BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA7 Solusi Beli Rumah Tanpa Riba
0
0

7 Solusi Beli Rumah Tanpa Riba

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apabila kamu ingin mendapatkan solusi KPR tanpa riba, beli rumah secara syariah bisa menjadi pertimbangkan. Sebab, kredit syariah tidak dibebankan bunga yang sesuai syariat Islam sampai jatuh tempo. Memang benar, membeli hunian secara KPR adalah salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang tidak dapat membeli rumah secara tunai. Namun, sistem KPR di Bank konvensional tetap termasuk riba. Simak artikel ini untuk membeli rumah tanpa riba!

Kamu dapat memiliki rumah idaman yang tidak kalah menariknya dari perumahan-perumahan elite di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu kamu juga dapat memiliki rumah terbaik edisi Pinhome yang dapat kamu temukan di Rumah Ekslusif.

Baca juga: Macam-Macam Jenis KPR Syariah dan Cara Pengajuannya

Solusi Beli Rumah dengan KPR Tanpa Riba

Sistem kerja dari KPR bank konvensional bukan menjadi pilihan tepat untuk sebagian umat Muslim. Sebab, pinjaman dana dengan bunga erat kaitannya dengan riba yang sifatnya haram dalam agama Islam. Inilah sebabnya, tak sedikit orang kemudian memilih mengajukan kredit rumah melalui bank syariah sebagai solusi KPR tanpa riba.

Terdapat beberapa cara membeli rumah dengan KPR tanpa riba yang dapat kamu pilih. Meski sama-sama membayar cicilan, ada perbedaan konsekuensi dari masing-masing metode. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Cash Keras

Source : Pinterest

Cara pertama untuk membeli rumah tanpa riba adalah dengan melakukan pembelian rumah dengan pembayaran cash keras. Beberapa developer dapat memberikan diskon jika membayar dengan sistem cash keras.

Pins harus menyiapkan tabungan yang besar sesuai dengan harga rumah ditambah dengan biaya-biaya lainnya. Jika belum memiliki tabungan, Pins bisa mulai menabung atau investasi terlebih dahulu agar tidak membeli rumah secara diangsur.

2. Membeli dengan Bayaran Bertahap

Source : Freepik

Kamu dapat memilih pembayaran dengan sistem cash yang bertahap loh Pins. Biasanya sistem ini memiliki jangka waktu mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Contohnya seperti ini Pins, ketika kamu membeli rumah dengan harga Rp400 juta lalu memilih jangka waktu selama 36 bulan. Maka setiap bulan, kamu akan membayar Rp11,1 juta per bulan. Skemanya memang mirip dengan KPR, yang membedakan adalah waktu pembayarannya yang lebih pendek dan tanpa bunga. 

Baca juga: 2 Jenis Pegadaian: Konvensional dan Syariah. Apa Bedanya?

3. Membeli Rumah dengan KPR Syariah

Source : Pinterest

Opsi berikutnya adalah membeli rumah dengan sistem KPR syariah. KPR syariah melakukan aktivitas jual beli rumah dengan prinsip murabahah. Dalam pelaksanaannya, bank syariah “seolah” membeli rumah yang menjadi keinginan masyarakat dan menawarkan kembali pada calon pembeli dengan pembayaran secara angsuran tanpa suku bunga.

Berbeda dengan KPR Bank konvensional yang memiliki suku bunga floating yang dapat meningkat. Inilah daya tarik lain dari KPR melalui bank syariah, yaitu memiliki beberapa akad syariah seperti Akad Murabahah, Akad Istishna, Akad Musyarakah Mutanaqisah, dan Akad Ijarah Muntahiyah bi Tamlik. 

4. Membangun Rumah Bertahap

Source : Pixabay

Cara keempat dalam membeli rumah tanpa riba adalah dengan membangun rumah secara bertahap. Kamu dapat membeli tanah terlebih dahulu secara tunai. Baru kemudian membangun rumah secara bertahap juga, seperti membangun rumah dengan memanfaatkan fungsionalnya tanpa finishing.

5. Mengajukan KPR Langsung ke Developer

Source : Pinterest

Cara selanjutnya kamu dapat mengajukan KPR langsung ke developer syariah. Developer syariah akan menggunakan sistem pembayaran tanpa perantara Bank. Pada umumnya konsep tenor yang ditawarkan cukup singkat, yaitu 1-5 tahun. Namun, pastikan untuk memeriksa legalitas developer sebelum akhirnya membeli rumah melalui developer properti syariah.

Terdapat asosiasi pengembang perumahan syariah atau disebut juga Developer Property Syariah Indonesia (DPSI). Kamu bisa membeli rumah dengan angsuran yang langsung dibayarkan pada pihak pengembang. Pengembang berbasis syariah mengimplementasikan solusi KPR tanpa riba dalam aktivitas operasional.

Baca juga: Begini Cara Mengajukan KPR Syariah untuk Rumah Bekas

6. Membeli Rumah Bekas

Source : Pinterest

Cara berikutnya dalam membeli rumah tanpa riba adalah dengan membeli rumah bekas. Kamu bisa mencari rumah bekas yang sesuai dengan tabungan yang kamu miliki. Jadi kamu tidak perlu meminjam uang kepada orang lain atau lembaga tertentu.

Kamu bisa loh melakukan negosiasi harga rumah dengan penjual, bahkan bisa mengajukan pembelian rumah dengan metode cicilan jika memungkinkan.

7. Meminjam ke Teman/ Saudara

Source : iStock

Cara beli rumah tanpa riba terakhir adalah dengan meminjam kepada teman atau saudara. Tentunya meminjam kepada kerabat terdekat bisa menjadi alternatif pengembalian uang tanpa bunga. Kamu dan pihak yang memberikan pinjaman bisa membuat surat perjanjian utang sebagai pengikat komitmen kedua belah pihak agar sama-sama merasa tenang.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Kelebihan dan Kekurangan KPR Syariah!

Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Membeli Rumah Syariah

Dalam membeli rumah tanpa riba, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar ketika membeli rumah dengan cara syariah tidak merugikan kamu. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Memeriksa kelengkapan perizinan pembangunan perumahan developer, seperti sertifikat tanah, surat perizinan proyek, dan IMB perumahan,
  • Memeriksa legalitas developer,
  • Jika developer bekerja sama dengan Bank, pastikan Bank tersebut adalah Bank syariah,
  • Ketika telah sepakat membangun dengan developer syariah, lakukan survey untuk memastikan pengerjaannya dilakukan dengan benar.

Itu tadi solusi beli rumah tanpa riba yang bisa kamu pilih, Pins. Pastikan kamu sudah memikirkan semua untung dan ruginya sebelum memilih, ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download