Pinhome

Tips Properti

Tips Memilih Bangunan Kayu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bangunan kayu kembali menjadi tren, setidaknya ini terlihat dari minat masyarakat untuk kembali menggunakan rumah kayu ataupun gazebo yang terbuat dari kayu. Tren ini muncul karena tren untuk kembali hidup dengan alam kembali menjadi in. Setidaknya ini dimulai sejak tahun 2000-an.

Bangunan kayu paling dominan digunakan untuk rumah-rumah kayu dan villa yang ada pada resort atau pun tempat peristirahatan juga tempat wisata. Kesan eksotis yang ditawarkan bangunan kayu memang luar biasa indah dan natural.

Ada dua jenis pilihan jika Anda menghendaki bangunan kayu berupa rumah, yaitu rumah kayu modern serta rumah kayu yang bernuansa tradisional. Rumah kayu modern adalah bangunan kayu yang menggunakan sistem bongkar pasang, sehingga memudahkan sang penghuni untuk memasang dan membongkarnya. Disebut dengan modern wooden house. Sedangkan bangunan kayu lain yang diminati adalah bangunan kayu tradisional yang biasanya merupakan bentuk rumah tradisional khas Indonesia atau pun khas negara lainnya, seperti Jepang, China, dan lain-lain.

Sebagai contoh adalah rumah tradisional yang berasal dari Manado. Biasanya segala perangkat untuk membuat rumah kayu tersebut didatangkan dari Manado, baru kemudian dirakit dan dibangun di lokasi.

Jika Anda berminat untuk memiliki bangunan kayu, berbentuk rumah kayu, Anda dapat mencoba tips berikut ini:

  • Perhatikan pemilihan material kayu sebagai bahan baku utama bangunan kayu. Pemilihan kayu yang berjenis kuat  dan awet akan sangat mendukung Anda dalam perawatan dan dan dapat tahan lama.
  • Jangan mengecat kayu, sebaiknya Anda menggunkan melamin sehingga kayu masih terlihat tampak natural dan menonjol eksotismenya.
  • Buatlah desain rumah kayu terlebih dahulu baru kemudian membuatnya. Desain yang unik, tradisional, dan cantik biasanya lebih disukaid.
  • Membangun rumah kayu dan bangunan kayu serta sejenisnya harus memperhatikan jenis kayu yang dipakai. Jenis kayu yang sering dipakai dan tahan lama adalah jenis kayu jati, kayu besi, dan bangkirai. Kayu dengan jenis ini memang mahal, namun daya tahannya sangat bagus dan tahan rayap.
  • Anda juga bisa membuat bangunan kayu dengan menggunakan kayu mahoni ataupun kayu kamper. Namun kedua jenis kayu ini tidak tahan rayap walaupun sudah diberi anti rayap.

Bangunan kayu sangat sesuai jika didirikan didaerah  yang bersuhu dingin. Misalnya di daerah pegunungan, karena akan memberikan kesan hangat dan natural. Jika Anda ingin membangun bangunan kayu di daerah perkotaan, maka Anda akan memerlukan pendingin agar suasana dalam rumah menjadi lebih sulit.

Biasanya bangunan kayu dibuat dengan model panggung agar meminimalisir kemungkinan adanya rayap, kelembapan atau beberapa hal lainnya sehingga bangunan kayu bisa menjadi lebih awet dan lebih tahan lama. Ketinggian rumah kayu ini dari badan tanah biasanya sekitar setengah meter, namun jika Anda menginginkan rumah kayu ini tidak terlihat seperti panggung, Anda dapat menambahkan batu bata dibawah bangunan kayu tersebut.

Tags :

Bagikan Artikel