Sewa Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Baik?

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ January 20, 2023 ∙ 5 menit membaca

Memiliki tempat tinggal sendiri, baik rumah maupun apartemen, adalah impian banyak orang. Sayangnya, harga unit rumah dan apartemen tentu tidak murah sehingga tidak semua orang bisa membelinya. Alhasil, tidak sedikit orang yang cenderung memilih untuk sewa rumah atau apartemen sebagai tempat tinggal.

Di sisi lain, menyewa rumah atau apartemen sebenarnya tidak mudah, terutama ketika tinggal di kota besar. Itu sebabnya, banyak orang yang ragu untuk memilih properti mana yang cocok disewa sebagai tempat tinggal. Guna memudahkan Pins dalam memilih, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menyewa rumah atau apartemen.

Pertimbangan Sewa Rumah atau Apartemen

Salah satu hal yang perlu Pins lakukan sebelum memutuskan untuk sewa rumah atau apartemen adalah membandingkan keduanya. Cobalah bandingkan antara rumah dan apartemen dari segi harga, lokasi, luas, hingga lingkungan sekitar. Ini mungkin bisa memudahkan Pins memilih mana yang tepat sesuai dengan kebutuhan!

Jumlah Orang

sewa rumah atau apartemen

Pada saat memilih hendak menyewa antara rumah atau apartemen ternyata harus melihat dulu berapa jumlah orang yang akan menempati. Bila lebih dari 2-3 orang, ada baiknya Pins menyewa rumah. Pasalnya, sebagian besar apartemen tidak punya area yang luas dan biasanya yang terbesar hanya ada 3 kamar.

Sementara itu, variasi rumah cukup beragam. Pins bisa memilih luas dan tipe rumah, mulai dari yang terdiri dari satu kamar hingga bertingkat untuk banyak orang. Jadi, pastikan lagi berapa jumlah orang yang akan ikut menyewa ketika memilih antara rumah atau apartemen, ya!

Baca juga: Beli Rumah Atau Apartemen, Mana yang Cocok Untuk Millenial?

Lokasi

Selain jumlah orang, Pins bisa mempertimbangkan rumah atau apartemen dengan melihat lokasi antara keduanya. Umumnya, banyak pembangunan apartemen dilakukan di daerah perkotaan atau perkantoran. Hal tersebut karena hunian tumbuh ini dianggap lebih ‘hemat’ tempat dibandingkan satu rumah.

Di sisi lain, tidak sedikit pemilik rumah di perkotaan yang menyewakan properti mereka. Hanya saja, jarak dari rumah ke tempat kerja atau sekolah Pins mungkin tidak sedekat apartemen. Itu sebabnya, tentukan area tempat tinggal yang diinginkan, apakah ingin di area perkotaan atau di daerah pinggiran.

Fasilitas

sewa rumah atau apartemen

Pada saat memilih antara apartemen atau rumah, selalu pertimbangkan fasilitas yang disediakan. Umumnya, fasilitas di apartemen tergolong lebih lengkap, seperti full furnish. Artinya, kamu tidak perlu lagi membawa perabotan besar.

Selain perabotan, apartemen biasanya menawarkan fasilitas kebugaran, seperti gym dan kolam renang untuk penghuni apartemen. Bahkan, tidak sedikit apartemen yang menyediakan minimarket atau foodcourt di kawasan apartemen. Alhasil, kamu tak perlu jauh-jauh saat berbelanja.

Meski begitu, bukan berarti fasilitas yang ditawarkan perumahan sangat minim. Beberapa perumahan mungkin menyediakan fasilitas yang mirip, tetapi Pins harus keluar rumah terlebih dulu atau menggunakan kendaraan.

Harga

Banyak orang yang mungkin mengira harga sewa bulanan apartemen lebih mahal dibandingkan harga sewa rumah. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak selalu benar. Meski mahal, fasilitas yang ditawarkan apartemen mungkin lebih baik dari rumah.

Bagi kamu yang kepentok budget dan ingin menabung untuk membeli rumah mungkin bisa menyewa rumah terlebih dulu. Pasalnya, harga sewa rumah secara tahunan lebih murah dibandingkan apartemen.

Walau Pins harus membayarkan sewa rumah seluruhnya di awal tahun sebelum sewa, harga sewa rumah menjadi lebih murah dibandingkan apartemen.

Baca juga: Investasi Rumah atau Apartemen? Cara Untung Lewat Bisnis Properti

Periode Sewa

sewa rumah atau apartemen

Periode sewa menjadi hal penting dipikirkan ketika memilih antara sewa rumah atau apartemen. Kamu perlu memikirkan rencana jangka panjang karena akan menentukan lamanya penyewaan sewa rumah atau apartemen.

Bila ingin periode sewa yang sebentar, kamu bisa memilih apartemen. Ini karena sebagian besar apartemen punya periode sewa yang lebih fleksibel, misalnya per 3 bulan. Jika di akhir periode sewa tidak merasa cocok, Pins bisa menghentikan kontrak dan mencari apartemen yang lebih cocok.

Sayangnya, hal ini tidak berlaku dalam periode sewa rumah. Normalnya, pemilik rumah menyewakan rumah mereka dalam periode 6 bulan sampai satu tahun. Ini akan ‘mengikat’ penyewa sehingga mungkin tidak cocok untuk kamu yang mudah tidak betah.

Lingkungan Tempat Tinggal

desain rumah ramah lingkungan

Lingkungan tempat tinggal memang jadi poin penting dari segi kenyamanan. Sebagai contoh, keamanan lingkungan akan sangat krusial di sebuah tempat tinggal. Pins tentu tidak akan merasa nyaman tinggal di tempat yang rawan pencuri, bukan?

Faktor selanjutnya adalah keramaian. Sejumlah orang memilih sewa apartemen karena lebih tenang, individualis, dan terjaga privasinya. Sementara itu, sewa rumah cenderung mengedepankan kerukunan warga dengan tetangga baru.

Ini tentu akan menyenangkan karena Pins bisa mendapatkan tetangga baru dan mengikuti kegiatan warga. Jika senang bersosialisasi dan menempati rumah dalam waktu lama, sewa rumah bisa jadi pilihan tepat.

Aktivitas saat Akhir Pekan

sewa rumah atau apartemen

Aktivitas saat akhir pekan ternyata jadi poin pertimbangan yang tidak kalah penting dari sewa rumah atau apartemen. Coba pikir-pikir lagi aktivitas apa yang akan kamu lakukan selama akhir pekan, apakah menyendiri baca buku di rumah atau mengajak teman-teman.

Jika ingin santai sendirian dengan tenang, Pins mungkin bisa menyewa apartemen karena ketenangannya tadi. Bila sering mengundang teman untuk datang, pikirkan lagi ketika hendak menyewa apartemen.

Biasanya aturan penghuni apartemen tidak boleh membuat kegaduhan. Ini tentu bisa membuat kamu ditegur oleh penghuni sebelah atau pihak keamanan apartemen, bukan?

Nah, itu tadi sederet hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilh sewa rumah atau apartemen. Ingat, pilih sewa properti sesuai kebutuhan dan pertimbangan di atas tadi, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Asera Nishi dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia