BlogLifestyleHobi50+ Ucapan Berduka Cita yang Singkat dan Sopan
0
0

50+ Ucapan Berduka Cita yang Singkat dan Sopan

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Okt 9, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
ucapan berduka citatop-right-banner

Semua orang pasti pernah mengucapkan atau mengirimkan pesan ucapan berduka cita kepada orang-orang atau kerabat dekat. Mengatakan ucapan atau kata-kata belasungkawa adalah salah satu bukti empat kepada seseorang.

Bahkan, Pins bisa menjadikan ucapan turut berduka cita ini sebagai bentuk kepedulian untuk orang yang hidup di sekitarnya. Ini mungkin bisa membantu menghibur keluarga yang ditinggal dan membantu mendoakan mereka yang sudah tiada.

Bagi Pins yang bingung bagaimana merangkai kata-kata belasungkawa bisa melihat beberapa contoh di bawah ini sebagai referensi!

Kata Ucapan Belasungkawa

Ada kalanya banyak orang yang bingung harus mengatakan apa ketika mendengar kabar duka cita dari teman atau kerabat terdekat. Beberapa orang takut bahwa kata-kata yang diucapkan membuat orang tersebut semakin sedih atau tersinggung.

Untungnya, Pins bisa melihat apa saja ucapan berduka cita untuk orang meninggal yang bisa jadi bahan referensi di bawah ini.

Baca Juga:

Ucapan Berduka Cita untuk Teman

Pada saat seorang teman sedang menghadapi musibah kemalangan, Pins sebagai teman pun akan turut merasa sedih. Oleh sebab itu, kamu bisa setidaknya meringankan dan mengobati hatinya dengan kepedulian melalui kata-kata belasungkawa di bawah ini.

  • Sahabatku, aku tahu ini berat bagimu, namun di balik itu aku juga yakin bahwa kau pasti kuat menghadapinya. Ikhlaskan dia dan marilah memulai semuanya dengan semangat seperti semula.
  • Innalilahi wainnailahi Raji’un, turut berbelasungkawa atas kepergian kakakmu, teman. Semoga beliau ditempatkan diantara orang-orang yang beriman dan beramal shaleh.
  • Kulihat air mata mengalir di pipimu, Isak tangis terdengar bergemuruh dari mulutmu, melepas kepergian orang yang sangat kau cintai. Aku sebagai teman, hanya bisa mendoakan agar semuanya baik-baik saja setelah ini berlalu.
  • Kepiluan yang kau rasakan saat ini adalah kesedihan yang amat dalam bagiku, kau terpukul karena orang yang kau cintai telah pergi. Tambahkan hatimu, teman, kuatkan jiwamu dan do’akan selalu agar dia tenang di alam sana.
  • Turut berdukacita atas berpulangnya ayahandamu ke Rahmatullah, semoga segala apa yang ia tinggalkan di dunia, dan yang ia bawa ke akhirat, bisa memberi pertolongan untuknya.
  • Tak sadar, air mataku mengalir deras melihat kau menukik meratapi nasib yang tengah menimpamu. Ikhlaskan lah semuanya, sudahi ratapanmu dan mari gandeng tanganku.
  • Kita semua memang tak menyangka bahwa dia akan pergi secepat ini, meninggalkan kita semua. Semoga kau bisa menjadi tegar selayaknya pohon di tepi jalan, meski di tepar angin dan debu, kau harus tetap sabar, kawan.
  • Kematian adalah rahasia Yang Maha Kuasa, kita hanya bisa pasrah bila waktunya telah tiba. Dan hari ini, waktu beliau telah datang, kawan. Aku harap, kau ikhlas dan menerimanya dengan lapang dada.
  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani ini semua.

Baca juga: 100+ Ucapan Selamat Wisuda Bernuansa Islami, Mengharukan, Menggunakan Bahasa Inggris Dan Minang

Ucapan Berduka Cita untuk Sahabat

Kehilangan sahabat atau kerabat dekat sahabat kamu tentu menyisakan luka yang mendalam. Namun, Pins bisa membantu menghibur kesedihan sahabat dengan mengirimkan ucapan turut berduka cita seperti di bawah ini.

  • Inna lillahi wainna ilaihi roji’un… Sahabat tercintaku, kepulanganmu menuju penciptamu begitu cepat. Kini kebersamaan kita yang pernah kita jalani hanyalah meninggalkan sebuah kenangan manis. Semoga seluruh amal perbuatanmu di terima oleh-Nya.
  • Percayalah semua cobaan merupakan kulit dari sebuah hikmah. Kita boleh bersedih akan semua cobaan yang menimpa kita, namun semua kesedihan tidak akan merubah keadaan menjadi lebih baik dan bahkan mungkin kerabat kita yang meninggalkan kita lebih dulu akan sedih melihatnya. Marilah kita panjatkan doa bersama semoga arwahnya di lancarkan untuk menuju pintu surganya.
  • Selamat jalan kawan sejatiku, aku sebagai sahabatmu hanya dapat mendoakan dari sini. Semoga seluruh doa yang ku panjatkan untukmu di dengar dan di ijabah oleh Tuhan serta semoga engakau di tempatkan di sebuah tempat terbaik di sisi-Nya.
  • Terima kasih sahabat semua perbuatan dan kebaikanmu akan selalu ku kenang di hatiku ini, terima kasih sudah menemaniku mengarungi kerasnya kehidupan ini. Selalu memberikan sebuah petuah dan kata-kata bijak di pagi hari ku.Terima kasih kawanku, kini engkau sudah kembali kepada penciptamu. Hanya satu yang aku bisa sekarang mengenangmu dan mendoakanmu.
  • Inna lillahi wainna ilaihi roji’un… Selamat tinggal kawan berhargaku yang selalu menemaniku dari kecil hingga kini aku bisa berdiri menikmati dunia. Aku tidak akan pernah melupakan semua kenangan tentangmu yang pernah kita lalui besama.
  • Selamat jalan temanku doa ku menyertaimu semoga Allah SWT selalu menajagamu di atas sana.
  • Selamat jalan sahabat baikku semoga engkau mendapat tempat terindah disisiNya kini, yaitu di surgaNya yang sangat indah. Amin Ya Rabbal Alamin.
  • Tak relaku ucapkan kata belasungkawa keluar dari lisan ini. Hanya ratapan kenangan yang kini kudapat dari kepergianmu sahabatku. Semoga engkau bahagia disana dan semoga engkau tak melupakan semua kenangan yang kita lakukan di hati sanu bari.

Baca Juga:

Ucapan Berduka Cita Bahasa Inggris

Jika bisa memilih, tak ada satupun manusia di dunia ini menginginkan kehilangan orang-orang terdekatnya, baik itu dari pihak keluarga, sahabat dan lainnya. Walau begitu, takdir adalah takdir, maut memang sudah menjadi janji setiap orang dengan Rabb-Nya sebelum dilahirkan ke dunia.

Berikut ini beberapa kata ucapan berduka cita dalam bahasa Inggris yang bisa jadi alternatif kamu.

  • I am sorry to hear about your loss.
  • I am sorry, but I am at a loss for words.
  • Please accept my condolences, Jimmy will always be missed.
  • We are really sorry to hear that. May she/he get a beautiful place up there.
  • We are mourning to hear your loss. Be strong.
  • May God give her/him a decent place.
  • I am so sorry to hear about the disaster you experienced.
  • She / He has been in a more peaceful place right now. It’s okay.
  • We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence.
  • There’s nothing, not even time that can ease the pain from the loss of your loved ones. But God is with you, and we are all too.
  • Sad feeling enveloped the heart, just a piece of memories that exist today, may you live in happiness in the realm there o my good friends, only prayers that I can pray here to accompany your departure.
  • Believe me my friend’s departure is not a sad thing, but your departure is a start for you to have eternal happiness up there with the god. Our prayers are always with you.

Ucapan Berduka Cita Islami

Jika ada seorang kaum muslim yang meninggal, Pins biasanya akan mengucapkan innalillahi wainna ilaihi roji’un. Kalimat yang diambil dari surat Al-Baqarah ini biasanya dibaca ketika seseorang tertimpa musibah.

Ini bertujuan agar Pins tergolong sebagai orang-orang yang sabar, serta menyadari bahwa segala yang ada itu semua milik Allah dan semuanya akan kembali kepadaNya. Namanya juga barang titipan, pasti akan diambil kembali oleh pemiliknya.

Maka dari itu, ada ucapan berduka cita yang Islami dan cocok dikatakan ke sesama kaum muslim. Berikut beberapa contohnya.

