5 Tips Terhindar dari Penipuan Properti Saat Membeli Rumah - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 5 Tips Terhindar dari Penipuan Properti Saat Membeli Rumah

5 Tips Terhindar dari Penipuan Properti Saat Membeli Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Memiliki rumah tentu sudah menjadi keharusan bagi siapapun, apalagi jika telah berkeluarga. Dalam membeli rumah, tentu harus berhati-hati karena saat ini banyak kasus penipuan dalam pembelian properti seperti rumah. 

Sebelum membuat kesepakatan dengan pemilik lama atau makelar rumah, ada baiknya Pins melakukan survey baik secara fisik maupun terhadap lingkungan sekitar rumah berada. Selain itu juga dapat mencari tahu tips terhindar dari penipuan properti dengan cara aman.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah bekas. Selain masalah legalitas rumah, masalah keamanan, ketersediaan air, hingga keadaan lingkungan tempat rumah tersebut juga harus Pins perhatikan. Untuk dapat terhindar dari penipuan, tentu harus memiliki pengetahuan-pengetahuan dalam hal pembelian rumah khususnya rumah bekas.

Tips Terhindar dari Penipuan Properti

Tips terhindar dari penipuan properti
(Pixabay)

1. Persiapan dana beli rumah yang mencukupi

Saat akan membeli rumah, pastikan Pins telah memiliki uang yang cukup. Jika tidak, merencanakan membeli rumah dengan sistem KPR bank. Pastikan bank telah menyetujui pinjaman KPR, setelah itu Pins dapat menentukan rumah seperti apa yang akan dibeli. 

Baca Juga: Langkah Mudah Membeli Rumah dengan KPR

2. Rencana Spesifikasi Rumah Second Yang Akan Dibeli

Keadaan rumah yang nyaman tentu menjadi hal yang sangat penting. Tentu Pins berharap akan tinggal di rumah tersebut seumur hidup. Untuk itu, perhatikan beberapa aspek penting yang ada dalam rumah. Misalnya, keamanan, ketersediaan air dan faktor pendukung lain seperti ketersediaan air, daya listrik, jumlah kamar.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah di Perumahan

3. Buat List Perbandingan Rumah Bekas Yang Positif Dijual

Saat ini, banyak rumah bekas yang dijual dengan harga murah. Hal ini membuat Pins memiliki banyak pilihan untuk dibandingkan.  Kumpulkan beberapa rumah bekas yang menarik perhatian, kemudian lakukan survey ke rumah-rumah yang telah dilihat sebelumnya. Jika dalam survey ketertarikan semakin bertambah, segera lakukan penawaran hingga mendapatkan harga terbaik.

Baca Juga: Cara Menemukan Inspirasi Desain Rumah

Tips terhindar dari penipuan properti
(Pixabay)

4. Lakukan Survey Secara Mendalam dan Berulang

Dalam menentukan rumah yang akan dibeli, setidaknya Pins harus melakukan survey sebanyak 3 kali. Memilih rumah tidak seperti menentukan tempat untuk mengontrak. Rumah akan ditempati selamanya sehingga Pins harus memastikan bahwa rumah tersebut cocok untuk ditinggali bersama keluarga. Jika semua aspek telah cocok, Pins dapat segera melakukan penawaran lebih lanjut.

Baca Juga: Banyak Semut Dirumah? Ini Cara Mengatasinya

5. Tips Terhindar dari Penipuan Properti dengan Cek Legalitas Rumah Bekas Tersebut

Setelah semua sudah cocok dengan, Pins perlu mengecek dokumen-dokumen yang berhubungan dengan rumah tersebut. Misalnya :

  • Cek sertifikat hak milik dan hak guna bangunan.
  • Lakukan pengecekan pembayaran PBB.
  • Cek apakah rumah tersebut bermasalah atau tidak (rumah sengketa).

Baca Juga: Tips Menghitung Anggaran Pembangunan Rumah

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel