Pinhome

Berita Pinhome

A to Z Properti Lelang BNI Syariah bersama Pinhome

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pins sudah pernah mengikuti lelang online? Pengalaman menyenangkan seperti ini bisa Pins dapatkan hanya di Hasanah Griya Expo 2020, lelang virtual rumah syariah terbesar tahun ini. Lebih menyenangkan lagi karena Imam Hidayat, Head of Remedial and Recovery BNI Syariah berbagi tips seputar transaksi rumah lelang pada webinar “A to Z Properti Lelang BNI Syariah” bersama Pinhome, Rabu, 25 November 2020 lalu.

Rumah lelang secara online cenderung diminati banyak orang karena selain harga yang lebih murah hingga 30%, lokasi yang strategis memiliki potensi nilai investasi besar. Pengertian rumah lelang adalah rumah milik nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disita bank karena gagal bayar cicilan. Namun, Pak Imam mengingatkan bahwa proses penyitaan rumah merupakan pilihan akhir, dan hanya akan dilelang bank apabila kelengkapan sertifikat rumah tersebut tidak bermasalah.

Pak Imam lanjut menjelaskan peningkatan tren minat masyarakat terhadap rumah lelang sejak pertengahan tahun 2020. Hal ini ditengarai oleh kebutuhan hunian terjangkau di tengah masa krisis, serta spekulasi bisnis di masa depan oleh investor properti. Peluang emas nih, Pins! Sayang banget ya kalau dilewatkan. Menilik dari data BNI Syariah, lebih dari 10% dari total aset rumah lelang telah laku terjual dalam waktu 5 bulan. Data tersebut memperlihatkan bahwa industri properti Indonesia, khususnya rumah lelang mulai bangkit dan akan semakin berprospek.

Baca juga: Tertarik Beli Rumah Lelang? Begini Caranya!

Perbedaan Penjualan Rumah Secara Sukarela dan Lelang

Sebagai calon pembeli, hal-hal apa saja sih yang harus kamu ketahui tentang lelang rumah? Pak Imam memulai dengan membandingkan antara penjualan rumah sukarela dan penjualan rumah lelang. Di mana harga jual rumah secara sukarela ditentukan dari kesepakatan pihak pembeli dan penjual, maka harga akhir sangat mungkin berada di atas pasaran. Sedangkan harga jual rumah lelang, ditentukan dari minat permintaan pasar, apabila belum terjual maka akan dilelang kembali dengan harga pembukaan yang lebih rendah. Ternyata ini prinsip harga murah rumah lelang, Pins!

Karakteristik Lelang Rumah

Dasar kegiatan lelang menurut Pak Imam merupakan penjualan secara terbuka kepada publik dengan penawaran harga tertulis dan/atau lisan, didahului dengan pengumuman lelang. Terdapat 6 unsur penyelenggaraan lelang, yaitu: penjualan, objek barang, terbuka untuk umum, penawaran, ada pengumuman lelang dan limit lelang.

Klasifikasi Lelang dan Perbedaannya

Menurut Peraturan Menteri Keuangan, lelang dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

1. Lelang Eksekusi adalah lelang untuk melaksanakan putusan atau penetapan pengadilan, dokumen-dokumen lain yang dipersamakan dengan itu, dan/atau melaksanakan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan.

2. Lelang Non Eksekusi wajib adalah lelang untuk melaksanakan penjualan barang yang oleh peraturan perundang-undangan harus dilakukan secara lelang.

3. Lelang Non Eksekusi sukarela adalah lelang atas barang milik swasta, perorangan atau badan hukum/badan usaha yang dilelang secara sukarela.

Terdengar kompleks ya Pins, tapi dengan mengetahui ini kamu bisa menjadi tenang dengan fakta bahwa melelang sebuah objek itu harus melalui rangkaian proses verifikasi. Setuju, Pins?

Tips dan Keuntungan Beli Rumah Lelang

Sudah siap cari rumah lelang? Sebentar Pins! Ada hal-hal yang perlu kamu ketahui lagi nih agar mendapat transaksi terbaik. Pastikan sudah riset harga pasar dari rumah lelang yang lagi kamu incar. Cek detail kelengkapan dokumen SHM/SHGB, IMB dan PBB properti lelang. Terakhir, kunjungi langsung lokasi rumah lelang agar kamu tau keadaan lingkungan dan kondisi bangunan.

Sekarang kamu bisa mulai cari deh, rumah lelang idaman sesuai budget. Kalau kamu belum berkunjung ke Hasanah Griya Expo 2020, gak perlu khawatir! Karena Pinhome akan tetap membuka akses listing bahkan setelah acara berakhir. Tentunya kamu juga akan mendapatkan pendampingan dari rekan Pinhome dan ahli properti kami. Klik di sini untuk mengunjungi akses ribuan properti lelang terbaik.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel