BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti4 Cara Mendapatkan Rumah DP 1 Juta dengan Cicilan 800 Ribu 
0
0

4 Cara Mendapatkan Rumah DP 1 Juta dengan Cicilan 800 Ribu 

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 9, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah dp 1 juta cicilan 800 ributop-right-banner

Ketika memiliki pemasukan atau gaji yang pas-pasan, banyak yang beranggapan akan sulit untuk memiliki rumah sendiri. Akan tetapi, sebenarnya tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan rumah dengan cicilan ringan. Misalnya saja, rumah DP 1 juta cicilan 800 ribu.

Dengan DP dan cicilan ini, lebih terasa ringan bukan biaya per bulan yang harus kamu keluarkan? Bagaimana cara untuk mendapatkannya?

Untuk Pins yang ingin mengetahui cara beserta rekomendasi rumah dengan nilai DP serta cicilan ringan tersebut, dapatkan informasi lengkapnya dengan menginstal aplikasi Pinhome. Fitur PinValue menawarkan informasi hunian dekat Pasar Kelapa Cilegon, unit di apartemen Season City dijual hingga rumah baru di Jember.

Baca juga: Kredit Rumah, DP Besar atau Cicilan Besar? Ketahui Pertimbangannya

Cara Mendapatkan Rumah dengan Cicilan Ringan

Source : Freepik

Dikarenakan inflasi dan juga luas tanah yang semakin terbatas, membuat harga properti dan hunian semakin tinggi. Apakah dengan pertumbuhan harga yang semakin tinggi setiap tahunnya ini, masih memungkinkan untuk membeli rumah dengan DP dan cicilan ringan? 

Jawabannya bisa, Pins! Asalkan kamu mengetahui caranya, kamu masih bisa menemukan rumah KPR dengan cicilan ringan. Inilah ke-4 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Mengetahui Lebih Dulu Simulasi Cicilan dan Kesiapan Finansial

Tanpa adanya gambaran jelas mengenai besaran uang yang harus kamu keluarkan untuk cicilan, akan sulit memilih rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan. Bisa saja rumah yang kamu pilih ternyata cicilannya terlalu besar, sehingga tidak sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Dapat terjadi juga hal sebaliknya, ternyata kamu masih bisa memiliki rumah dengan harga yang lebih tinggi karena cicilannya masih tercukupi. 

Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan fitur simulasi KPR. Tak perlu khawatir proses kalkulasinya ini akan kompleks.

Hal ini karena kamu dapat melakukannya dengan mudah menggunakan simulasi KPR. Kamu hanya perlu memasukkan data-data yang dibutuhkan, seperti persentase suku bunga, tenor, dan besaran uang mukanya. 

Dengan menggunakan simulasi KPR, maka kamu bisa mendapatkan perkiraan mengenai cicilan per bulan yang harus kamu keluarkan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui biaya-biaya lain, misalnya adalah biaya prosedur proses akad kredit rumah.

2. Memilih KPR dengan Suku Bunga Ringan

Setelah menghitung-hitung menggunakan simulasi KPR, apakah kemampuan finansialmu adalah rumah dengan DP 1 juta cicilan 800 ribu? Untuk bisa mendapatkan rumah KPR dengan kemampuan membayarmu ini, kamu bisa memanfaatkan layanan KPR dengan suku bunga ringan.

Kamu bisa mencari tahu informasi terkait layanan KPR ini dengan mengunjungi website-website bank penyedia KPR. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi call center bank bersangkutan untuk mendapatkan informasi cicilan dengan suku bunga ringan.

Carilah rumah dengan DP setidaknya 1% dari harga rumah, kemudian untuk suku bunganya pun pilih yang relatif kecil. Masa tenor yang dipilih bisa turut mempengaruhi juga besaran cicilan hunian pilihanmu, lho. Semakin lama tenor, maka cicilannya cenderung akan semakin ringan.

3. Memanfaatkan Rumah Subsidi

Selain KPR konvensional atau non-subsidi, terdapat juga layanan KPR bersubsidi. KPR subsidi merupakan program pemerintah yang bekerja sama dengan bank-bank penyedia KPR.

Tujuannya adalah untuk meringankan biaya pembelian rumah bagi masyarakat dengan penghasilan yang pas pasan. Dengan memanfaatkan rumah subsidi pemerintah ini, kamu bisa mendapatkan alternatif pilihan rumah dengan cicilan ringan. 

