sehingga elemen desain yang terlalu besar atau terlalu besar dapat dengan mudah mendominasi ruangan. Baik itu meja rias yang unik, lampu yang berani, atau karya seni dinding yang indah.

Biar semakin menyenangkan, hadirkan titik fokus seperti memajang lukisan atau memasang wallpaper sehingga ruangan kecil, terlihat lebih menawan.

Peletakan Rak Penyimpanan yang Kreatif

Biar tidak terkesan sempit sekaligus menghindari ruang kosong, maka Pins bisa meletakan rak penyimpanan di bawah wastafel. Sebab, lemari yang dipasang di dinding sering kali memakan terlalu banyak ruang dan memenuhi ruangan.  

Selain itu, ada beberapa cara menghadirkan rak penyimpan tanpa harus menampilkan kesan sempit:

  • Rak atau lemari tersembunyi
  • Rak penyimpanan di atas toilet
  • Lemari kecil di belakang cermin
  • Lemari di luar kamar mandi untuk handuk ekstra
  • Kait handuk di pintu atau pengatur saku

Pastikan Pencahayaan Diatur dengan Baik

Pencahayaan sangat penting di ruang kecil. Pencahayaan yang tidak memadai dapat membuat ruangan terasa suram dan kecil, tetapi pencahayaan yang terlalu keras dan terang juga sama buruknya. Maka dari itu, pastikan Pins sudah mengatur cahaya yang baik dan menerangi ruangan secara merata. Sebaiknya, pilih jenis pencahayaan lembut.   

Material Lantai Berkualitas

Walau tanpa bak mandi atau pancuran, ruangan ini tidak akan mendapatkan banyak air. Tetapi Pins tetap harus memilih lantai yang berkualitas dan tidak licin. Jenis lain yang bisa dipilih misalnya lantai terrazzo atau marmer.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.