Pinhome

Tips Properti

Yuk Mulai Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kaso

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 7 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam membangun sebuah bangunan banyak sekali aspek dan perihal lainnya yang perlu untuk diperhatikan agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Hasil yang sempurna dari sebuah konstruksi sangat bergantung kepada komponen dan proses non hambatan. Di dalam dunia konstruksi terdapat berbagai macam komponen yang saling berkaitan satu sama lain dalam proses pembangunan. Setiap komponen tersebut diperlukan pemilihan yang tepat untuk mendapatkan yang berkualitas. Salah satu bahan material konstruksi yang kerap digunakan dalam proses pembangunan adalah kayu kaso. 

Pinhome – Dewasa ini, penggunaan baja hollow lebih ngetrend dibandingkan kayu. Namun ternyata masih banyak konstruksi bangunan yang masih mengandalkan material kayu dalam membangun rangka utama bangunan. 

Hal tersebut dikarenakan tingkat fleksibilitas kayu yang tidak tergantikan dan masih mudah untuk ditemukan. Jika Pins sedang melakukan proses konstruksi dan ingin mengenal kayu yang satu ini, mari simak artikel ini yang akan membahas tentang kelebihan serta kekurangan dari kayu ini untuk konstruksi. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Bangunan Kayu Agar Rumahmu Lebih Nyaman

Manfaat serta Fungsi Kayu Kaso 

(Pinterest)

Pemilihan bahan bangunan dalam proses konstruksi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Perhitungan dalam proses pembangunan juga sangat banyak jika ingin menghasilkan bangunan yang sempurna. 

Oleh karena itu, banyak kontraktor yang siap merogoh koceknya dalam-dalam untuk menambal setiap dana konstruksi yang dibutuhkan. Jika Pins tidak memiliki kelebihan dana untuk memenuhi biaya konstruksi, jangan pernah untuk mengurangi standar spesifikasi dari rangka bangunan. 

Demi mengatasi keterbatasan biaya konstruksi Pins dapat menggunakan kayu ini untuk rangka bangunan. Mungkin masih banyak dari Pins yang belum mengetahui apa itu kayu ini? 

Definisi dari kaso adalah jenis kayu yang dibuat dari gabungan beberapa jenis kayu lain seperti kayu jati, kayu meranti, kayu kamper, atau kayu borneo. Dari gabungan berbagai macam kayu tersebut dapat memberi tingkat kekuatan yang baik pada kayu jenis ini. 

Pada umumnya kayu ini biasa digunakan sebagai material utama dalam membuat rangka atau plafon pada bangunan. Ukuran kaso tergantung dari jenis kayu yang digunakan sebagai bahan utamanya. Sebagai contoh kaso borneo berukuran 4 x 6 x 400 cm dengan harga Rp32.000 dan harga ukuran kaso meranti 5 x 7 x 400 cm sebesar Rp41.000. 

Kayu jenis yang satu ini banyak digunakan karena manfaatnya yang mumpuni. Di antaranya adalah dapat memudahkan proses pembangunan karena bobotnya yang ringan, dengan begitu bobot yang ditanggung juga semakin enteng. Hal tersebut juga dapat menghemat biaya yang Pins tanggung. Selain itu kayu ini juga memiliki ketahanannya yang kuat sehingga dapat menopang berat suatu bangunan. 

Kelebihan Kayu Kaso

Di balik harganya yang terjangkau, kayu ini memiliki cukup banyak keunggulan lainnya yang tersimpan. Pins dapat simak beberapa poin di bawah ini tentang kelebihan dari jenis kayu ini. 

  • Kaso adalah kayu yang dapat dengan mudah diterapkan pada setiap bangunan karena dalam proses pengerjaannya Pins tidak membutuhkan peralatan yang macam-macam. Untuk memotong dan menyatukan kayu supaya tertempel erat Pins hanya cukup memerlukan peralatan seperti gergaji, palu, dan paku. 
  • Memiliki kekuatan yang mumpuni sebagai komponen untuk menopang. Dalam proses produksinya kayu ini juga sudah melalui proses anti rayap agar umurnya dapat tahan lama. 
  • Bobot yang ringan untuk diaplikasikan dalam proses konstruksi. Dengan bobot yang ringan dapat memudahkan proses pembangunan. 
  • Kaso adalah kayu yang termasuk dapat menghemat biaya karena di balik ketahanannya yang kuat dan bobotnya yang ringan menjadikan proses konstruksi tidak memerlukan banyak tukang. 

Baca juga: Kayu Sonokeling Lengkap dengan Ciri Khas dan Jenisnya

Kekurangan Kayu Kaso

(Pinterest)

Jika Pins sudah mengenal kaso dan segala kelebihannya yang tidak bisa dianggap remeh, Pins juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dari kaso. Karena jika sudah mengetahuinya Pins dapat menimbang secara matang untuk hasil konstruksi yang baik. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kaso. 

  • Kaso adalah kayu yang bergantung pada musim. Jika terdapat banyak pesanan dari kontraktor dan kayu sedang tidak musim akan terjadi lonjakan harga. Hal tersebut dapat membuat budget Pins menjadi melambung tinggi. 
  • Jika menggunakan kaso sebagai komponen utama dalam konstruksi, Pins mungkin akan sulit mendesain rumah agar tampil modern atau minimalis. Tampilan yang diberikan oleh kaso akan terkesan seperti rumah lawas yang kurang menarik. Oleh karena ini kaso kurang cocok bagi Pins yang ingin membangun rumah modern minimalis. 
  • Sebenarnya semua jenis kayu yang akan diolah menjadi kaso sudah melewati treatment anti rayap. Namun jika Pins membeli kaso yang tidak mendapatkan treatment tersebut maka kayu akan cepat rusak termakan oleh rayap. Gangguan rayap sangat berbahaya karena dapat mengancam keamanan bangunan suatu hari.
  • Walaupun kayu dapat didaur ulang namun penggunaan kayu juga tetap tidak ramah lingkungan. Karena penggunaan kayu sama dengan mengurangi jumlah pohon di bumi. Oleh karena itu saat ini telah banyak konstruksi yang menggunakan baja karena lebih ramah lingkungan dan tahan lama.

Itulah informasi mengenai apa itu kayu kaso, manfaat serta kelebihan dan kekurangan dari kayu ini. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan Pins mengenai jenis kayu yang sering digunakan dalam konstruksi ini. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Bagikan Artikel