BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti10 Perbedaan Komplek dan Perumahan yang Perlu Dipahami
0
0

10 Perbedaan Komplek dan Perumahan yang Perlu Dipahami

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mei 7, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
perbedaan komplek dan perumahantop-right-banner

Pemilihan tempat tinggal merupakan keputusan penting dalam hidup seseorang. Dalam mencari tempat tinggal, banyak orang dibebankan dengan pilihan antara tinggal dengan perbedaan komplek dan perumahan. Meskipun keduanya menawarkan tempat tinggal yang nyaman, namun terdapat perbedaan signifikan antara komplek dan perumahan. Ulasan ini akan membahas lima perbedaan utama antara komplek dan perumahan yang perlu dipahami sebelum membuat keputusan.

Kamu dapat menemukan rumah idaman kamu yang ideal dan nyaman untuk ditempati di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat menggunakan layanan Program KPR Bank untuk menempati rumah barumu dengan kemudahan dalam membayar lunas rumah ke depannya!

Baca juga: 8 Perbedaan Ubin dan Keramik yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan Komplek dan Perumahan

Source : iStock

Berikut adalah ulasan mengenai berbagai perbedaan komplek dan perumahan yang ada pada karakteristik beda komplek dan perumahan. Yuk, simak ulasan berikut ini Pins:

1. Jenis Kepemilikan

Source : iStock

Umumnya perbedaan komplek dan perumahan, perumahan memiliki kepemilikan individual atas rumah dan tanahnya. Setiap pemilik rumah memiliki hak penuh atas propertinya dan biasanya dapat mengubah atau memodifikasi rumah sesuai keinginannya.

Komplek seringkali memiliki kepemilikan bersama atau terpusat. Pemilik rumah di komplek umumnya memiliki hak atas rumahnya sendiri, tetapi beberapa fasilitas perumahan atau area umum dapat dimiliki bersama oleh semua penghuni komplek.

Baca juga: Perbedaan Lantai Vinyl dan Parket untuk Pertimbangan

2. Fasilitas dan Layanan

Fasilitas dan layanan yang ada dalam suatu perbedaan komplek dan rumahan dapat sangat bervariasi tergantung pada kebijakan pengembang dan keinginan komunitas. Beberapa perumahan menawarkan fasilitas rekreasi seperti taman, kolam renang, lapangan olahraga, atau klub sosial. 

Keberadaan fasilitas bersama dapat menciptakan ikatan sosial antar-penghuni dan meningkatkan kualitas hidup dalam lingkungan perumahan. Di sisi lain, kompleks perumahan sering menyediakan fasilitas bersama yang dapat dinikmati oleh semua penghuni.

Ini termasuk taman bermain untuk anak-anak, ruang olahraga, dan fasilitas kebugaran bersama. Ketersediaan fasilitas ini dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan seseorang untuk memilih tinggal di suatu perumahan tertentu.

3. Ukuran dan Desain Bangunan

Source : Unsplash

Dalam perbedaan komplek dan perumahan ukuran dan desain bangunan, perumahan menawarkan beragam pilihan kepada pemilik rumah. Pemilik rumah dengan kepemilikan individual memiliki kebebasan untuk memilih ukuran dan desain rumah sesuai dengan kebutuhan dan selera pribadi. Ini dapat mencakup rumah dengan berbagai tipe.

Di sisi lain perbedaan komplek dan perumahan, bangunan rumah di kompleks perumahan sering memiliki desain yang lebih seragam. Pengembang menerapkan standar tertentu untuk menciptakan konsistensi visual dalam kompleks. Meskipun demikian, ini dapat memberikan tampilan keseluruhan yang kohesif dan estetika yang seragam pada seluruh kompleks perumahan.

Baca juga: 7 Fungsi Lantai untuk Sebuah Bangunan atau Rumah

4. Harga dan Biaya Tinggal

Harga perumahan merupakan faktor kunci yang memengaruhi keputusan pembeli. Variabilitas harga ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk lokasi, ukuran, dan fasilitas yang ditawarkan oleh properti tersebut. 

Dalam perbedaan komplek dan perumahan dengan kepemilikan individual, pembeli memiliki lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan rumah sesuai dengan anggaran Pins. Mereka dapat memilih antara berbagai tipe rumah, ukuran tanah, dan fitur tambahan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Pins.

Seiring dengan itu, kompleks perumahan seringkali menetapkan biaya asosiasi yang harus dibayarkan oleh penghuni. Biaya ini digunakan untuk pemeliharaan fasilitas bersama, keamanan, dan pengelolaan lingkungan kompleks. 

Pemilik rumah di kompleks perlu mempertimbangkan biaya asosiasi ini dalam anggaran tinggal Pins. Meskipun biaya ini dapat memberikan akses kepada fasilitas dan layanan bersama, pemahaman yang jelas tentang besaran biaya dan manfaat yang diperoleh menjadi penting bagi penghuni.

5. Privasi dan Keamanan

Source : iStock

Privasi dan keamanan rumah adalah aspek penting dalam pengalaman tinggal di suatu perbedaan komplek dan perumahan. Dalam perumahan dengan kepemilikan individual, tingkat privasi biasanya lebih tinggi karena pemilik rumah memiliki kontrol penuh terhadap akses ke propertinya. 

Di sisi lain, kompleks perumahan, meskipun biasanya menawarkan keamanan tambahan seperti pengawasan keamanan dan sistem keamanan. Memiliki tingkat privasi yang sedikit lebih rendah. 

Ini disebabkan oleh sifat fasilitas bersama dan kepemilikan terpusat, di mana beberapa area dapat diakses oleh semua penghuni. Meskipun demikian, upaya pengelola kompleks untuk menjaga keamanan dan keteraturan umumnya memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan yang aman bagi semua penghuni.

Dalam memilih antara tinggal di komplek atau perumahan, penting untuk mempertimbangkan preferensi pribadi, kebutuhan, dan anggaran. Keputusan ini akan berdampak pada gaya hidup dan kenyamanan Pins dalam jangka panjang. 

Baca juga: 7 Jenis Sarana Air Bersih di Komplek Perumahan

6. Lokasi Dibangunnya Hunian

Perbedaan komplek dan perumahan yang keenam adalah letak lokasi dibangunnya hunian tersebut. Biasanya komplek perumahan biasa dibangun di kawasan pinggiran kota atau di tengah perkampungan. Lalu ada juga perumahan di tengah kota yang dibuat sebagai townhouse.

Sedangkan, cluster biasanya memiliki lahan sendiri yang di dalamnya sudah dihuni ratusan kepala keluarga. Area pembangunannya di sekitar stasiun hingga pintu tol. Kemudian, ada juga perumahan yang berada di wilayah sub urban yaitu residence.

7. Jumlah Hunian yang Dibangun

Source : iStock

Perbedaan komplek dan perumahan selanjutnya adalah dilihat dari jumlah hunian yang dibangun. Bisa dibilang cluster dan komplek memiliki jumlah hunian yang sama. Namun, untuk perumahan dibagi lagi pembangunannya berdasarkan tipe dan nama clusternya.

Cluster biasanya diisi 100 hingga 300 rumah, sedangkan townhouse paling banyak 50 rumah.

Baca juga: Pahami Perbedaan Biaya IPL Perumahan Sebelum Pilih Hunian

8. Ikatan dengan Tetangga

Perbedaan komplek dan perumahan dari sisi ikatan lingkungan sosialnya. Komplek menjadi kawasan yang memiliki solidaritas tinggi, karena masih melakukan kegiatan gotong royong bersama dan kegiatan lain yang mengharuskan keterlibatan penghuninya.

Sedangkan, perumahan cluster atau townhouse sistemnya dikelola oleh pengembang dan kebanyakan penghuninya bersifat individual.

9. Perbedaan Makna

Source : Unsplash

Perbedaan komplek dan perumahan dari sisi maknanya. “Komplek” berasal dari kata “kompleks” yang memiliki arti himpunan kesatuan ataupun kelompok. Maknanya sama dengan arti dari “perumahan” yaitu “kumpulan beberapa buah rumah”.

Itulah yang menyebabkan kita menyebutkan istilah “komplek perumahan” untuk menyebut kawasan pemukiman. Sebenarnya dari kacama properti, komplek itu adalah kumpulan rumah dengan tipe hunian beragam yang memiliki fasilitas minim.

Makna tersebut lebih cocok dengan pemukiman masyarakat yang pembangunannya tidak dari developer.

Baca juga: Fungsi, Aturan, dan Ide dalam Membuat Portal Perumahan

10. Adanya Pagar Rumah

Perbedaan komplek dan perumahan yang terakhir adalah penggunaan pagar rumah. Perumahan tidak memiliki pagar pembatas rumah, namun tetap didukung keamanannya dengan fasilitas security dan pos jaga.

Sedangkan komplek memiliki pagar rumah yang dibuat untuk mengelilingi dan menjaga keamanan rumah. Namun di komplek juga biasanya terdapat security tambahan untuk meningkatkan keamanan

Dengan memahami perbedaan utama antara komplek dan perumahan, Pins dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan sesuai dengan kebutuhan Pins. Semoga dengan ulasan ini Pins mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat.

Baca juga:

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download