Yuk Mulai Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kaso

Diperbarui oleh Aileen Velishya ∙ November 8, 2022 ∙ 5 menit membaca

Dalam membangun sebuah bangunan banyak sekali aspek dan perihal lainnya yang perlu untuk diperhatikan agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Hasil yang sempurna dari sebuah konstruksi sangat bergantung kepada komponen dan proses non hambatan. Di dalam dunia konstruksi terdapat berbagai macam komponen yang saling berkaitan satu sama lain dalam proses pembangunan. Setiap komponen tersebut diperlukan pemilihan yang tepat untuk mendapatkan yang berkualitas. Salah satu bahan material konstruksi yang kerap digunakan dalam proses pembangunan adalah kayu kaso. 

Pinhome – Dewasa ini, penggunaan baja hollow lebih ngetrend dibandingkan kayu. Namun ternyata masih banyak konstruksi bangunan yang masih mengandalkan material kayu dalam membangun rangka utama bangunan. 

Hal tersebut dikarenakan tingkat fleksibilitas kayu yang tidak tergantikan dan masih mudah untuk ditemukan. Jika Pins sedang melakukan proses konstruksi dan ingin mengenal kayu yang satu ini, mari simak artikel ini yang akan membahas tentang kelebihan serta kekurangan dari kayu ini untuk konstruksi. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Bangunan Kayu Agar Rumahmu Lebih Nyaman

Manfaat serta Fungsi Kayu Kaso 

(Pinterest)

Pemilihan bahan bangunan dalam proses konstruksi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Perhitungan dalam proses pembangunan juga sangat banyak jika ingin menghasilkan bangunan yang sempurna. 

Oleh karena itu, banyak kontraktor yang siap merogoh koceknya dalam-dalam untuk menambal setiap dana konstruksi yang dibutuhkan. Jika Pins tidak memiliki kelebihan dana untuk memenuhi biaya konstruksi, jangan pernah untuk mengurangi standar spesifikasi dari rangka bangunan. 

Demi mengatasi keterbatasan biaya konstruksi Pins dapat menggunakan kayu ini untuk rangka bangunan. Mungkin masih banyak dari Pins yang belum mengetahui apa itu kayu ini? 

Definisi dari kaso adalah jenis kayu yang dibuat dari gabungan beberapa jenis kayu lain seperti kayu jati, kayu meranti, kayu kamper, atau kayu borneo. Dari gabungan berbagai macam kayu tersebut dapat memberi tingkat kekuatan yang baik pada kayu jenis ini. 

Pada umumnya kayu ini biasa digunakan sebagai material utama dalam membuat rangka atau plafon pada bangunan. Ukuran kaso tergantung dari jenis kayu yang digunakan sebagai bahan utamanya. Sebagai contoh kaso borneo berukuran 4 x 6 x 400 cm dengan harga Rp32.000 dan harga ukuran kaso meranti 5 x 7 x 400 cm sebesar Rp 41.000. 

Kayu jenis yang satu ini banyak digunakan karena manfaatnya yang mumpuni. Di antaranya adalah dapat memudahkan proses pembangunan karena bobotnya yang ringan, dengan begitu bobot yang ditanggung juga semakin enteng. Hal tersebut juga dapat menghemat biaya yang Pins tanggung. Selain itu kayu ini juga memiliki ketahanannya yang kuat sehingga dapat menopang berat suatu bangunan. 

Baca Juga: Manfaat Memiliki Rumah untuk Masa Depan

Kelebihan Kayu Kaso

Di balik harganya yang terjangkau, kayu ini memiliki cukup banyak keunggulan lainnya yang tersimpan. Pins dapat simak beberapa poin di bawah ini tentang kelebihan dari jenis kayu ini. 

  • Kaso adalah kayu yang dapat dengan mudah diterapkan pada setiap bangunan karena dalam proses pengerjaannya Pins tidak membutuhkan peralatan yang macam-macam. Untuk memotong dan menyatukan kayu supaya tertempel erat Pins hanya cukup memerlukan peralatan seperti gergaji, palu, dan paku. 
  • Memiliki kekuatan yang mumpuni sebagai komponen untuk menopang. Dalam proses produksinya kayu ini juga sudah melalui proses anti rayap agar umurnya dapat tahan lama. 
  • Bobot yang ringan untuk diaplikasikan dalam proses konstruksi. Dengan bobot yang ringan dapat memudahkan proses pembangunan. 
  • Kaso adalah kayu yang termasuk dapat menghemat biaya karena di balik ketahanannya yang kuat dan bobotnya yang ringan menjadikan proses konstruksi tidak memerlukan banyak tukang. 

Baca juga: Kayu Sonokeling Lengkap dengan Ciri Khas dan Jenisnya

Kekurangan Kayu Kaso

(Pinterest)

Jika Pins sudah mengenal kaso dan segala kelebihannya yang tidak bisa dianggap remeh, Pins juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dari kaso. Karena jika sudah mengetahuinya Pins dapat menimbang secara matang untuk hasil konstruksi yang baik. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kaso. 

  • Kaso adalah kayu yang bergantung pada musim. Jika terdapat banyak pesanan dari kontraktor dan kayu sedang tidak musim akan terjadi lonjakan harga. Hal tersebut dapat membuat budget Pins menjadi melambung tinggi. 
  • Jika menggunakan kaso sebagai komponen utama dalam konstruksi, Pins mungkin akan sulit mendesain rumah agar tampil modern atau minimalis. Tampilan yang diberikan oleh kaso akan terkesan seperti rumah lawas yang kurang menarik. Oleh karena ini kaso kurang cocok bagi Pins yang ingin membangun rumah modern minimalis. 
  • Sebenarnya semua jenis kayu yang akan diolah menjadi kaso sudah melewati treatment anti rayap. Namun jika Pins membeli kaso yang tidak mendapatkan treatment tersebut maka kayu akan cepat rusak termakan oleh rayap. Gangguan rayap sangat berbahaya karena dapat mengancam keamanan bangunan suatu hari.
  • Walaupun kayu dapat didaur ulang namun penggunaan kayu juga tetap tidak ramah lingkungan. Karena penggunaan kayu sama dengan mengurangi jumlah pohon di bumi. Oleh karena itu saat ini telah banyak konstruksi yang menggunakan baja karena lebih ramah lingkungan dan tahan lama.

Itulah informasi mengenai apa itu kayu kaso, manfaat serta kelebihan dan kekurangan dari kayu ini. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan Pins mengenai jenis kayu yang sering digunakan dalam konstruksi ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Mau Punya Kolam Ikan Dalam Rumah? Perhatikan Hal Ini


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Kawaii Island NFT dan Cara Bermainnya

Kawaii Island NFT merupakan permainan dengan konsep simulasi dan basis play to earn. Para pemain da

Finansial
Finansial Apa itu Cup and Handle Pattern dalam Trading?

Ada banyak sekali istilah dalam investasi yang mungkin masih asing terdengar, terutama kalau kamu m

Finansial
Finansial Apa itu Expert Advisor dalam Trading?

Sekarang ini, trading telah menjadi suatu bentuk kegiatan yang populer untuk bisa memperoleh pemasu

Lifestyle
Lifestyle 21 Ucapan Sweet Seventeen untuk Orang Spesial

Ucapan sweet seventeen dapat menjadi hal paling berkesan untuk diutarakan kepada seseorang yang spe

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Selamat Hari Ibu Yang Menyentuh Hati

Hari Ibu merupakan hari yang dibuat sebagai bentuk apresiasi kepada Ibu yang sudah berjasa dalam me

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia