BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti8 Tips Sewa Apartemen di Jakarta Agar Tetap Hemat
0
0

8 Tips Sewa Apartemen di Jakarta Agar Tetap Hemat

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 19, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Sewa Apartementop-right-banner

Memilih untuk menyewa apartemen ketimbang kontrak atau beli rumah merupakan keputusan yang besar. Pasalnya, hal ini sangat berkaitan dengan kondisi finansial dan kebutuhan akan hunian yang nyaman. Ada beberapa tips sewa apartemen agar kantong tidak terkuras. 

Banyak yang beranggapan bahwa menyewa apartemen jauh lebih boros ketimbang sewa rumah. Hal ini masuk akal, mengingat saat sewa apartemen, kamu juga harus membayar biaya di luar uang sewa, seperti Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL).

Sementara kamu yang ingin punya rumah di BSD bisa memilih untuk tinggal di Golden Flower, The Zora, atau Green Serpong Bintaro. Di Pinhome, kamu juga bisa pasang iklan properti gratis jika ingin menjual rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: 8 Inspirasi Apartemen Minimalis Beserta Keunggulan dan Penataannya

Kelebihan Sewa Apartemen

Tips Sewa Apartemen
Source : Pixabay

Tentu saja sewa apartemen memiliki beberapa kelebihan yang tidak didapat ketika menyewa rumah kontrakan. Berikut adalah beberapa kelebihan menyewa apartemen yang perlu kamu ketahui. 

1. Fleksibilitas dan Mobilitas Tinggi

Salah satu kelebihan sewa apartemen adalah fleksibilitasnya. Kamu tidak terikat untuk jangka waktu yang lama seperti ketika menyewa atau membeli rumah. Ini sangat cocok bagi kamu yang mungkin harus pindah atau berpindah-pindah karena pekerjaan atau kebutuhan lain.

2. Biaya Awal Lebih Rendah

Dibandingkan dengan membeli rumah, biaya awal untuk menyewa apartemen jauh lebih rendah. Kamu tidak perlu membayar uang muka besar atau mengurus hipotek lainnya. Ini memudahkan dalam mendapat hunian yang nyaman tanpa harus mengalami beban finansial yang berat.

3. Fasilitas dan Layanan Tambahan

5. Lokasi Strategis 
Source : Pixabay

Banyak apartemen modern menawarkan fasilitas tambahan seperti pusat kebugaran, kolam renang, keamanan 24 jam, taman, ruang komunal, dan lain-lain. 

Beberapa bahkan menawarkan layanan tambahan seperti layanan kebersihan, layanan laundry, dan akses internet cepat. Semua ini meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup.

4. Pemeliharaan Lebih Mudah

Biasanya, pemeliharaan dan perawatan apartemen menjadi tanggung jawab pemilik atau pengelola properti. Kamu tidak perlu khawatir tentang perbaikan rutin atau biaya tambahan yang terkait dengan perbaikan, memudahkan dan menghemat waktu serta energi.

5. Lokasi Strategis 

Banyak apartemen terletak di lokasi yang strategis, terutama di pusat kota atau area yang ramai. Ini memberi akses mudah ke tempat kerja, transportasi umum, pusat perbelanjaan, restoran, dan tempat hiburan. Tak heran jika apartemen menjadikan pilihan menarik bagi orang yang menginginkan aksesibilitas yang baik.

Baca juga: Tips Desain Interior Apartemen Sempit

Tips Sewa Apartemen di Jakarta

Tips Sewa Apartemen
Source : Pixabay

Menyewa apartemen adalah langkah besar yang mempengaruhi stabilitas finansial. Dalam usaha untuk tetap hemat, kamu harus mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk lokasi, biaya sewa, dan pengelolaan keuangan yang baik. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk tetap hemat ketika menyewa apartemen.

1. Rencanakan Anggaran dengan Baik

Langkah pertama yang krusial adalah merencanakan finansial dan anggaran dengan matang. Tentukan berapa persen dari penghasilan bulanan yang akan kamu alokasikan untuk sewa apartemen. 

Tetapkan batasan jelas dan pertimbangkan juga pengeluaran lain seperti utilitas, makanan, transportasi, dan kebutuhan harian lainnya. Memahami anggaran akan membantu kamu mencari apartemen yang sesuai dengan kemampuan finansial.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips Sewa Apartemen
Source : Pixabay

Lokasi apartemen memainkan peran penting dalam penentuan biaya sewa. Pilih lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau sarana transportasi umum, sehingga mengurangi biaya transportasi harian. 

Namun biasanya biaya sewa apartemen di pusat kota lebih mahal. Untuk itu, kamu juga bisa memilih apartemen di daerah sekitar yang lebih terjangkau, tapi dekat dengan sarana transportasi yang memudahkan mobilitas. 

3. Lakukan Perbandingan Harga

Kamu perlu melakukan riset terkait harga sewa dan fasilitas yang ditawarkan di berbagai apartemen. Pertimbangkan ukuran unit, fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan keamanan. 

Evaluasi dengan cermat apa yang kamu butuhkan dan pertimbangkan apakah kamu benar-benar akan memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut sebelum membuat keputusan.

4. Manfaatkan Promo dan Diskon

Biasanya, apartemen menawarkan promosi atau diskon khusus, terutama untuk penyewa baru. Beberapa juga memberikan diskon untuk kontrak jangka panjang atau musim tertentu. 

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan harga lebih baik. Selain itu, awasi juga penawaran spesial yang mungkin muncul sesekali.

Baca juga: 10 Desain Apartemen Studio Type 21

5. Tentukan Jangka Waktu Sewa

Tips Sewa Apartemen
Source : Pixabay

Jika kamu berencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama, pertimbangkan kontrak jangka panjang. Biasanya, sewa jangka panjang memiliki harga lebih rendah dibandingkan dengan sewa bulanan atau harian. 

Sebaliknya, jika kamu tidak yakin berapa lama akan tinggal, kontrak jangka pendek memberikan fleksibilitas tanpa keterikatan yang lama.

6. Pertimbangkan Biaya Tambahan

Sebelum menandatangani kontrak, pastikan kamu memahami semua biaya tambahan yang mungkin harus ditanggung, seperti biaya pemeliharaan, keamanan, atau parkir. Hindari biaya yang tidak perlu dan pastikan semuanya sudah termasuk dalam perhitungan biaya sewa bulanan.

7. Periksa Kondisi Apartemen

Sebelum menyewa apartemen, pastikan untuk melakukan inspeksi menyeluruh terhadap kondisinya. Periksa semua peralatan, instalasi listrik, dan air. 

Catat semua kerusakan atau keausan yang ada. Hal ini akan membantu kamu dalam menghindari biaya perbaikan atau pemeliharaan yang tidak terduga selama masa tinggal.

8. Ajukan Negosiasi

Terakhir, jangan ragu untuk berbicara dengan pemilik atau pengelola apartemen. Kadang-kadang, mereka bersedia bernegosiasi mengenai harga sewa atau fasilitas tambahan. Bicarakan kebutuhan dan harapan kamu dengan jelas dan cari solusi yang saling menguntungkan.

Demikian beberapa tips sewa apartemen di Jakarta agar tetap hemat. Dengan tips tersebut, kamu bisa menjaga stabilitas keuangan sekaligus mendapat hunian yang nyaman. 

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download