BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiIni Dia 10 Tips Merencanakan Rumah Masa Depan
0
0

Ini Dia 10 Tips Merencanakan Rumah Masa Depan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 1, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Merencanakan rumah masa depan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Sebab, kita perlu membayangkan tentang hal-hal yang belum pernah ada, atau bahkan terpikirkan oleh siapapun. Itu sebabnya, di sini Pinhome akan membagikan tips merencanakan rumah masa depan agar kamu rumah impianmu bisa terwujud.

Jika membuat rumah sedari awal terbilang sulit kini ada banyak KPR rumah ditawarkan. Tersedia rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate atau rumah baru di Kabupaten Bekasi, misanya di sekitar Stasiun Tambun.

Tips Merencanakan Rumah Masa Depan

Namun sebelum memulai proses perencanaan, kamu perlu mempertimbangkan apakah kamu akan membangun rumah dari nol, atau membeli rumah yang sudah jadi atau siap huni. Nah, biar nggak makin bingung bagaimana membuat perencanaannya, yuk simak langsung beberapa tips merencanakan rumah masa depan berikut ini.

1. Tentukan Lokasi

Source : Arbtech

Baik dalam tips membeli rumah masa depan atau merencanakan sendiri rumah masa depan selalu memilih lokasi ideal. Lokasi yang ideal akan mampu meningkatkan harga hunian tersebut. Jarak ke tempat kerja atau fasilitas publik perlu diperhatikan sebelum membuat rumah sendiri.

Baca juga: 12 Ide Desain Rumah Timur Tengah Minimalis

2. Buatlah Daftar Kebutuhan

Source : Pexels

Langkah selanjutnya adalah menentukan kebutuhan jangka pendek hingga jangka panjang. Misalnya kebutuhan kamar yang nantinya dibuat atau toilet. Selain itu apakah kedepannya ingin menambah jumlah lantai atau tidak perlu diperhitungkan jauh-jauh hari. Tujuannya agar tidak mengeluarkan biaya pembangunan berlebihan.

3. Pilih Tipe Rumah yang Sesuai Budget

Source : Unsplash

Tips merencanakan rumah masa depan yang pertama adalah menentukan tipe rumah yang sesuai dengan budget atau anggaran yang sudah disiapkan. Kamu bisa memulainya dengan mengukur tanah, bangunan, serta desain rumah seperti apa dan kapan waktu yang tepat untuk mulai membangun.

Setelah itu, kamu harus tahu mengenai berbagai tipe rumah yang diinginkan. Tipe rumah biasanya tergantung dari luas tanah maupun luas bangunan. Nah, di sini kamu perlu menyesuaikan tipe rumah yang sesuai dengan budget kamu.

Ambil contoh, jika kamu ingin membeli tanah di pusat kota Jakarta, mungkin kamu akan menemukan harga jual tanah yang mencapai 2-3 juta rupiah per meternya. Namun jika kamu mencari di pinggiran kota Jakarta, kamu bisa menemukan harga jual tanah sekitar Rp200 ribuan per meter.

Kemudian, kamu bisa menentukan tipe rumah sesuai kebutuhanmu. Jika kamu tak mau punya rumah yang besar, kamu bisa memilih tipe 50/60 dengan luas bangunan 50 meter dan luas tanah 60 meter.

4. Melakukan Survei Harga Material Bangunan

Source : Solopos

Berikutnya adalah melakukan survei soal harga material atau bahan bangunan. Biasanya, setiap toko bahan bangunan akan menjual harga yang berbeda-beda. Di sinilah kesempatanmu untuk membandingkan mana toko yang menjual bahan bangunan dengan harga yang sesuai budget kamu.

Saat melakukan survei, jangan lupa untuk mencatat perbandingan harganya, ya. Kamu juga harus mencatat dimana saja toko yang akan kamu pilih untuk membeli material bangunan seperti cat, keramik, semen dan sebagainya.

5. Tentukan Bahan Material yang Terjangkau Namun Berkualitas

Source : Detik finance

Perlu diingat ya, bahwa yang namanya ‘berkualitas’ itu nggak selalu mahal. Sebab, banyak produk yang dibanderol harga tinggi, namun kualitasnya rendah. Hal ini juga berlaku saat kamu memilih material bangunan. Kamu bisa menggunakan bahan bangunan buatan lokal dengan kualitas yang setara dengan material impor.

Intinya, menentukan bahan bangunan yang berkualitas harus dipertimbangkan sematang mungkin. Jika kamu merasa bahwa kualitas impor lebih baik, tidak ada salahnya kok untuk membelinya. Asalkan harganya masih masuk dengan budget yang kamu punya, ya.

6. Merancang Desain Rumah yang Diimpikan

Source : Freepik

Setelah selesai menentukan bahan material bangunan apa yang diinginkan, selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan soal desain rumah impianmu. Mulai dari tatak letak ruangannya, hingga segala furnitur atau properti di dalamnya.

Namun jika boleh memberi saran, akan lebih baik jika kamu menggunakan desain rumah minimalis. Sebab, selain desain rumah minimalis tengah menjadi tren saat ini, ada banyak manfaat dari memiliki rumah desain minimalis yaitu:

  • Mengurangi biaya bahan bangunan karena Pins tak memerlukan banyak ruangan. 
  • Akan banyak ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu bisa sekaligus dijadikan ruang keluarga, atau ruang makan bisa dijadikan satu dengan dapur.
  • Tidak memerlukan jasa arsitek untuk mendesain rumah. Sebab, kamu bisa melihat banyak sekali referensi desain rumah minimalis di internet yang bisa jadi referensi.
  • Tidak perlu membeli lebih banyak properti atau perabotan untuk mengisi ruangan.

Dengan konsep rumah yang minimalis, maka kamu tidak perlu membeli properti rumah yang tidak kamu butuhkan. Daripada untuk membeli barang-barang tidak bermanfaat, lebih baik sisa uangnya dialokasikan untuk berinvestasi.

7. Pilih Musim yang Tepat

Source : Wikipedia

Jika desain sudah ditentukan selanjutnya pilih musim yang tepat. Membangun rumah ketika musim hujan mempunyai resiko cukup tinggi sebab membuat area kerja licin. Selain itu pemasangan material akan terganggu karena tidak lekas mengering. Sebaiknya bangun rumah ketika musim kemarau datang agar hasil lebih bagus.

8. Menentukan Tukang atau Kontraktor

Source : Wira Griya

Tips merencanakan rumah masa depan yang terakhir ialah memikirkan soal jasa tukang yang akan kamu gunakan untuk membangun rumah. Ada begitu banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan, seperti siapa yang akan mengerjakan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengerjakan.

Maka itu, penting untuk memilih kontraktor atau tukang bangunan yang bisa dipercaya. Kamu bisa mencari informasi ini melalui orang terdekat seperti keluarga atau rekan kerja. Selain itu, perhatikan pula pengalaman mereka, apakah reputasi kerjanya baik atau tidak.

Ada dua sistem kerja tukang bangunan yang bisa kamu pilih, yaitu harian dan borongan. Namun jika kamu mau menghemat lebih banyak biaya, kamu bisa menggunakan sistem borongan saja. Sebab, jika memakai jasa tukang harian, kamu harus mengawasi pekerjaan mereka setiap waktu. Bila beberapa hari ke depan pekerjaannya ada yang tidak beres, maka kamu berhak untuk memberhentikannya saat itu juga.

Lain halnya jika menggunakan tukang dengan sistem borongan, kamu tak perlu repot mengawasi mereka setiap hari. Biasanya akan diwakilkan oleh mandor yang bekerja di atas mereka. Namun, pastikan pula kamu merekrut orang yang bisa kamu percayai supaya pembangunan bisa berjalan lancar hingga selesai.

Bila dilihat dari segi biaya, tentunya sistem borongan akan lebih ideal untuk menekan pengeluaran kamu. Akan tetapi sistem borongan biasanya akan dibayar langsung sekaligus (tidak per hari). Jadi mereka seringkali bekerja dengan terburu-buru hingga sulit untuk memperhatikan kualitas bangunannya.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan tukang dengan sistem harian, kamu akan mengeluarkan lebih banyak biaya karena mereka akan sangat memperhatikan kualitas bangunan, bukan waktu pengerjaan. Tak heran jika banyak dari mereka yang kemudian curang dan mengulur-ulur waktu pekerjaannya supaya bisa memperoleh lebih banyak uang.

9. Urus Perizinan

Source : Tipe Rumah

Urus legalitas hunian agar proses membangun rumah semakin lancar. Misalnya surat izin mendirikan bangunan agar tidak bermasalah ketika mulai membangun hunian. Lakukan lewat cara yang resmi agar tidak merugi dan terhindar dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

10. Bangun Secara Bertahap

Source : Kompas

Bangun rumah secara bertahap jika tidak memiliki dana yang cukup. Konsep ini diambil bagi mereka yang baru memiliki dana kecil untuk membangun rumah.

Nah, itu dia Pins beberapa tips merencanakan rumah masa depan yang patut kamu pertimbangkan. Semoga artikel ini bisa membantu dan kamu bisa mewujudkan hunian impian kamu ya!

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi rumah dijual di Pekanbaru dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. 

  
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download