Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana dari Nol! - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana dari Nol!

Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana dari Nol!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Saat ini banyak kompleks perumahan yang memiliki desain minimalis,tapi belum tentu dapat memenuhi kebutuhan kamu. Oleh sebab itulah banyak orang yang memilih untuk membangun rumah. Sesungguhnya membangun rumah sendiri itu susah-susah gampang lho Pins! Apa saja tips membangun rumah minimalis sederhana dari nol?

Membangun rumah dari nol akan menjadi hal yang menantang sekaligus menyenangkan karena hasilnya akan sesuai dengan kebutuhan kamu dan berbeda dari rumah-umah yang dibangun oleh developer.

Keuntungan lain dari membangun rumah sendiri adalah kamu bisa memilih desain dengan sesuka hati, pembangunan rumah disesuaikan dengan budget yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding dengan membeli rumah jadi.

Baca Juga:  Tips Membangun Rumah Tinggal

Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana dari Nol

Untuk kamu yang tertarik untuk membangun rumah dari nol, yuk simak beberapa tips berikut.

1. Buat Rencana Pembangunan Rumah

Membangun Rumah Minimalis
(Pixabay)

Pertama, kamu harus merencanakan pembangunan mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan tersebut selesai. Perencanaan berfungsi sebagai pengendalian agar terhindar dari over budget. Oleh sebab itu pilihlah tukang atau pemborong profesional yang sudah ahli sehingga dapat mengerjakan pembangunan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Baca Juga: Simak, Tips Membangun Rumah di Kota

2. Gunakan Desain Rumah Minimalis Sederhana

Desain rumah minimalis sederhana lebih efisien dalam penggunaan bahan pembangunan namun akan tetap terlihat elegan dan modern. Rumah tipe ini hemat ruang sehingga dapat menekan budget anda dalam membeli material bangunan. Kamu juga tidak perlu menyewa jasa seorang arsitek, cukup dengan browsing kamu bisa mendapatkan desain sesuai keinginan kamu Pins.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah

3. Tentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan sangat berpengaruh pada tingkat kesulitan proses pembangunan. Pada umumnya bangunan yang memiliki beberapa sudut dan lengkungan akan menyisakan bahan bangunan yang tidak terpakai. Serta bangunan yang memiliki lengkungan memiliki resiko yaitu bentuk bangunan tidak sempurna.

4. Lakukan Riset Harga Bangunan

Penting sekali untuk kamu melakukan step ini Pins. Agar kebutuhan bangunan bisa diperkirakan maka kamu harus melakukan riset. Kamu tidak perlu gengsi untuk keluar masuk toko bangunan supaya kamu mengetahui secara rinci harga  pasir, semen, batu bata, besi dan lainnya. Kamu pun bisa membandingkan harga 1 toko dengan toko lainnya. Jadi kamu bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih rendah.

Baca juga: Inilah 10 Desain Rumah Minimalis 2020 Terkeren! Simak di Sini!

5. Selektif Memilih Juru Bangunan

Membangun Rumah Minimalis
(Pixabay)

Kamu harus selektif memilih tukang, karena mereka akan meracik semua bahan bangunan rumah dengan hasil berupa rumah yang kamu inginkan. Jadi tidak heran kalau kamu mengeluarkan banyak biaya untuk tukang bangunan. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting karena baik tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

6. Mulai Bangun Rumah Minimalis Sederhana secara Bertahap

Untuk rumah minimalis sederhana pribadi, kamu tidak perlu menunggu dana untuk terkumpul seluruhnya. Kamu bisa lakukan secara bertahap sesuai biaya yang telah ada. Kamu bisa memulai dengan pondasi, pendirian bangunan, hingga atap. Nah dengan begitu kamu bisa lebih fokus pada setiap tahap dan dana yang dikeluarkannya pun teratur.

Baca Juga:  Cara Membangun Rumah Sendiri

7. Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Untuk menghemat biaya kamu bisa gunakan bahan bangunan lokal, selain harganya lebih murah bahan lokal ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan bahan import.

8. Membuat Ruangan Multifungsi

Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung lebih mahal Pins, jadi buatlah ruangan multifungsi misalnya ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, atau dapur yang bisa digunakan juga sebagai ruang makan. Maka dari itu desain rumah minimalis sederhana akan tercapai.

Baca juga: Tips Membangun Rumah yang Wajib Kamu Ketahui!

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel