BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips dan Kosep Desain Rumah Masa Depan
0
0

5 Tips dan Kosep Desain Rumah Masa Depan

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 27, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah masa depantop-right-banner

Artikel Ini tentang desain rumah digital untuk konsep rumah masa depan. Jika dibandingkan dengan jaman dahulu, desain rumah sekarang jauh lebih mudah. Bagaimana tidak? Saat ini, ada banyak jasa arsitek yang bisa membantumu dalam segala urusan desain rumah. Selain itu, ada juga hypermarket penyedia bahan material yang selalu menyediakan harga diskon.

Adanya software handal untuk membuat desain rumah, juga bisa membantumu melihat secara jelas gambaran rumah impian yang kamu inginkan, tanpa harus menunggu desain rumah selesai di bangun.

Memang perkembangan zaman yang begitu signifikan membuat segalanya lebih mudah. Kesulitan demi kesulitan mampu diatasi dengan baik seiring dengan kecanggihan teknologi yang akan terus berkembang. Kemajuan tersebut sangat membantu keberadaan profesi desain rumah untuk semakin maju.

Baca Juga: Cara Memilih dan Pilihan Cat Rumah Minimalis Terbaru Paling Terkeren

Konsep Rumah Masa Depan

Berbicara tentang rumah idaman masa depan, pikiran kita langsung melayang pada lahan kosong dengan pepohonan kamboja yang berdiri tegak di samping nisan. Hey! Ini bukan berbicara tentang tanah kuburan, ini tentang desain rumah masa depan.

Rumah masa depan mengandalkan kecanggihan alat untuk mendesain rumah secara apik dan yang tak mungkin bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan peralatan pertukangan yang sederhana.

Era ini disebut pula dengan era digital dimana bangunan yang ada pun mengandalkan konsep digital. Tak heran, bangunan tersebut juga dinamakan desain rumah digital masa depan.

Desain rumah digital ini diprediksikan akan menjadi trend yang melegenda sekitar 10 tahun mendatang. Oleh sebab itu, bagi pecinta desain arsitektur, akan lebih efektif jika mengetahui lebih dalam trend desain rumah masa depan.

Salah satu contoh rumah impian masa depan yang memiliki ciri khas adalah Vasa Jagakarsa. Rumah eksklusif dari Pinhome ini terletak di perumahan Jakarta Selatan. Selain desain yang unik, lokasi rumah ini juga strategis yang memudahkan akses Pins untuk kemana saja.

Bangunan tersebut juga memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa disamakan dengan konsep model rumah saat ini. Bangunan digital itu memiliki sudut yang tajam dan bentuknya pun dinamis.

desain rumah masa depan
Source : Unsplash

Tidak seperti model rumah saat ini yang terkesan monoton dengan desain rumah persegi atau persegi panjang. Desain rumah masa depan memang betul-betul dinamis dengan nilai kontras yang sangat kuat.

Penemuan desain rumah digital ini merupakan hasil dari sifat dasar manusia yang selalu ingin berkembang dan menemukan sisi lain dari dunia yang belum sempat terjamah. Sehingga, desainnya pun cukup unik dan akan menjadi trendsetter masa depan.

Keberadaan beberapa software yang mendukung desain digital adalah Sketch Up, 3D Max dan AutoCad. Mereka adalah software yang penting untuk membuat desain rumah digital. Kamu juga bisa menggunakan software tambahan seperti Photoshop atau Corel Draw, untuk membuat rumah semakin anggun.

Baca Juga: Tips Desain Rumah yang Nyaman dan Aman

5 Tips Merencanakan Rumah Masa Depan

Untuk mendapatkan hunian yang terbaik, bisa dibilang gampang-gampang susah karena selera setiap orang seringkali berubah dari waktu ke waktu mengikuti tren desain rumah yang ada. Itu sebabnya, di sini Pinhome akan membagikan tips merencanakan rumah masa depan agar kamu rumah impianmu bisa terwujud.

1. Pilih Tipe Rumah yang Sesuai Budget

Source : Unsplash

Tips merencanakan rumah masa depan yang pertama adalah menentukan tipe rumah yang sesuai dengan budget atau anggaran yang sudah disiapkan. Kamu bisa memulainya dengan mengukur tanah, bangunan, serta desain rumah seperti apa dan kapan waktu yang tepat untuk mulai membangun.

Setelah itu, kamu harus tahu mengenai berbagai tipe rumah yang diinginkan. Tipe rumah biasanya tergantung dari luas tanah maupun luas bangunan. Nah, di sini kamu perlu menyesuaikan tipe rumah yang sesuai dengan budget kamu.

Ambil contoh, jika kamu ingin membeli tanah di pusat kota Jakarta, mungkin kamu akan menemukan harga jual tanah yang mencapai 2-3 juta rupiah per meternya. Namun jika kamu mencari di pinggiran kota Jakarta, kamu bisa menemukan harga jual tanah sekitar Rp200 ribuan per meter.

Kemudian, kamu bisa menentukan tipe rumah sesuai kebutuhanmu. Jika kamu tak mau punya rumah yang besar, kamu bisa memilih tipe 50/60 dengan luas bangunan 50 meter dan luas tanah 60 meter.

2. Melakukan Survei Harga Material Bangunan

Source : Solopos

Berikutnya adalah melakukan survei soal harga materail atau bahan bangunan. Biasanya, setiap toko bahan bangunan akan menjual harga yang berbeda-beda. Di sinilah kesempatanmu untuk membandingkan mana toko yang menjual bahan bangunan dengan harga yang sesuai budget kamu.

Saat melakukan survei, jangan lupa untuk mencatat perbandingan harganya, ya. Kamu juga harus mencatat dimana saja toko yang akan kamu pilih untuk membeli materail bangunan seperti cat, keramik, semen dan sebagainya.

3. Tentukan Material yang Terjangkau dan Berkualitas

Source : Detik finance

Perlu diingat ya, bahwa yang namanya ‘berkualitas’ itu nggak selalu mahal. Sebab, banyak produk yang dibanderol harga tinggi, namun kualitasnya rendah. Hal ini juga berlaku saat kamu memilih material bangunan. Kamu bisa menggunakan bahan bangunan buatan lokal dengan kualitas yang setara dengan material impor.

Intinya, menentukan bahan bangunan yang berkualitas harus dipertimbangkan sematang mungkin. Jika kamu merasa bahwa kualitas impor lebih baik, tidak ada salahnya kok untuk membelinya. Asalkan harganya masih masuk dengan budget yang kamu punya, ya.

4. Merancang Desain Rumah yang Diimpikan

Source : Freepik

Setelah selesai menentukan bahan material bangunan apa yang diinginkan, selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan soal desain rumah impianmu. Mulai dari tatak letak ruangannya, hingga segala furnitur atau properti di dalamnya.

Namun jika boleh memberi saran, akan lebih baik jika kamu menggunakan desain rumah minimalis. Sebab, selain desain rumah minimalis tengah menjadi tren saat ini, ada banyak manfaat dari memiliki rumah desain minimalis yaitu:

  • Mengurangi biaya bahan bangunan karena Pins tak memerlukan banyak ruangan. 
  • Akan banyak ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu bisa sekaligus dijadikan ruang keluarga, atau ruang makan bisa dijadikan satu dengan dapur.
  • Tidak memerlukan jasa arsitek untuk mendesain rumah. Sebab, kamu bisa melihat banyak sekali referensi desain rumah minimalis di internet yang bisa jadi referensi.
  • Tidak perlu membeli lebih banyak properti atau perabotan untuk mengisi ruangan.

Dengan konsep rumah yang minimalis, maka kamu tidak perlu membeli properti rumah yang tidak kamu butuhkan. Daripada untuk membeli barang-barang tidak bermanfaat, lebih baik sisa uangnya dialokasikan untuk berinvestasi.

5. Menentukan Tukang atau Kontraktor

Source : Wira Griya

Tips merencanakan rumah masa depan yang terakhir ialah memikirkan soal jasa tukang yang akan kamu gunakan untuk membangun rumah. Ada begitu banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan, seperti siapa yang akan mengerjakan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengerjakan.

Maka itu, penting untuk menggunakan tukang bangunan yang bisa dipercaya. Kamu bisa mencari informasi ini melalui orang terdekat seperti keluarga atau rekan kerja. Selain itu, perhatikan pula pengalaman mereka, apakah reputasi kerjanya baik atau tidak.

Ada dua sistem kerja tukang bangunan yang bisa kamu pilih, yaitu harian dan borongan. Namun jika kamu mau menghemat lebih banyak biaya, kamu bisa menggunakan sistem borongan saja. Sebab, jika memakai jasa tukang harian, kamu harus mengawasi pekerjaan mereka setiap waktu. Bila beberapa hari ke depan pekerjaannya ada yang tidak beres, maka kamu berhak untuk memberhentikannya saat itu juga.

Lain halnya jika menggunakan tukang dengan sistem borongan, kamu tak perlu repot mengawasi mereka setiap hari. Biasanya akan diwakilkan oleh mandor yang bekerja di atas mereka. Namun, pastikan pula kamu merekrut orang yang bisa kamu percayai supaya pembangunan bisa berjalan lancar hingga selesai.

Bila dilihat dari segi biaya, tentunya sistem borongan akan lebih ideal untuk meneka pengeluaran kamu. Akan tetapi siste borongan biasanya akan dibayar langsung sekaligus (tidak per hari). Jadi mereka seringkali bekerja dengan terburu-buru hingga sulit untuk memperhatikan kualitas bangunannya.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan tukang dengan sistem harian, kamu akan mengeluarkan lebih banyak biaya karena mereka akan sangat memperhatikan kualitas bangunan, bukan waktu pengerjaan. Tak heranj jika banyak dari mereka yang kemudian curang dan mengulur-ulur waktu pekerjaannya supaya bisa memperoleh lebih banyak uang.

Kesimpulan

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika kita melirik desain rumah masa depan. Salah satunya adalah efisiensi. Desain tersebut dibuat tidak sembarangan sehingga kamu bisa memanfaatkannya secara efisien.

Semakin dunia berkembang, semakin kreatif masyarakat yang ada karena dituntut untuk mendapatkan sesuatu yang baru agar tidak jenuh dan terjebak dalam pola yang sama.

Konsep desain rumah masa depan memang kreatif dan sangat menarik, sehingga cocok untuk digunakan sebagai role model untuk beberapa tahun kemudian.

Baca Juga: Desain Rumah Otomatis Gaya Masa Depan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Taman Hekana Bogor dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download