Pinhome

Tertarik Beli Rumah Lelang? Begini Caranya!

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 29 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Rumah lelang adalah properti sitaan bank dari para nasabah yang belum dapat melunasi kewajiban membayar hutang. Jika jeli, Pins dapat memiliki rumah strategis berkualitas baik dengan harga di bawah pasaran. Berminat? Begini caranya membeli rumah lelang!

Pinhome — Kamu lagi cari rumah tapi sulit mendapatkan harga yang pas untuk rumah baru dan rumah seken? Mungkin sudah waktunya Pins coba melirik rumah lelang. Harganya bisa hingga 30% lebih murah daripada harga pasar, lho!

Jadi, properti lelang atau rumah lelang ini merupakan hasil sitaan dari para nasabah bank yang belum bisa melunasi kewajibannya membayar hutang (misalnya KPR). Nah, tujuan bank melelang rumah ini adalah untuk menutup biaya yang sudah dikucurkan kepada nasabah tersebut. Makanya biasanya harganya sudah lebih murah daripada harga pasaran.

Untuk melakukan lelang rumah, bank biasanya akan bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) atau pun perusahaan swasta lainnya untuk memasarkan aset tersebut. Supaya bisa ikut melakukan penawaran ke rumah lelang incaran kamu, ikuti cara-cara berikut ini ya!

Baca juga: Cara Membeli Rumah yang Dilelang Bank

1. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Biasanya, informasi mengenai rumah lelang bisa dilihat di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (lelang.go.id). Untuk menemukan properti di lokasi yang diinginkan, Pins bisa menggunakan filter. Di informasi properti, kamu juga bisa melihat bank apa yang memiliki properti tersebut.

Selain itu, Pins juga dapat melihat properti-properti lelang terbaik di Pinhome, lho! Pinhome bekerja sama dengan bank untuk mengkurasi setiap properti di listing tersebut dengan ketat sehingga Pins tak perlu khawatir dengan keamanan transaksi lelang rumah di sini. Ditambah lagi, Pins bakal dibantu oleh konsultan terpercaya untuk proses sourcing, pengajuan penawaran, hingga tips dan trik saat lelang.

Baca juga: Beli Rumah Lelang, Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

2. Memilih rumah

Tahapan ini tidak jauh berbeda dengan membeli rumah baru atau seken. Pins bisa memilih properti yang paling sesuai dengan kebutuhan saat ini. Bedanya, Pins harus lebih detail memperhatikan kondisi bangunan serta kelengkapan dokumen rumah tersebut. Jika perlu, lakukan survey langsung ke lokasi untuk mengetahui keadaan sesungguhnya properti yang Pins inginkan. Jika perlu melakukan renovasi, jangan lupa memasukkan perkiraan biaya renovasi terhadap anggaran yang harus Pins siapkan.

Baca Juga: A to Z Properti Lelang BNI Syariah bersama Pinhome

3. Menyiapkan dana

beli rumah lelang
(Pixabay)

Ini tahapan yang paling penting, Pins! Berbeda dengan rumah baru dan rumah seken, jarang ada bank yang menyediakan program KPR untuk pembiayaan rumah lelang. Jadi, Pins harus menyiapkan cash keras untuk membeli rumah lelang tersebut. Selain itu, kamu juga diwajibkan membayar uang jaminan sebesar 20 hingga 50% dari harga rumah untuk dapat mengikuti lelang. Jangan khawatir, uang jaminan ini akan dikembalikan jika Pins tidak terpilih menjadi pemenang lelang.

Selain biaya rumah, ada beberapa pengeluaran lagi yang harus disiapkan jika Pins berhasil menjadi pemenang lelang, yaitu biaya pajak penghasilan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), biaya balik nama, serta biaya notaris.

Baca juga: Kenapa Wajib Pakai Notaris saat Membuat Sertifikat

4. Pelunasan dan balik nama

Setelah dinyatakan sebagai pemenang lelang, maka Pins bisa datang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) atau bank yang memiliki properti tersebut dan melakukan pelunasan. Setelah lunas, Pins akan diberikan kuitansi pelunasan serta risalah lelang yang merupakan berita acara pelelangan yang dibuat oleh pejabat lelang.

Kuitansi dan risalah lelang ini nantinya akan ditukarkan menjadi sertifikat asli, surat roya penanda berakhirnya kredit dari bank untuk pembelian rumah, dan sertifikat penyertaan. Setelah seluruh dokumen lengkap, Pins dapat lanjut ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan balik nama.

Begitulah cara membeli rumah lelang yang harus Pins lewati. Terlihat ribet? Tenang, kan ada Pinhome! Melalui Pinhome, Pins bakal dibantu dari awal hingga akhir oleh konsultan properti yang terpercaya. Listing rumah lelang di Pinhome pun sudah dikurasi dengan ketat oleh bank dan Pinhome sendiri. Beli rumah lelang impian jadi lebih mudah dan cepat!

Baca juga: Rumah Lelang: Alternatif Solusi Bagi Para Pencari Properti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel