Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Yuk Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati Belanda

Yuk Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati Belanda

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 17 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Jika berbicara tentang furnitur biasanya tidak lepas dengan kayu. Ya, kayu memang salah satu bahan furnitur yang biasa digunakan dalam membuat suatu furnitur. Kayu dipilih berdasarkan jenis, kekuatan, dan keawetannya. Sehingga Pins tidak bisa sembarangan dalam memilih kayu. Salah satu kayu yang cukup populer adalah kayu jati belanda. Mungkin Anda agak kebingungan, karena kebanyakan orang hanya mengenal kayu jati saja.

Kayu jati ini adalah salah satu jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan baku furnitur. Hanya saja banyak orang yang masih tidak mengenal jenis kayu yang satu ini. Bagi Pins yang penasaran tentang kayu ini, yuk simak informasi lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Mengenal Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda atau yang disebut juga dengan jati londo ini merupakan kayu yang biasanya digunakan pada furnitur. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya mengapa bisa begitu? Ya, kayu ini sering disebut jati belanda karena pada zaman dahulu kayu ini sering digunakan sebagai kayu peti kemas untuk berbagai pengiriman barang dari dan ke luar negeri.

Selain itu, kayu ini merupakan kayu yang berasal dari pohon pinus, bukan pohon jati. Ya, kenapa disebut kayu jati karena kayu pinus memiliki kekuatan yang sangat kuat seperti jenis kayu jati. Terlebih, kayu pinus ini sering digunakan sebagai bahan peti kemas pada pengiriman barang-barang mahal.

Kelebihan Kayu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kayu pinus ini sering digunakan sebagai bahan peti kemas untuk pengiriman barang pada zaman dahulu. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa terdapat banyak kelebihan dari kayu yang satu ini, berikut beberapa kelebihannya.

Kuat Terhadap Guncangan

Kelebihan kayu ini yang pertama adalah sangat kuat terhadap guncangan. Kayu yang satu ini telah terbukti sangat tahan meski mengalami benturan yang cukup keras. Oleh karena itulah kayu pinus ini sering digunakan sebagai bahan peti kemas sejak zaman dahulu.

Selain itu, kayu ini juga dikenal akan kayunya yang awet dan tahan lama. Banyak orang yang menggunakan kayu ini sebagai bahan furnitur karena ketahanannya yang sudah terbukti sejak lama.

Lunak

Meski sangat kuat terhadap benturan keras, ternyata kayu pinus ini cukup lunak. Sehingga banyak sekali pengrajin furnitur yang suka dengan bahan kayu ini dibandingkan dengan kayu lain. Hal ini karena kayu pinus ini lebih mudah dibentuk, sehingga banyak sekali furnitur-furnitur unik yang berhasil dibuat karena kayu ini.

Serat Kayu Halus

Selain bahan kayunya yang lunak, kayu pinus ini juga cukup halus lho! Bahkan karena serat kayu yang halus, membuat kayu pinus ini terlihat sangat bagus ketika diaplikasikan sebagai bahan furnitur. Serat yang halus juga membuat pengrajin tidak perlu mengamplas kayu secara berlebihan. Selain itu, jika kayu ini berumur semakin tua, maka akan semakin menampilkan serat-serat kayu alami yang semakin antik dan cantik. Kayu Pins yang berwarna cerah seperti krem, merah kecoklatan dan krem juga membuat kayu ini sangat diminati di pasaran.

Bentuknya Tidak Berubah Meski Berumur Tua

Kelebihan selanjutnya adalah bentuk kayu yang satu ini tidak akan berubah meski usianya sudah tua. Hal ini karena kayu pinus yang hanya mengalami sedikit penyusutan atau pembengkakan akibat pengaruh suhu dan kelembaban. Berbeda dengan jenis-jenis kayu lainnya yang dapat menyusut atau membengkak karena pengaruh dari suhu dan kelembaban.

Harga Murah

Kelebihan lain dari kayu pinus ini adalah harganya yang cukup murah dibandingkan dengan kayu-kayu lain. Hal ini karena pohon pinus lebih cepat tumbuh dibandingkan pohon lainnya. Selain itu pohon pinus juga bisa hidup tanpa bergantung pada musim, sehingga lebih mudah bertahan. Oleh karena itu harganya pun lebih murah dibandingkan kayu-kayu jenis lainnya.

Bobotnya Ringan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh kayu pinus adalah memiliki bobot yang ringan. Sehingga ketika dibuat sebagai bahan furnitur, barang yang dihasilkan memiliki berat yang ringan dan mudah untuk dipindah-pindahkan.

Kekurangan Kayu

Jika sebelumnya kita membahas kelebihan yang terdapat pada kayu jati belanda, maka selanjutnya kita akan membahas kekurangannya. Sebelum membeli dan menggunakan kayu yang satu ini, tentu kita harus mengetahui kekurangannya agar cocok dan sesuai dengan kebutuhan, berikut daftar kekurangan dari kayu ini.

Mengandung Getah yang Tinggi

Kekurangan kayu pinus yang pertama adalah mengandung getah yang cukup tinggi. Sehingga ketika membuat furnitur dari kayu ini, Pins harus benar-benar memastikan bahwa getah dari kayu telah benar-benar kering. Karena jika tidak, proses finishing yang dilakukan pada kayu akan membuat bahan finishing tidak menempel karena getah yang masih basah.

Perawatan Ekstra

Kelemahan dari kayu pinus lainnya adalah membutuhkan perawatan ekstra. Kayu yang satu ini membutuhkan proses ulang agar mempertahankan serat alaminya. Sehingga ketika dibuat sebagai furnitur, kayu tetap menampilkan serat alaminya yang halus dan indah.

Itulah informasi mengenai apa itu kayu jati belanda, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan ulasan di atas membuat Pins semakin mengenal jenis kayu yang satu ini.

Baca Juga: Contoh Warna Plitur Kayu Jati Untuk Perabotan Rumah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel