BlogPemilik PropertiFinansial6 Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi Agar Finansial Lebih Aman
0
0

6 Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi Agar Finansial Lebih Aman

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sebagai penduduk di kota besar, cara membuat rencana keuangan pribadi yang tepat sangatlah diperlukan. Bagaimana tidak? Jika melihat biaya hidup di kota besar yang serba tinggi, tentu tidak mudah untuk selalu mengikutinya setiap saat.

Belum lagi gaya hidup dan tekanan lingkungan yang sangat konsumtif, bukan rahasia lagi membutuhkan penyesuaian, mau tidak mau pengeluaran juga harus lebih ekstra.

Namun, jangan sampai terlena dan mengeluarkan terlalu banyak untuk hal yang tidak perlu.

Baca juga: Kenali 5 Jenis-Jenis Suku Bunga dalam Keuangan

6 Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi

Berikut kami rangkum cara membuat rencana keuangan pribadi yang tepat agar finansialmu tetap aman.

Hitung Jumlah Pendapatan

menghitung jumlah pendapatan
Source : Pexels

Pertama-tama, cara membuat rencana keuangan pribadi yang perlu Pins lakukan adalah menghitung jumlah pendapatan. Dalam hal ini, kamu perlu menyertakan gaji dan pemasukan tambahan jika ada.


Tujuannya adalah agar kamu dapat melakukan estimasi biaya saat sedang membaginya untuk berbagai pos pengeluaran.Lakukan setiap bulannya, hal ini akan membantumu untuk lebih mudah lagi dalam menentukan skala prioritas pendanaan.

Tentukan Skala Prioritas

menentukan skala prioritas
Source : Pexels

Sekarang saatnya untuk menentukan skala prioritas pengeluaran yang nantinya akan kamu bagi-bagi ke dalam pos masing-masing.

Dalam hal ini kamu harus realistis untuk tahu mana pengeluaran yang termasuk kebutuhan pokok dan sekedar memenuhi gaya hidup.

Perlu diingat, hal yang merupakan kebutuhan pokok harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan pengeluaran untuk .

Misalnya, belanja kebutuhan rumah, seperti uang makan, listrik dan tagihan wajib lainnya. Biaya inilah yang nantinya harus kamu penuhi terlebih dahulu dalam skala prioritas.

Buat Pos Pengeluaran Bulanan

membuat catatan rencana keuangan pribadi
Source : Pexels

Selanjutnya, Pins perlu untuk membuat pos pengeluaran. Catat pengeluaran apa saja yang biasa kamu lakukan setiap bulannya.

Di sini kamu dapat sekaligus menentukan pos-pos yang nantinya akan menjadi prioritas dan membaginya dengan keinginan yang tidak terlalu mendesak.

Untuk memulainya, kamu bisa membuat anggaran keuangan pribadi yang berisi daftar pengeluaran bulanan.

Gunakan format 50-30-20 agar lebih mudah dalam mengalokasikan dana.

Pada format ini, kamu akan mengalokasikan dana 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan atau gaya hidup dan 20% untuk tabungan atau investasi emas. Kamu juga bisa memulai investasi emas di KoinWorks.

Lewat investasi emas online ini kamu dapat memulainya dengan mudah dengan keamanan yang terjamin mulai dari nominal kecil, yaitu Rp1.000 saja. 

Dengan begitu keadaan finansialmu akan lebih aman dan mudah untuk meminimalisir pengeluaran berlebihan pada pos yang bukan prioritas.

Ketahui Apa Tujuan Keuanganmu

menentukan tujuan keuangan
Source : Unsplash

Jika sudah menghitung pemasukan dan juga menentukan pos pengeluaran serta skala prioritasnya, sekarang kamu bisa menentukan apa tujuan keuanganmu.

Coba lihat kembali, apakah kamu memiliki tujuan finansial dalam jangka waktu satu tahun kedepan? Atau mungkin dengan jangka waktu lebih panjang, misalnya lima tahun lagi akan melangsungkan pesta pernikahan.

Hal ini pastinya membutuhkan proses dan memerlukan pos keuangan sendiri untuk kamu alokasikan.

Cara membuat rencana keuangan pribadi ini akan memudahkanmu untuk lebih disiplin lagi saat melakukan penghematan dalam menggapai mimpi-mimpimu.

Dengan begitu, kamu tidak akan mengganggu pengeluaran pada pos prioritas, misalnya kebutuhan pokok.

Pertimbangkan Dana Darurat

mempertimbangkan dana darurat
Source : Pexels

Mempertimbangkan dana darurat merupakan salah satu cara membuat rencana keuangan pribadi yang bisa membantumu untuk mewujudkan keamanan finansial.

Mengapa sepenting itu? Dana darurat akan menjadi penyelamat saat ada kebutuhan yang mendesak. Terlebih biasanya hal tersebut terjadi disaat-saat genting dan tak terduga.

Untuk itu, agar kebutuhan mendesak tersebut dapat terpenuhi kamu perlu mempertimbangkan kesiapan dana darurat. Cara menyisihkannya, kamu bisa menyimpan dana ini di tabungan tersendiri yang memang ditujukan untuk saat tak terduga.

Namun, pastikan untuk berkomitmen agar tidak mengambilnya dengan tujuan selain itu. Hanya keluarkan dana tersebut pada saat tepat, ketika ada kebutuhan mendesak yang benar-benar jelas tujuannya.

Menyisihkan dana darurat juga akan mencegahmu mengambil dari pos kebutuhan pokok pada saat mendesak.

Coba untuk Berinvestasi

mencoba investasi
Source : Unsplash

Berinvestasi merupakan salah satu cara jitu untuk mengembangkan dana dan asetmu.  Selain itu, cara ini juga dapat membantumu agar lebih maksimal untuk menabung.

Namun, kamu perlu mengetahui apa saja instrumen investasi yang bisa kamu coba dan sesuai dengan risiko profilmu. Saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu coba untuk membantu menjaga keuanganmu. 

Salah satu investasi yang mudah dan minim risiko adalah mencoba robo advisor milik KoinWorks. Dengan bantuan robo advisor KoinWorks, kamu bisa berinvestasi dengan mudah karena terdapat teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat merekomendasikan detail investasi yang tepat untukmu.

Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan hingga 18% mulai dari pendanaan Rp 100.000 tanpa dipungut biaya administrasi. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Alfatih Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download