Pinhome

Tips Membeli Rumah Sitaan Dengan Harga Miring

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mempunyai sebuah rumah adalah impian banyak orang. Terlebih lagi jika rumah tersebut dibeli dengan harga yang miring atau harga murah karena beberapa macam alasan. Biasanya sebuah rumah dijual dengan harga miring adalah bekas rumah sitaan. Tentunya hal ini sangat menggiurkan Anda untuk segera membelinya.

Dalam proses lelang barang sitaan, Bank biasanya bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan balai lelang swasta yang akan menjadi perantara antara bank dengan KPKNL. Namun hal penting yang harus Anda ketahui adalah jika rumah yang dilelang harus dibeli secara tunai dan tidak dapat dibeli secara kredit. Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum membeli rumah sitaan dengan harga yang relatif murah. Berikut ini adalah tips membeli rumah sitaan:

Rumah dalam kondisi bagus

Pastikan untuk melihat bagaimana kondisi rumah sitaan tersebut. Pasalnya tidak semua rumah sitaan masih memiliki kondisi yang bagus dan berkualitas. Untuk itu, Anda harus ekstra jeli ketika meninjau rumah tersebut. Jika beruntung maka Anda akan mendapatkan rumah sitaan yang berkualitas dengan harga yang rendah namun hal ini berlaku sebaliknya.

Siapkan uang tunai

Membeli rumah sitaan tidak dapat dilakukan secara kredit karena harus dibayarkan secara tunai sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Untuk itu Anda diwajibkan untuk mempunyai uang tunai sejumlah harga rumah tersebut, hal ini menghindari Anda dari pesaing lain yang menginginkan rumah tersebut.

Perhatikan lokasi rumah

Lokasi sebuah rumah menjadi penentu harga jual rumah tersebut. Pasalnya lokasi rumah yang strategi pastinya akan dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan rumah yang jauh dari tempat-tempat penting seperti bandara, tempat perbelanjaan dan lain-lain. Untuk itu Anda harus meninjau atau mendatangi lokasi rumah yang nantinya akan Anda beli tersebut. Hal ini juga akan menghindari Anda dari kondisi yang tidak diinginkan nantinya.

Terjun langsung

Biasanya banyak orang yang menyuruh orang lain untuk mengurusi perihal permasalahan rumah yang nantinya akan dibeli. Padahal alangkah lebih baik jika Anda terjun langsung jika ingin membeli sebuah rumah apalagi jika rumah tersebut adalah ruah hasil sitaan yang mempunyai harga miring.

Tujuan dari terjun langsung ini adalah agar menghindari Anda dari kesalahan atau rasa kurang puas Anda terhadap rumah yang nantinya akan dibeli. Jika Anda melihatnya secara langsung maka Anda sudah dapat mengira-ngira akan seperti apa suasana didalam serta lingkungan rumah tersebut.

Tips-tips tersebut merupakan tips penting ketika Anda ingin membeli rumah hasil dari sitaan dengan harga yang relatif miring atau murah. Pastikan untuk melihat secara seksama bagaimaa kondisi rumah tersebut karena tidak semua rumah sitaan masih dalam kondisi bagus atau berkualitas.

Tags :

Bagikan Artikel