BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Rumah dari Sekarang
0
0

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Rumah dari Sekarang

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 8, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di awal kehidupan, banyak dari kita dihadapkan pada keputusan penting. Salah satunya adalah apakah sebaiknya Kamu membeli rumah saat masih muda. Ini adalah keputusan besar yang akan mempengaruhi keuangan dan gaya hidup Kamu dalam jangka panjang. Dalam hal ini, ada beberapa alasan kuat untuk mulai memikirkannya sejak usia muda. Berikut beberapa alasan kenapa harus beli rumah sekarang.

Generasi milenial berada pada puncak produktivitasnya dan mempunyai peluang untuk membangun masa depan rencana finansial mereka. Salah satu langkah penting yang  tidak boleh ditunda adalah pembelian rumah pribadi. Meski banyak orang lebih memilih menyewa, ada beberapa alasan mengapa Kamu harus membeli rumah sekarang. Baca artikel di bawah untuk mengetahui alasan-alasan ini.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Kenapa Harus Beli Rumah Sekarang?

Source : Pixabay

Siapa  yang tidak ingin memiliki rumah? Menjalani kehidupan yang nyaman dan memiliki rumah sendiri tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun kenyataannya, masih banyak masyarakat yang  menganggap  membeli rumah sebagai beban, terutama bagi kaum muda.

Hal ini dibuktikan dengan kajian Kompas  pada tahun 2017. Survei menunjukkan bahwa 61% masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial berusia 25 hingga 35 tahun, belum memiliki rumah sendiri. Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi dambaan banyak orang.

Namun, sebagian orang tidak mampu membeli rumah idaman karena keterbatasan dana. Oleh karena itu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi solusi membeli rumah dengan cepat. Meski demikian, ada beberapa alasan mengapa Kamu harus membeli rumah sekarang.

Alasan yang Perlu Dipertimbangkan

Source : Pixabay

Berikut adalah alasan kenapa harus beli rumah sekarang:

1. Harga Properti Terus Meningkat

Salah satu alasan utama hal ini adalah kenaikan harga rumah yang terus-menerus. Harga rumah meningkat secara signifikan selama bertahun-tahun, terutama di lokasi-lokasi  potensial.

Semakin lama Kamu menunda membeli rumah, maka akan semakin sulit mendapatkan harga  yang diinginkan. Oleh karena itu, membeli rumah saat ini bisa menjadi keputusan bijak untuk menghindari kenaikan harga yang signifikan di kemudian hari.

2. Bertambahnya Usia

Source : Pixabay

Menunda pembelian rumah juga berarti Kamu memiliki lebih sedikit waktu  untuk mendapatkan pembiayaan. Jika Kamu memutuskan untuk mengajukan KPR/KPA, ada batasan usia pengembalian pinjaman, biasanya  55 tahun.

Semakin tua usia Kamu, semakin kecil kemungkinan Kamu disetujui untuk mendapatkan  pinjaman. Oleh karena itu,  memiliki rumah segera dapat membantu mengamankan masa depan finansial Kamu.

3. Lahan Rumah Semakin Terbatas

Mengingat tingginya kebutuhan akan perumahan, para pengembang rumahe semakin giat mengembangkan properti. Keterlambatan pembelian rumah membuat semakin sulitnya mencari lokasi perumahan yang strategis dan  terjangkau.

Sebagai pembeli, Kamu harus lebih proaktif dan tidak menunggu terlalu lama hingga properti bagus bisa terjual.

4. Pertimbangan Kebutuhan Sebelum Membeli Rumah

Sebelum Kamu memutuskan untuk membeli rumah, pikirkan baik-baik apakah Kamu benar-benar membutuhkannya. Kami akan melakukan penelitian terhadap berbagai pilihan, termasuk rumah yang baru dibangun, rumah bekas dan bekas, serta tunggakan pinjaman. Periksa juga legalitasnya termasuk Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Akta Hak Milik (SHM) dan aspek hukum lainnya

5. Bisa Jadi Tabungan dan Investasi

Membeli rumah pribadi bukan hanya sekedar tempat tinggal, tapi juga investasi yang sangat menguntungkan.

Keuntungan Membeli Rumah Sendiri

Source : Pixabay

Berikut adalah beberapa alasan mengapa membeli rumah sendiri sangat menguntungkan:

1. Bertambah Anggota Keluarga

Seiring bertambahnya usia keluarga Kamu, termasuk anak-anak, Kamu akan membutuhkan ruang yang lebih besar dan nyaman. Rumah pribadi menawarkan kenyamanan dan privasi yang sulit didapat jika tinggal di rumah kontrakan atau kontrakan.

2. Inflasi

Harga tanah dan rumahe cenderung naik seiring berjalannya waktu. Menunda pembelian rumah dapat mengakibatkan biaya yang lebih tinggi di masa depan. Dengan opsi KPR, Kamu bisa membeli rumah  dengan  uang muka kecil.

3. Hidup Tenang

Memiliki rumah sendiri menjamin stabilitas dan kedamaian dalam hidup Kamu. Kamu tidak perlu khawatir tentang kenaikan  sewa atau transfer sewa yang rumit.

4. Warisan untuk Keluarga

Rumah bukan sekedar tempat tinggal, namun merupakan aset penting untuk diwariskan kepada generasi penerus. Sertifikat rumah dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman atau sebagai investasi dalam bisnis.

5. Media Investasi

Source : Pixabay

Setelah Kamu memiliki rumah, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan untuk memiliki rumah kedua sebagai  investasi  masa depan Kamu. Investasi rumah cenderung berisiko rendah dan memiliki nilai jual kembali yang tinggi.

Inilah beberapa alasan mengapa kaum muda harus mempertimbangkan untuk membeli rumah. Tentu saja membeli rumah di usia muda memiliki tantangan tersendiri, seperti pemenuhan kebutuhan pembiayaan dan kewajiban pemeliharaan.

Namun dengan perencanaan yang cerdas dan konsultasi dengan profesional keuangan, kepemilikan rumah di usia muda dapat menjadi langkah cerdas untuk membangun masa depan finansial dan pribadi yang lebih aman.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download