BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti6 Tips Membeli Rumah Lelang dan Syaratnya
0
0

6 Tips Membeli Rumah Lelang dan Syaratnya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tips membeli rumah lelangtop-right-banner

Rumah lelang memiliki banyak keuntungan Pins! Terutama karena harganya yang bisa dibawah pasaran. Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah lelang. Yuk, simak tips membeli rumah lelang agar tidak menyesal berikut ini!

Pins, kalau kamu ikutin posting-an media sosial atau pun blog-nya Pinhome, pasti kamu gak bakal asing dengan istilah rumah lelang. Properti-properti milik bank ini merupakan salah satu alternatif yang paling diincar oleh para pencari properti. Terutama karena harganya yang bisa mencapai 10 hingga 30 persen lebih rendah daripada pasarannya.

Properti lelang ini juga bisam enjadi alternatif untuk Pins yang ingin membeli rumah eksklusif dengan harga miring namun masih bagus. Misalnya kamu ingin membeli rumah baru di Bogor seperti Ananta Holmes Tenjo atau di sekitar Kebun Raya Bogor namun budgetnya terbatas. Karena budget terbatas, kamu bisa mencari rumah yang sedang di lelang. Agar kamu tidak salah pilih, ikuti tips berikut ini.

Baca juga:

Tips Membeli Rumah Lelang

Karena membeli properti adalah investasi dengan nilai yang besar, tentunya Pins harus tetap cermat dan ada beberapa detail penting yang wajib diperhatikan. Apa saja? Termasuk tips membeli rumah lelang yang menguntungkan.

1. Lokasi

tips membeli rumah lelang
Source : Lemoot

Lokasi merupakan salah satu hal utama yang harus Pins perhatikan saat hendak membeli rumah lelang. Pilihan lokasi yang bisa Pins pilih terbatas pada jumlah listing yang tersedia pada saat itu.

Hal ini tentu berbeda saat Pins ingin membeli rumah baru, di mana Pins bebas menentukan lokasi yang diinginkan. Tapi tenang aja, Pins, walaupun lebih terbatas, biasanya lokasi-lokasi rumah lelang berada di area-area yang sudah berkembang dan lebih strategis.

Baca juga:

2. Kondisi Bangunan

Source : Tribun

Pins, pada kenyataannya, tidak semua rumah lelang memiliki kondisi yang prima dan langsung siap huni. Ada beberapa properti yang membutuhkan renovasi besar-besaran agar siap dihuni kembali. Hal ini tentu membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Itulah kenapa, Pinhome sarankan sebelum membuat penawaran awal, Pins melakukan survey kecil-kecilan untuk memastikan kondisi rumah masih baik dan bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan jika Pins ingin melakukan renovasi terhadap properti tersebut.

Baca juga:

3. Kesiapan finansial

tips membeli rumah lelang
Source : iNews

Hal berikutnya yang harus Pins perhatikan adalah berapa banyak biaya yang sudah Pins miliki untuk membeli rumah lelang. Tidak seperti membeli rumah baru atau rumah seken, hingga sekarang jarang bank yang menyediakan program KPR untuk pembiayaan rumah lelang.

Jadi, walaupun memang biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada harga pasar, Pins harus menyiapkan dana dalam bentuk cash keras. Perihal waktu juga harus menjadi pertimbangan, Pins, karena kamu akan diminta untuk melunasi seluruh biaya paling lambat 5 – 7 hari kerja setelah lelang rumah dilakukan.

Baca juga:

4. Event-event Properti Lelang

Source : Wallstreet Journal

Tahu gak, Pins, kalau ternyata tidak jarang ada pameran-pameran khusus rumah lelang. Sama seperti di pameran properti biasa, pameran properti lelang juga tentu punya beragam promo menarik yang bisa dimanfaatkan supaya kamu makin mudah memiliki rumah sendiri.

Bahkan, Pinhome juga pernah mengadakan pameran properti lelang virtual terbesar di Indonesia, lho! Di pameran ini, harga bukaan awal bisa mencapai 30% di bawah harga pasaran. Menarik banget, kan?

Eh, walaupun kamu belum sempat datang di event properti lelang Pinhome kemarin, gak usah sedih. Pinhome masih punya listing properti lelang terbaik yang bisa kamu lihat! Siapa tahu kamu bisa ketemu jodoh rumahmu di situ, ya kan?

5. Riwayat Kepemilikan

tips membeli rumah lelang
Source : Pexels

Riwayat kepemilikan rumah penting karena dapat memberikan informasi tentang kondisi rumah dan kemungkinan adanya masalah hukum. Berikut adalah beberapa alasan mengapa riwayat kepemilikan penting.

Pertama, riwayat kepemilikan memberikan informasi tentang perawatan dan renovasi yang pernah dilakukan pada rumah. Jika rumah sering mengalami kerusakan atau renovasi, kemungkinan rumah tersebut memiliki masalah struktural atau kondisinya tidak terawat.

Selain itu, riwayat kepemilikan menghadirkan informasi tentang apakah rumah tersebut pernah terlibat dalam sengketa hukum. Jika rumah tersebut pernah terlibat dalam sengketa hukum, kemungkinan rumah tersebut memiliki masalah hukum yang belum terselesaikan.

Kamu juga bisa mengetahui informasi harga jual rumah sebelumnya dari riwayat kepemilikan. Dengan begitu, Pins bisa memperkirakan estimasi nilai properti saat ini.

Jika kamu berencana untuk membeli rumah, penting untuk memeriksa riwayat kepemilikan rumah tersebut. Pins dapat meminta salinan dokumen-dokumen rumah, seperti sertifikat tanah, akta jual beli, dan surat izin mendirikan bangunan. Pins juga dapat meminta bantuan dari profesional, seperti notaris atau agen properti, untuk memeriksa riwayat kepemilikan rumah.

6. Minta Bantuan Professional

tips membeli rumah lelang
Source : Pexels

Dapatkan bantuan dari profesional penting karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dapat membantu Pins membuat keputusan yang tepat. Pasalnya, mereka mempunyai akses ke informasi yang tidak tersedia untuk umum. Profesional juga dapat memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang berbagai aspek pembelian rumah, seperti pasar properti, persyaratan pinjaman, dan hukum properti.

Terlebih lagi, pembelian rumah adalah keputusan besar yang dapat memiliki konsekuensi yang signifikan. Profesional dapat membantu kamu menghindari kesalahan yang dapat merugikan Pins.

Sementara itu, membeli rumah bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu. Itu sebabnya, menggunakan jasa profesional membantu kamu mengurus aspek semua pembelian rumah sehingga kamu bisa fokus ke hal lain.

Itulah kira-kira beberapa tips sebelum membeli rumah lelang. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Source Feature Image: VIVA


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Grahawangi City View dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download