Pinhome

Tips Properti

5 Tips Terhindar Penipuan Saat Membeli Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Memiliki rumah tentu sudah menjadi keharusan bagi Anda, apalagi jika Anda telah berkeluarga. Dalam membeli rumah, tentu Anda harus berhati-hati karena saat ini banyak kasus penipuan dalam pembelian property seperti rumah.

Sebelum membuat kesepakatan dengan pemilik lama atau makelar rumah, ada baiknya Anda melakukan survey baik secara fisik maupun terhadap lingkungan sekitar rumah berada. Anda dapat melakukan survey dengan mengunjungi daerah rumah tersebut berada sebelum melakukan transaksi agar tidak kecewa setelah Anda menyepakati untuk membeli rumah tersebut.

Banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda akhirnya emutuskan untuk membeli rumah bekas. Selain masalah legalitas rumah, masalah keamanan, ketersediaan air, hingga keadaan lingkungan tempat rumah tersebut juga harus sangat Anda perhatikan. Untuk dapat terhindar dari penipuan, tentu Anda harus mmiliki pengetahuan-pengetahuan dalam hal pembelian rumah khususnya rumah bekas. Untuk itu, berikut beberapa tips untuk membeli rumah dan terhindar dari penipuan.

1. Persiapan dana beli rumah yang mencukupi

Saat akan memebli rumah, pastikan Anda telah memiliki uang yang cukup. Jika tidak, rencanakan membeli rumah dengan system KPR bank. Pastikan bank telah menyetujui pinjaman KPR Anda baru setelah itu Anda dapat menentukan rumah seperti apa yang akan Anda beli. Bisa rumah di kampung, atau kluster. Jangan lupa untuk memastikan bahwa cicilan KPR tidak akan membebani keuangan Anda.

2. Rencana Spesifikasi Rumah Second Yang Akan Dibeli

Keadaan rumah yang nyaman tentu menjadi hal yang paling penting. Karena tentu Anda berharap akan tinggal di rumah tersebut seumur hidup. Untuk itu, perhatikan beberapa aspek penting yang ada dalam rumah tersebut. Misalnya, keamanan, ketersediaan air, dan factor pendukung lain seperti ketersediaan air, daya listrik, jumlah kamar.

3. Buat List Perbandingan Rumah Bekas Yang Positif Dijual

Saat ini, banyak rumah bekas yang dijual. Hal ini membuat Anda memiliki banyak pilihan untuk dibandingkan.  Kumpulkan beberapa rumah bekas yang menarik perhatian Anda, kemudian lakukan survey ke rumah-rumah yang telah Anda list sebelumnya. Jika dalam survey ketertarikan Anda semakin bertambah, segera lakukan penawaran hingga mendapatkan harga terbaik.

4. Lakukan Survey Secara Mendalam dan Berulang

Dalam menentukan rumah yang akan dibeli, setidaknya Anda harus melakukan survey sebanyak 3 kali. Karena memilih rumah tidak seperti menentukan tempat untuk mengontrak. Rumah akan Anda tempati selamanya sehingga Anda harus memastikanbahwa rumah tersebut cocok untuk Anda tinggali bersama keluarga. Jika semua aspek telah cocok dengan Anda, Anda dapat segera melakukan penawaran lebih lanjut.

5. Cek Legalitas Rumah Bekas Tersebut

Setelah semua sudah cocok dengan Anda, Anda perlu mengecek dokumen-dokumen yang berhubungan dengan rumah tersebut. Misalnya :

  1. Cek sertifikat hak milik dan hak guna bangunan
  2. Cek pembayaran PBB
  3. Cek apakah rumah tersebut bermasalah atau tidak (rumah sengketa)

Tags :

Bagikan Artikel