Pinhome

Tips Properti

10 Kelebihan Kayu Pinus Dibandingkan dengan Jenis Kayu Lainnya

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 28 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Jika Pins sering berwisata ke daerah pegunungan atau desa-desa yang dekat dengan gunung atau hutan, mungkin kamu cukup familiar dengan pohon pinus. Pohon ini adalah salah satu pohon yang mudah ditemukan di Indonesia. Pohon pinus bisa tumbuh dengan tinggi 15-45 meter. Cukup tinggi, bukan? Ya, selain itu pohon pinus ini juga biasa diambil getahnya (terpentin) yang nantinya digunakan sebagai bahan baku kertas, keramik, plastik, cat dan masih banyak lagi. Tidak hanya getahnya, kayu pinus juga sangat kuat dan tahan lama sehingga sering digunakan sebagai bahan baku furniture. 

Pinhome – Bagi Pins yang belum pernah mendengar tentang kayu pinus, yuk simak 10 kelebihan kayu pinus lewat ulasan di bawah ini!

Harga Kayu Pinus yang Murah

(Pinterest)

Pohon pinus adalah salah satu jenis kayu yang dijual dengan harga relatif murah. Hal ini karena sifat pohon pinus yang tumbuh dengan cepat sehingga proses penanaman dan panen juga berjalan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Kayu ini umumnya dijual mulai dari Rp1-1,5 juta per meter. 

Awet dan Tahan Lama


(Pinterest)

Meski harganya cukup murah, sifat kayu pinus yang kuat dan tahan lama ini tidak perlu kamu ragukan lagi. Kayu ini sangat kuat dan kokoh. Terlebih serat pohon yang kaku membuat kayu ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku furnitur karena bisa membuat umur furnitur lebih awet dan tahan lama.

Tahan terhadap Guncangan

(Pinterest)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kayu Pinus ini memiliki tekstur yang kaku sehingga sangat kokoh dan juga sifat kayu ini adalah antishock. Maksud dari antishock ini adalah tahan terhadap benturan dan bisa membantu meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi akibat benturan dengan benda keras.

Mudah Dibentuk

(Pinterest)

Selain kuat dan tahan lama, kayu ini juga memiliki serat yang halus sehingga berbobot ringan. Perlu diketahui bahwa karena bobot yang ringan dan serat yang halus membuat kayu ini sangat mudah diolah dan dibentuk. Oleh karena itu pengrajin kayu jadi tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengolah kayu ini. Sehingga proses pembuatan furniture jauh lebih cepat dengan menggunakan jenis kayu ini.

Baca juga: Karakteristik Kayu Sungkai Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Warna Kayu yang Terang dan Khas

(Pinterest)

Kelebihan lain dari kayu pinus ini adalah warnanya yang terang dan khas. Mungkin jika Pins pertama kali melihat kayu ini, maka kamu akan dengan mudah jatuh cinta. Ya, kayu ini memang memiliki tone warna yang cukup terang dengan dominasi warna putih dan krem pada bagian seratnya. Karena tone warna yang cerah inilah yang memudahkan kayu ini untuk dicat. Warna pada kayu ini juga cenderung membuat furniture terasa lebih fresh dan modern.

Tidak Mudah Berubah Bentuk

(Pinterest)

Kelebihan kayu dari pohon pinus selanjutnya adalah tidak mudah berubah bentuk. Kelebihan ini tentu sangat menguntungkan mengingat kegunaan kayu pinus adalah sebagai bahan baku furniture. 

Ya, hal ini karena kayu ini tahan terhadap penyusutan dan pemuaian. Jadi furnitur yang terbuat dari kayu pinus ini lebih awet dan tidak mudah mengalami perubahan bentuk akibat pemuaian atau penyusutan.

Mudah Dicat

(Pinterest)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tone warna pada kayu ini sangat cerah dengan kombinasi warna coklat muda dan putih. Hal ini membuat proses pengecatan pada kayu pinus lebih mudah dibandingkan dengan kayu lainnya. 

Pins tidak hanya bisa mengaplikasikan warna lain, namun kamu juga bisa mengaplikasikan pernis pada kayu agar warna alami kayu semakin cantik dan menawan. Pernis bisa digunakan supaya tampilan serat kayu tetap terlihat dan lebih mengkilap.

Baca juga: Apa Itu Kayu Gaharu? Kenali Apa Itu Kayu Gahari dan Manfaatnya!

Tampilan Kayu yang Rustic

(Pinterest)

Tampilan kayu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kayu pinus memiliki tampilan rustic yang membuat siapa saja jatuh cinta. Bahkan banyak pengrajin yang tidak menambahkan cat warna pada kayu ini karena ingin menampilkan warna kayu yang khas dan serat kayu yang rustic.

Perawatan yang Tidak Terlalu Sulit

(Pinterest)

Sama seperti jenis kayu lainnya, jika tidak dirawat dengan tepat, tentu kayu ini bisa mudah tergores. Oleh karena itu perawatannya pun hampir mirip dengan jenis-jenis kayu lain. Pins bisa meletakkan furnitur berbahan kayu pinus ini jauh dari benda-benda tajam agar furnitur jauh lebih awet. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan perawatan ekstra yang harus diberikan pada kayu ini.

Ramah Lingkungan

(Pinterest)

Meski kegunaan kayu pinus ini memiliki banyak manfaat, penggunaan kayu ini bisa dikategorikan ramah lingkungan lho! Hal ini karena pohon pinus yang dapat tumbuh dengan cepat, sehingga ketika pohon pinus ditebang, Pins tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama supaya pohon pinus tumbuh besar, berbeda dengan pohon lainnya. Dengan begini, penggunaan kayu dari pohon pinus ini cenderung lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

Itulah informasi mengenai 10 kelebihan kayu pinus yang perlu Pins ketahui. Semoga dengan informasi di atas bisa membuat kamu semakin paham mengenai karakteristik dan menambah wawasan kamu mengenai kayu ini. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel