Kamus Istilah Properti

Arsitektur Metafora

istilah properti

Arsitektur Metafora

Arsitektur metafora adalah bangunan yang memiliki desain unik. Keunikan tersebut bisa menjadi medium penyampaian pesan atau gagasan sang kreator.

Pengertian arsitektur metafora

arsitektur metafora
(Rethinking the Future)

Arsitektur metafora adalah bangunan-bangunan yang memiliki desain unik. Keunikan dari elemen-elemen pada bangunan tersebut biasanya punya kaitan dengan pesan yang ingin disampaikan oleh kreatornya.

Penggunaan istilah metafora sendiri lebih lazim kita temui di ranah-ranah ilmu budaya, terutama linguistik dan sastra. Akan tetapi, arsitektur yang masuk dalam kategori produk budaya ternyata juga tidak lepas dari keluwesannya sebagai medium penyampaian pesan. Terutama pesan dalam bentuk metaforik.

Menurut KBBI, metafora adalah pemakaian kata atau kelompok kata yang bukan dengan arti sebenarnya, melainkan sebagai lukisan berdasarkan persamaan atau perbandingan. Pemakaian ide untuk memasukkan unsur metafora pada bidang konstruksi mendorong makin luasnya keilmuan arsitektur. Beberapa pihak berpendapat bahwa yang lebih penting dalam bangunan metafora adalah gagasan yang coba disampaikan, bukan bangunannya.

Gaya bangunan metafora mulai dikembangkan di Eropa pada pertengahan abad 20. Beberapa pihak mengaitkan kemunculan bangunan metafora sebagai salah satu efek perkembangan pemikiran postmodernisme. Beberapa pihak lain mengatakan bahwa bangunan metafora muncul dari arsitektur ekspresionis yang sudah lahir terlebih dahulu.

Ciri-ciri arsitektur metafora

arsitektur metafora
(Pinterest)

Setelah mengetahui pengertiannya, pembahasan berlanjut pada ciri-ciri arsitektur metafora. Ciri-ciri tersebut akan dipaparkan dalam daftar yang tertulis di bawah ini.

  • Bangunan metafora digunakan untuk menjadi medium pemindahan informasi, pesan atau gagasan.
  • Penyampaian informasi, pesan atau gagasan dibuat berdasarkan prinsip metafora. Hal ini memperluas bangunan metafora karena prinsip yang dimaksud memungkinkan pesan untuk disampaikan secara samar. Misalnya, ingin menyampaikan pesan ‘keindahan semesta’. Sang kreator mungkin bisa membuat bangunan dari kaca yang permukaannya bisa berubah menjadi ‘warna-warni cantik’ apabila tersorot oleh lampu.
  • Dalam arsitektur, metafora bukan hanya perkara penggunaan bahasa. Metafora dalam arsitektur meliputi penggunaan elemen-elemen lain yang bisa diterima oleh indra manusia. Bentuk, tekstur, suara, dan warna adalah beberapa diantaranya.

Jenis-jenis arsitektur metafora

arsitektur metafora
(Design Incredible)

Anthony C. Antoniades dalam bukunya yang berjudul Poetic of Architecture: Theory of Design (1992) membuat pengkategorian jenis-jenis bangunan metafora. Jenis-jenis yang dimaksud diantaranya adalah metafora konkret, metafora abstrak dan metafora kombinasi. Masing-masing dari jenis-jenis tersebut akan dipaparkan secara urut pada penjelasan di bawah ini.

Tangible metaphor (metafora konkret)

Bangunan yang masuk kategori tangible metaphors berangkat dari objek visual, spesifikasi, atau karakter tertentu.

Intangible metaphor (metafora abstrak)

Ide dari pembuatan bangunan jenis ini berangkat dari satu konsep, ideologi, atau nilai-nilai tertentu.

Combined metaphor (metafora kombinasi)

Secara sederhananya, jenis bangunan metafora yang masuk kategori ini merupakan gabungan antara tangible dan intangible metaphor.

Contoh arsitektur metafora

Di bagian ini, kamu akan mendapatkan beberapa contoh bangunan metafora yang ada di dunia. Masing-masing bangunan punya hal-hal unik yang boleh jadi menjadi sesuatu yang baru untuk kamu.

Museum Yahudi (Jewish Museum), Berlin, Jerman

arsitektur metafora
(ArchDaily)

Bangunan yang satu ini didesain oleh Daniel Libeskind. Semenjak berdiri, bangunan ini menjadi salah satu contoh bangunan metafora yang paling dikenal di dunia.

Sebagai konseptor dan kreator, Daniel Libeskind mengaplikasikan narasi genosida yang terjadi pada kaum Yahudi di Jerman pada masa Perang Dunia 2 di bangunan ini. Kerumitan yang terjadi pada masa itu coba diaplikasikan melalui bangunan dan ruangan yang bentuknya cukup chaotic.

Pengunjung dapat merasakan betapa mengesankannya narasi yang coba diaplikasikan melalui elemen-elemen seperti warna, cahaya, suara, waktu, dan rasio. Sang konseptor ingin membangkitkan rasa putus asa pada pengunjung lewat penataan elemen-elemen tersebut.

Ruangan dalam museum ini dibuat agar memiliki sedikit cahaya. Cahaya yang ada pun merupakan penuntun jiwa-jiwa yang terperangkap dalam narasi tersebut.

Rumah-rumah di film Parasite

bangunan metafora
(Architectural Digest)

Pernahkah kamu menonton film Parasite? Jika iya, tentu kamu tidak asing dengan rumah-rumah yang menjadi latar lokasi utama dalam film tersebut.

Sutradara film Parasite, Bong Joon-ho, mencoba untuk menggunakan rumah mewah sebagai bangunan metafora untuk menekankan pesan yang ia usung dalam filmnya. Salah satunya adalah bagian tangga di rumah mewah. Tangga di sini digunakan untuk menekankan pesan akan sulitnya orang-orang berpenghasilan rendah untuk mencapai kemakmuran.

Jendela dalam film ini juga difungsikan sebagai salah satu elemen metafora. Jendela besar di rumah keluarga kaya memungkinkan keluarga yang tinggal untuk menikmati pemandangan indah. Sedangkan jendela sempit yang ada pada rumah keluarga yang berpenghasilan rendah hanya bisa menampilkan jalanan dan lingkungan yang kotor.

Syndey Opera House, Sidney, Australia

bangunan metafora
(Wikipedia)

Bangunan yang satu ini menjadi salah satu ikon yang paling menonjol dari Negara Australia. Sydney Opera House merupakan arsitektur yang dirancang oleh Jorn Utzon.

Bentuk dari atap bangunan ini kerap kali diasosiasikan dengan cangkang kerang atau siput. Ada juga yang mengaitkannya dengan layar kapal yang sedang terkembang, juga kelopak bunga yang sedang mekar. Jika dilihat dari bentuk dan interpretasi tersebut, Sydney Opera House termasuk dalam kategori bangunan tangible metaphor (metafora konkret).


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.