  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berdukacita atas kepulangan beliau. Semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berdukacita sedalam-dalamnya kawan, tetap sabar dan berserah diri. Semoga almarhum dikumpulkan diantara orang-orang yang Sholeh. Amin.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, tak disangka begitu cepat ia pergi meninggalkan kita semua. Yang sabar ya, semoga arwah beliau bisa tenang dan mendapatkan tempat istimewa di sisi-Nya di surga. Aamiinn.
  • Turut berdukacita atas kepulangan beliau ke Rahmatullah, jangan pernah berhenti untuk mendo’akannya di setiap do’amu, kawan. Tabahkan hati dan bertawakallah, semua pasti ada hikmahnya.
  • Aku begitu sedih melihat kau yang sangat terpukul karena kepergian beliau. Namun bagaimanapun, ini semua adalah takdir dari Yang Maha Kuasa, dan telah ditetapkan sejak sebelum ia lahir. Buatmu, tetap sabar dan tabah menjalani semua ini.
  • Turut berdukacita atas berpulangnya beliau pada Sang Khalik, semoga dia ditempatkan di barisan para pejuang agama Allah, diberi kemudahan, cahaya dan kelapangan kubur. Amin.
  • Ini memang pedih, kawan, aku tahu itu. Namun, kita juga jangan sampai lupa bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati. Untuk itu, ikhlaskan semuanya karena Allah, lalu lanjutkan perjalanan hidupmu.
  • Kawan, hentikan tangismu, sudahi sedihmu, tegakkan kepalamu. Yang lalu biarlah berlalu, ini sudah menjadi ketetapan Allah SWT, dan kita wajib mengimaninya. Cukup doakan selalu agar beliau mendapat tempat terbaik di sisi Rabb-Nya.
  • Aku mengenalmu sebagai pribadi yang Sholeh dan kuat dalam menghadapi segala masalah hidup. Meski kali ini terasa begitu pedih, namun aku yakin kau bisa melewatinya dengan tegar. Aku turut berdukacita dengan kepergian orang tercintamu. Sabar.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berdukacita atas wafatnya ayahandamu, kawan. Jadilah pemuda yang tegar lagi kuat, perjalanan hidup masih panjang, hentikan air matamu, bangkitlah, dan beri yang terbaik buat beliau. Allah akan mendengar segala do’a-do’amu.
  • Kami atas nama keluarga besar (………….) mengucapkan terut berduka cita dengan cobaan yang menimpa keluarga (……….) kami berharap Allah SWT tetap memberikan samudera kesabaran dan ketabahan. tetap bersemayam dalam hati keluarga yang ditinggalkan.
  • Inna lillahi wainna ilaihi roji’un… Saya beserta keluarga mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya (………..). Semoga semua amal ibadahnya di terima di sisi-Nya dan semoga seluruh keluarga yang di tinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas semua cobaan yang menimpa sekarang ini.
  • Inna lillahi wainna ilaihi roji’un… Segala sesuatu yang memiliki nyawa telah Allah pastikan batas waktunya, maka bersabar atas sebuah kejadian yang melandamu ini adalah sebuah keputusan yang paling baik. Percayalah Allah pasti memberikan sebuah hikmah atas semua kejadian yang melandamu.
  • Inna lillahi wainna ilaihi roji’un… Turut berbelasungkawa atas tiadanya saudara (………….) semoga seluruh keluarga yang tinggalkan diberi kesabaran serta ketabahan. Janganlah bersedih berkelanjutan, percayalah Allah pasti akan mempertemukan kembali denganya.
  • Inna lillahi wainna ilaihi roji’un… Tidak ku sangka datang serta pergimu begitu sangat cepat. Selamat jalan wahai saudaraku. Aku selalu berdoa semoga semua amal kebaikanmu di dunia di terima oleh Allah SWT, dan semoga engkau di pilihkan tempat yang paling indah serta menyenangkan olehnya, yaitu surga-Nya. Aamiiin.

Baca Juga:

Ucapan Berduka Cita Kristen

Tidak hanya dalam agama Islam, pemeluk agama Kristen pun punya cara tersendiri untuk mengungkapkan kata-kata belasungkawa kepada kerabat terdekatnya seperti contoh di bawah ini.

  • Kami segenap keluarga besar (…………..) Mengucapkan turut berduka cita atas kepergianya Saudara, ibu atau bapak (……….) Semoga tuhan memberikan jalan yang terbaik untuk menuju surganya.
  • Tuhan tahu mana manusia yang berperilaku baik dan buruk. Kembalinya saudara (……….) di tangan Tuhan karena dia adalah seorang yang baik. Semoga almarhum tenang di sisi-Nya.
  • Terkadang Tuhan menyapa makhluknya dengan banyak cara, salah satu cara menyapanya adalah dengan sebuah kematian yang mengantarkan roh makhluknya menuju ke sisi-Nya. Tapi percayalah di panggilnya saudara kita ini bukanlah sebuah hal yang buruk, melainkan sebuah hal yang sangat membahagiakan. Kita doakan semoga Tuhan selalu melumpahkan surga atasnya.
  • Kita sering mempunyai banyak rencana, namun Tuhan juga punya sebuah rencana dan rencana Tuhan pasti lebih baik daripada apa yang kita rencanakan.
  • Kami atas nama (…………..) sekeluarga mengucapkan belasungkawa yang terdalam atas kepulangan (…………….) kami berharap tuhan selalu menyediakan tempat terbaik atasnya di sisi-Nya.
  • Kehilangan merupakan hal yang sangat menyakitkan, namun lebih sakit ketika sebuah keikhlasan tidak menyertainya. Biarkan saudara kita tenang bersama-Nya di atas sana, kami yakin Tuhan selalu mengulurkan tangan untuk hambanya yang baik seperti saudara kita ini.
  • Ya Tuhan, tabahkanlah saduara kami yang sedang dilanda musibah kehilangan. Semua makhluk di dunia pasti akan menemui sang penciptanya. Semoga engkau menerima arwah saudara kami dengan tangan-Mu yang terbuka lebar menyambutnya..
  • Kami keluarga besar (…………) turut berduka cita atas kepergian (……..)

Demikian beberapa ucapan berduka cita untuk orang yang sudah meninggal yang bisa kamu kirim ke kerabat atau teman terdekat. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca Juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download