Pinhome

Tips Properti

Beli Rumah Lelang, Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 18 March 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah lelang memang punya banyak keuntungan, Pins, terutama karena harganya yang bisa di bawah pasaran. Tapi, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli rumah lelang, lho! Apa saja? Yuk, kita bahas di artikel ini!

Pinhome — Pins, kalau kamu ikutin posting-an media sosial atau pun blog-nya Pinhome, pasti kamu gak bakal asing dengan istilah rumah lelang. Yes, properti-properti milik bank ini merupakan salah satu alternatif yang paling diincar oleh para pencari properti; terutama karena harganya yang bisa mencapai 10 hingga 30 persen lebih rendah daripada pasarannya.

Tapi, karena membeli properti adalah investasi dengan nilai yang besar, tentunya Pins harus tetap cermat dan ada beberapa detail penting yang wajib diperhatikan. Apa saja? Nih, Pinhome bahas satu per satu!

1. Lokasi

sumber: Lemoot

Lokasi merupakan salah satu hal utama yang harus Pins perhatikan saat hendak membeli rumah lelang. Pilihan lokasi yang bisa Pins pilih terbatas pada jumlah listing yang tersedia pada saat itu. Hal ini tentu berbeda saat Pins ingin membeli rumah baru, di mana Pins bebas menentukan lokasi yang diinginkan. Tapi tenang aja, Pins, walaupun lebih terbatas, biasanya lokasi-lokasi rumah lelang berada di area-area yang sudah berkembang dan lebih strategis.

Baca juga: Agar Tidak Salah Pilih Lokasi Rumah

2. Kondisi bangunan

Pins, pada kenyataannya, tidak semua rumah lelang memiliki kondisi yang prima dan langsung siap huni. Ada beberapa properti yang membutuhkan renovasi besar-besaran agar siap dihuni kembali. Hal ini tentu membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Makanya, Pinhome sarankan sebelum membuat penawaran awal, Pins melakukan survey kecil-kecilan untuk memastikan kondisi rumah masih baik dan bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan jika Pins ingin melakukan renovasi terhadap properti tersebut.

3. Kesiapan finansial

sumber: iNews

Hal berikutnya yang harus Pins perhatikan adalah berapa banyak biaya yang sudah Pins miliki untuk membeli rumah lelang. Tidak seperti membeli rumah baru atau rumah seken, hingga sekarang jarang bank yang menyediakan program KPR untuk pembiayaan rumah lelang. Jadi, walaupun memang biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada harga pasar, Pins harus menyiapkan dana dalam bentuk cash keras. Perihal waktu juga harus menjadi pertimbangan, Pins, karena kamu akan diminta untuk melunasi seluruh biaya paling lambat 5 – 7 hari kerja setelah lelang rumah dilakukan.

Baca juga: Kesiapan Finansial Sebelum Beli Rumah Pertama, Ini yang Perlu Kamu Perhatikan!

4. Event-event properti lelang

Tahu gak, Pins, kalau ternyata tidak jarang ada pameran-pameran khusus rumah lelang. Sama seperti di pameran properti biasa, pameran properti lelang juga tentu punya beragam promo menarik yang bisa dimanfaatkan supaya kamu makin mudah memiliki rumah sendiri. Bahkan, Pinhome juga pernah mengadakan pameran properti lelang virtual terbesar di Indonesia, lho! Di pameran ini, harga bukaan awal bisa mencapai 30% di bawah harga pasaran. Menarik banget, kan?

Eh, walaupun kamu belum sempat datang di event properti lelang Pinhome kemarin, gak usah sedih. Pinhome masih punya listing properti lelang terbaik yang bisa kamu lihat! Siapa tahu kamu bisa ketemu jodoh rumahmu di situ, ya kan?

Investasi untuk properti memang harus dilakukan dengan sangat teliti, Pins. Walaupun murah, kamu harus tetap menghitung biaya-biaya di luar pembelian properti supaya pengeluaranmu lebih optimal.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel