Pinhome

Tips Properti

Hal Yang Wajib Dilakukan Jika Menggunakan Lantai Kayu di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah berlantai kayu punya kelebihan dibandingkan dengan yang menggunakan lantai keramik. Salah satunya adalah dari segi estetika atau keindahan. Dengan menggunakan lantai kayu maka rumah berkesan lebih mewah.

rumah lantai kayu
rumah lantai kayu

Tetapi dari segi perawatan, lantai kayu sedikit lebih rumit ketimbang yang menggunakan lantai keramik. Ini karena, dari segi material bahan kayu memang punya usia pakai sekaligus perlakuan yang harus diperhatikan oleh pemilik rumah bila ingin menggunakan bahan ini. Artikel kali ini, khusus membahas hal apa saja yang wajib dilakukan bila menggunakan rumah berlantai kayu.

Alas Kaki Perlu Diganti Dengan Sandal Khusus Di Dalam Rumah, Perhatikan Peralatan Pembersih Yang Dipergunakan

Dengan menggunakan lantai kayu pemilik rumah harus memperhatikan berbagai hal. Ini penting agar nuansa mewah dari lantai kayu yang terpasang tetap terjaga dalam waktu yang lama. Berikut ini adalah rangkuman hal yang mesti diperhatikan, sebagai usaha perawatan rumah berlantai kayu.

1. Gunakan Alas Kaki Khusus Di Dalam Rumah

Lantai kayu rentan goresan. Terlebih untuk jenis dengan polish yang berkilauan, ada baiknya untuk memperhatikan alas kaki yang memang khusus dipakai di dalam rumah. Sandal selop seperti yang disediakan hotel, dengan bagian bawah terbuat dari bahan yang lembut dapat mengurangi efek goresan pada permukaan lantai. Sementara bila akan menggunakan sepatu, ada baiknya di luar, atau setidaknya di bagian garasi. Demikian pula, sebaiknya melepas alas kaki di luar area yang berlantai kayu.

2. Hindarkan Dari Kejatuhan Benda-Benda Berat

Konstruksi dasar lantai kayu biasa menggunakan penopang seperti yang sama untuk pemasangan eternit di bagian langit-langit rumah. Proses pemasangan juga biasa menggunakan paku khusus untuk lantai kayu. Konstruksi semacam ini perlu untuk mendapat perhatian, sebab berbeda dengan lantai keramik yang memakai semen untuk menempelkan keramik. Kekuatan lantai kayu jelas berbeda dengan lantai yang menggunakan keramik, hindarkan dari kejatuhan benda-benda berat, sebab dapat merusak lantai dengan mudah.

3. Perlu Perawatan Dengan Peralatan Pembesih Khusus

Bila menggunakan lantai keramik, maka proses pembersihan cukup dengan kain bekas atau kain pel yang mudah ditemukan di pasaran. Dibersihkan dengan air serta cairan pembersih dan pengharum lantai juga tak menjadi masalah. Berbeda dengan lantai kayu, perlu peralatan khusus sebab bagian yang terplitur akan sangat mudah menjadi kusam bila langsung bersentuhan dengan peralatan pembersih yang biasa dipakai untuk lantai keramik. Terlebih kayu juga tidak terlalu tahan terhadap kelembaban membersihkan dengan kain pel basah akan menurunkan kekuatan dan mengurangi masa pakai dari lantai kayu yang sudah terpasang, akibatnya perawatan dengan pengantian bilah kayu yang terpasang, terpaksa haru dijalankan.

Keindahan dan kemewahan rumah berlantai kayu sebanding pula dengan perawatan yang harus dijalankan. Ketelatenan dalam melakukan perawatan sebagai pemilik harus didahulukan. Sebab ini berhubungan dengan keindahan serta masa pakai dari lantai kayu yang dipasanga. Semoga memberikan manfaat. Salam

Tags :

Bagikan Artikel