BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiBegini Cara Balik Nama Sertifikat Apartemen Terbaru 2024
0
0

Begini Cara Balik Nama Sertifikat Apartemen Terbaru 2024

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 8, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dengan semakin langkanya lahan, tidak mengherankan jika hunian vertikal menjadi pilihan cerdas bagi para pencari apartemen bagus yang ingin tinggal di pusat kota. Namun tahukah Kamu bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membeli apartemen? Jika Kamu ingin membeli kondominium bekas, Kamu harus segera menyelesaikan prosedur pengalihan kepemilikan. Bagi yang belum tahu caranya, kami akan tunjukkan cara balik nama sertifikat apartemen di sertifikat perumahan 2024.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Apartemen Perorangan atau Milik Bersama

Source : Pixabay

Ketika sebuah rumah dibeli, pembeli asli menjadi pemilik tunggal rumah tersebut. Berbeda dengan apartemen yang status hukumnya hanya sebatas SHMSRS atau Strata Title saja. Artinya, apartemen tersebut merupakan milik bersama, bukan milik sendiri.

Apartemen Milik Perorangan

Hak milik pribadi hanya mencakup unit rumah yang dibeli. Saat Kamu membeli apartemen dua kamar tidur,  unit tersebut sepenuhnya milik Kamu. Kepemilikan ini bergantung pada jumlah unit rumah yang Kamu miliki.

Sekalipun unit tersebut  milik pribadi, namun harus mematuhi beberapa peraturan. Misalnya, pemilik boleh mengubah apartemen atau melakukan kegiatan tertentu di dalam apartemen itu, sepanjang tidak melanggar hukum. Administrator tidak dapat dengan bebas mengubah peraturan  kecuali disepakati bersama sejak awal.

Apartemen Milik Bersama

Kalau soal kepemilikan bersama, fokusnya kini ada pada furnitur apartemen. Misalnya jaringan internet, pipa air, kolam renang, gym dan segala fasilitas lainnya yang diperuntukkan bagi pemilik apartemen. Bunga ini juga merupakan milik bersama atas tanah di mana rumah susun itu dibangun.

Sebagai pemilik dan penghuni rumah susun, Kamu mempunyai kewajiban untuk menjaga segala fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Jika terjadi kerusakan, administrator akan membebankan biaya perbaikan kepada Kamu. Ketentuan mengenai fasilitas masyarakat diatur dalam  perjanjian

Tips Menyiapkan Dana untuk Membeli Apartemen

Source : Pixabay

Apartemen merupakan salah satu jenis apartemen yang menjanjikan, terutama di zaman modern ini. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pertanyaan dan perubahan gaya hidup masyarakat. Jika Kamu berencana membeli apartemen di kemudian hari, gunakan tips berikut ini untuk mempersiapkan keuangan Kamu.

1. Tentukan Apartemen yang Diinginkan

Keputusan Kamu harus dibuat sejak awal berdasarkan jenis apartemen, lokasi, dan fasilitas yang dibutuhkan. Hal ini berdampak signifikan terhadap harga apartemen itu sendiri, bahkan saat  dijual kembali. Hadiri pertunjukan real estat di kota Kamu untuk mendapatkan lebih banyak informasi referensi sebelum  menentukan pilihan akhir Kamu.

2. Tentukan Target Membeli

Kapan mau beli apartemen? Tahun depan, dua tahun ke depan, atau kapan? Tujuannya agar bisa menghitung berapa lama Kamu perlu menabung dan berapa banyak uang yang bisa Kamu hemat.

3. Turunkan Gaya Hidup

Source : Pixabay

Dalam hal uang, gaya hidup adalah salah satu musuh Kamu. Jika Kamu ingin segera membeli apartemen, Kamu perlu menurunkan gaya hidup Kamu. Mulailah  memasak makanan Kamu sendiri, kurangi kebiasaan keluar dan minum kopi, kurangi belanja pakaian,  beralih ke transportasi umum dan hemat anggaran Kamu.

Syarat Balik Nama Sertifikat Apartemen

Untuk mengajukan cara balik nama sertifikat apartemen Kamu harus menyiapkan beberapa persyaratannya seperti :

  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi KTP pemilik apartemen sebelumnya
  • Fotokopi Kartu Keluarga Pemohon
  • Fotokopi Kartu Keluarga pemilik apartemen sebelumnya
  • Surat Kuasa apabila dikuasakan
  • Sertifikat asli
  • Fotokopi Akta Jual Beli
  • Fotokopi PBB tahun terakhir
  • Fotokopi NPWP

Prosedur Balik Nama Sertifikat Apartemen

Source : Pixabay

Kunjungi kantor BPN di kawasan tempat dibangunnya apartemen dan mampir ke service desk. Di sana Kamu akan melihat formulir permohonan untuk mengubah nama sertifikat Kamu. Isi formulir dan kirimkan file yang telah disiapkan. Kamu kemudian akan menerima konfirmasi penerimaan permintaan perubahan nama Kamu.

Lalu nantinya akan digunakan untuk mengumpulkan sertifikat perubahan nama yang telah selesai. BPN kemudian mencoret nama pemegang hak yang lama pada sertifikat dengan tinta hitam dan menggantinya dengan pemegang hak yang baru

Biaya Balik Nama Sertifikat Apartemen & Jangka Waktu

 Proses untuk melakukan perubahan nama ini  akan memakan waktu  7 hari kerja setelah pengajuan. Implementasinya sendiri hanya memakan biaya Rp 100.000 saja.

Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan

Dalam beberapa kasus, pengembang atau perusahaan pengelola properti mungkin perlu mendapatkan persetujuan atau informasi tambahan mengenai proses pengalihan sertifikat. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengganti nama pada sertifikat perumahan? Waktu yang diperlukan untuk mengganti nama adalah 7 hari kerja.

Itulah dia penjelasan mengenai cara balik nama sertifikat apartemen, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download