BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiIngin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!
0
0

Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 6, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
Lokasi tempat tinggal strategistop-right-banner

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangkan. Rumah seharusnya menjadi tempat paling nyaman untuk tinggal dan melepas lelah setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Lewat tips memilih lokasi tempat tinggal strategis ini akan membantu Pins menemukan properti terbaik.

Pinhome juga menyediakan informasi KPR rumah dengan lokasi strategis. Kamu dapat memperoleh data rumah second di Kab Mojokerto, hunian dekat SMAN 1 Klaten, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence.

Tips Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis

Mencari rumah yang dijual mungkin terasa mudah, apalagi dengan adanya internet yang memudahkan Pins untuk mencari rumah yang sedang dijual. Namun, tidak mudah untuk menemukan rumah yang cocok dengan budget dan keinginan.

Hal inilah yang membuat Pins membutuhkan waktu tidak sebentar untuk mendapatkan rumah yang cocok. Jika Pins sedang mencari rumah untuk tempat tinggal maka ada banyak hal yang harus diperhatikan agar nantinya tidak salah dalam memilih lokasi tempat tinggal seperti berikut:

1. Kemudahan Akses

Source : Pxhere

Salah satu keunggulan tinggal di rumah yang strategis adalah akses yang mudah dijangkau karena lokasi rumah dipilih sedemikian rupa agar bisa memudahkan Pins memenuhi kebutuhan dan aktivitas sehari-hari.

Sebelum memilih rumah, pastikan Pins telah mengetahui bagaimana akses menuju ke berbagai tempat yang harus Pins kunjungi. Tidak mungkin jika Pins bisa dekat ke semua tempat yang harus dikunjungi, seperti terminal, stasiun, rumah sakit dan lain sebagai.

Paling tidak Pins menemukan titik yang tepat sehingga jaraknya pun bisa dijangkau dengan mudah secara merata. Dengan begitu, Pins bisa memilih lokasi tempat tinggal dengan tepat.

Baca juga: Dapatkan Akses Eksklusif Pilih Unit Rumah dengan Pembelian Properti Melalui NUP!

2. Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas publik tak kalah penting untuk diperhatikan ketika Pins memilih lokasi untuk ditinggali. Apalagi jika Pins adalah orang yang sering memanfaatkan fasilitas umum dalam beraktivitas sehari-hari, seperti naik bus atau kereta api untuk pergi ke kantor, maka pilihlah rumah yang dekat halte dan stasiun.

Fasilitas publik berupa tempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga penting ketika memilih lokasi tempat tinggal. Misalnya saja, pasar, supermarket dan lain sebagainya.

Dalam sehari-hari, pasti Pins butuh makan sehingga rumah yang berada dekat dengan fasilitas publik ini akan memudahkan Pins. Untuk itu, lihatlah fasilitas publik yang tersedia dalam memilih lokasi.

3. Tidak Rawan Bencana

Source : Pxhere

Bencana alam memang tidak ada yang tahu kapan akan terjadi dan bagaimana kejadiannya. Meski begitu, sebenarnya Pins bisa mengantisipasi bencana tersebut dengan lebih memperhatikan alam dan lingkungan.

Salah satu cara yang bisa Pins lakukan sebagai bentuk antisipasi tersebut adalah memilih lokasi tempat tinggal yang tepat. Banjir dan tanah longsor merupakan kejadian tidak menyenangkan yang sering terjadi di perkotaan.

Jika Pins ingin terhindar dari bencana alam banjir, maka Pins bisa memilih rumah yang berlokasi jauh dari sungai dan memilih dataran tinggi. Banyak perumahan yang menawarkan rumah bebas banjir karena memilih lokasi tempat tinggal yang tepat.

4. Tingkat Keamanan

Memilih lokasi untuk rumah juga penting untuk memperhatikan tingkat keamanan di lingkungan sekitar. Sekarang ini tingkat kejahatan yang semakin besar sehingga Pins harus lebih berhati-hati agar tidak menjadi korban kejahatan, apalagi di rumah sendiri.

Sebaiknya Pins melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan di lingkungan rumah. Pilihlah rumah yang memiliki tingkat keamanan yang baik. Biasanya, perumahan menyediakan petugas satpam yang bertugas untuk mengawasi dan bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan sekitar.

Jadi, Pins tidak perlu khawatir ketika berada di rumah sendiri atau sedang meninggalkan rumah karena suatu acara. Tingkat keamanan ini penting untuk diperhatikan dalam memilih lokasi tempat tinggal.

Jangan sampai kejahatan berupa penculikan, perampokan atau pencurian terjadi di rumah atau lingkungan sekitar Pins. Meskipun sudah ada petugas satpam, ada baiknya jika Pins juga lebih waspada dan melindungi keluarga dari tindak kejahatan.

Baca juga: Tunai, Cash Keras, atau Cash Bertahap, Ini Pertimbangan Saat Beli Rumah

5. Pusat Bisnis

Source : Pexels

Membeli rumah bukan saja berguna sebagai hunian, tapi juga bisa digunakan sebagai investasi. Seperti yang Pins tahu jika bisnis properti adalah bisnis yang paling menguntungkan dan keuntungan yang didapatkan pun bisa bertambah setiap tahunnya.

Itulah mengapa penting bagi Pins untuk memilih lokasi tempat tinggal yang tepat. Rumah yang berada dekat dengan pusat bisnis, seperti mall, perusahaan, dan lain sebagainya bisa dipastikan jika nilai investasinya akan bertambah dan menguntungkan.

Lokasi seperti ini sangat cocok bagi Pins yang ingin menjadikan rumah sebagai instrumen investasi. Dengan begitu, pastikan Pins memilih lokasi tempat tinggal yang strategis.

Lokasi rumah yang strategis mungkin menguntungkan Pins dalam hal investasi dan kemudahan dalam menjangkau fasilitas publik, tapi Pins juga harus memperhatikan bagaimana lingkungan sosial di sekitar rumah.

6. Lingkungan Sosial

Sebagai makhluk sosial, Pins tentu akan membutuhkan bantuan tetangga di sekitar rumah apabila mengalami kesulitan atau masalah. Meskipun sudah memiliki rumah dan urusan masing-masing, tetap saja keberadaan tetangga dan lingkungan sosial sangat mempengaruhi kenyamanan Pins tinggal di rumah tersebut.

Oleh karena itu, Pins harus memperhatikan bagaimana lingkungan sosial saat memilih lokasi tempat tinggal yang strategis sehingga Pins akan merasa betah tinggal di rumah.

7. Harga Rumah

Source : Pxhere

Tips memilih lokasi tempat tinggal strategis selanjutnya adalah harga rumah. Lokasi rumah bukan hanya mempengaruhi kemudahan Pins melakukan aktivitas atau kenyamanan, tapi juga berpengaruh terhadap harga jual rumah tersebut.

Sebelum Pins memilih lokasi tempat tinggal, pastikan terlebih dahulu berapa budget yang Pins miliki untuk membeli rumah. Umumnya, semakin strategis lokasi rumah maka semakin mahal yang jualnya, begitu juga sebaliknya.

Meski begitu, Pins masih bisa mendapatkan harga miring, misalnya dengan membeli tanah yang luas atau membelinya dari orang yang sedang membutuhkan uang. Apapun itu, Pins harus mengetahui harga pasaran sebelum memilih lokasi tempat tinggal.

8. Jarak dengan Tempat Kerja

Memiliki rumah dengan jarak yang jauh dari tempat kerja pasti sangat merepotkan dan menyita banyak waktu. Jika Pins sudah bekerja dan ingin mempertahankan pekerjaan tersebut, maka Pins juga harus memperhatikan jarak antara rumah dengan tempat kerja sebelum akhirnya memilih lokasi tempat tinggal yang diinginkan.

Jika memang tidak bisa berdekatan, paling tidak jarak antara rumah dan kantor masih bisa dijangkau dengan mudah, misalnya dengan transportasi umum. Berbeda lagi jika Pins ingin keluar dan mencari pekerjaan di sekitar rumah atau Pins bekerja di rumah, maka akan lebih mudah memilih lokasi tempat tinggal.

Baca juga: Klaska Residence Apartemen Terjangkau Di Lokasi Strategis Dekat Central Business District Surabaya

9. Fasilitas Publik

Source : Pexels

Rasa nyaman dan cocok menjadi faktor yang tidak boleh diabaikan ketika memilih lokasi. Jika rumah berada dekat dengan kantor, fasilitas publik, bisnis dan bahkan harganya murah, tapi jika Pins tidak nyaman tinggal di lokasi tersebut maka akan percuma.

Apalagi jika Pins sedang mencari hunian. Jika rumah itu hanya untuk diri sendiri, maka Pins tidak akan kesulitan untuk memilih lokasi tempat tinggal yang diinginkan.

Tapi, jika Pins tinggal bersama keluarga, maka perhatikan juga bagaimana keinginan anggota keluarga, apakah mereka nyaman tinggal di rumah tersebut. Setelah itu, barulah Pins bisa melanjutkan transaksi.

Faktor di atas bisa menjadi tips memilih lokasi tempat tinggal strategis, baik untuk tempat tinggal atau untuk investasi . Pastikan Pins telah mencari informasi mengenai rumah yang menjadi incaran Pins. Dengan begitu, Pins dapat memilih lokasi tempat tinggal strategis yang tepat dan sesuai budget.

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download