Berdasarkan keputusan menteri dengan PUPR No. 242/KPTS/M/2020, rumah subsidi memiliki harga kisaran Rp150 juta-Rp219 juta. Untuk bisa mendapatkan informasi sekaligus mendaftar KPR subsidi, bisa dilakukan secara online.

Caranya adalah dengan mendownload aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep). Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Kementerian PUPR.

4. Mendatangi Pameran Properti

Apakah kamu pernah mendatangi pameran properti, Pins? Melalui pameran properti, kamu juga bisa mencari tahu rumah dengan DP dan cicilan yang ringan.

Ada banyak perusahaan yang mengadakan pameran properti. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi seputar promo hunian dari berbagai developer. Bahkan ada juga perusahaan yang menawarkan DP ringan hingga 0% di pameran properti, Pins! 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah KPR

Rekomendasi Rumah DP 1 Juta Cicilan 800 Ribu

Source : Freepik

Setelah mengetahui cara-cara untuk mendapatkan rumah KPR dengan DP dan cicilan yang ringan, ada beberapa rekomendasi hunian untukmu. Daftar rumah KPR berikut adalah 3 rekomendasi rumah KPR di wilayah Bandung, Bekasi, dan Tangerang.

1. Samesta Jeruk Sawit Permai- Karanganyar

Source : Pinhome

Unit yang ada disini terdiri atas 2 kamar tidur, luas tanah 60-84 meter persegi dan luas bangunan 27-36 meter persegi. Samesta Jeruk Sawit Permai ada di Jl. Jatikuwung, Plosorejo, Jeruksawit, Jeruksawit, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah menempati lahan seluas 20 hektar. Tipe yang ditawarkan 27 subsidi dan 36 komersil dengan harga jual mulai dari Rp116.5 juta-Rp210 juta.

2. Samesta Lompoe

Source : Pinhome

Perumnas Samesta Lompoe memiliki dua tipe yakni 30/84 dan 36/98. Perumahan ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti ruang hijau/taman, children playground, serta sistem keamanan 24 jam dengan one gate system. Harganya mulai dari Rp114.6 juta-Rp131.2 juta yang berlokasi di Jalan Cendrawasih Blok H, Galung Maloang, Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

3. Parahyangan Asri – Bandung

Source : adabaruland.com

Rekomendasi rumah KPR ini berlokasi di Cihampelas, Singajaya, Bandung. Sangat cocok untuk kamu yang tertarik tinggal di wilayah beriklim sejuk dan masih memiliki green area yang luas.

Dengan ukuran bangunan 27 m2 dan luas lahan 60 m2, hunian berdesain minimalis ini dijual dengan harga 140 juta, Pins. Dikarenakan termasuk rumah subsidi, hunian ini termasuk dalam rumah DP 1 juta cicilan 800 ribu Bandung.

4. Anastra Village – Bekasi

Source : Perumahan Anastra Village

Untuk wilayah Bekasi, terdapat rumah subsidi Bekasi dengan kisaran harga Rp148 jutaan dan angsuran KPR Rp800 ribuan. Hunian ini adalah Anastra Village yang terletak di di Jalan Sari Mukti, Kecamatan Cibitung, Bekasi.

Komplek perumahan ini dikembangkan oleh PT Anastra Bangunan Sarana Properti, dengan luas bangunan sebesar 36 meter persegi. Rumah ini memiliki  2 kamar tidur, dan 1 kamar mandi yang memadai untuk keluarga kecil.

5. Annieland Balaraja City – Tanggerang

Source : Tokopedia

Untuk kamu yang tertarik untuk menetap di daerah Tangerang, ada hunian dengan desain menarik bernama Annieland Balaraja City. Hunian dengan 2 kamar tidur serta 1 kamar mandi ini terletak di Jl. Cisoka – Megu, Cempaka, Tangerang.

Hunian ini mengusung cicilan flat 1 juta, sehingga membuatnya termasuk ke dalam daftar rumah DP 1 juta cicilan 800 ribu Tangerang. Kelebihan lain dari hunian ini  adalah lokasinya yang strategis dekat dengan Gerbang Tol Balaraja Barat.

Sekian pembahasan mengenai cara mendapatkan dan rekomendasi rumah DP 1 juta cicilan 800 ribu. Dari segi lokasi serta cicilan yang ditawarkan, kamu tertarik untuk mendapatkan hunian di daerah mana, Pins?

Baca juga: Penyebab KPR Rumah Ditolak dan Tidak Disetujui

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Samesta Bumi Gandasari dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download