BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAMau Beli Apartemen Tanpa Riba? Kenali Kredit Apartemen Syariah Yuk!
0
0

Mau Beli Apartemen Tanpa Riba? Kenali Kredit Apartemen Syariah Yuk!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Saat ini tinggal di apartemen merupakan impian bagi sebagian orang terutama para milenial. Akan tetapi, harga jual apartemen terutama untuk di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung cukup tinggi. Agar lebih hemat, Kamu dapat memanfaatkan program kredit apartemen syariah yang dikeluarkan oleh beberapa bank syariah.

Mempunyai apartemen telah menjadi sebuah gaya hidup baru apalagi di kalangan para milenial. Kemudahan akses untuk menjangkau berbagai area, fasilitas modern dan beberapa kelebihan lainnya, menjadi sebuah daya tarik yang tidak dapat dibantah. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari kehadiran apartemen untuk dijadikan tempat tinggal.

Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga:

Definisi Kredit Apartemen Syariah

Source : Pixabay

Banyak yang berifikiran bahwa konsep syariah hanya dikhususkan untuk umat Islam saja. Padahal, hunian syariah juga bisa dimiliki oleh seluruh kalangan agama masyarakat. Secara umum, properti syariah merupakan properti yang memiliki skema transaksi sesuai dengan aturan syariah Islam. Dengan kredit apartemen syariah, tidak ada penambahan ataupun pengurangan biaya pada saat transaksi jual beli sedang berlangsung, tanpa riba, dan sita.

Akad yang Digunakan

Jenis akad yang biasanya digunakan dalam pembiayaan kepemilikan rumah dan apartemen di Indonesia yaitu sebagai berikut:

1. Akad Jual Beli atau Akad Murabahah

Source : Pixabay

Murabahah merupakan perjanjian jual-beli antara bank dengan nasabah dimana bank syariah akan membeli barang yang dibutuhkan oleh nasabah kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan sebesar harga perolehan ditambah dengan margin ataupun keuntungan yang telah disepakati antara bank dan nasabah.

Dalam transaksi dengan menggunakan akad yang satu ini, bank syariah akan melakukan pembelian rumah ataupun apartemen yang diinginkan nasabah (bank bertindak sebagai pemilik rumah) dan berikutnya menjual apartemen tersebut kepada nasabah dengan cara di cicil.

Bank tidak akan mengenakan bunga kepada nasabah atas pembayaran cicilan yang dilakukan akan tetapi mengambil margin ataupun keuntungan dari penjualan rumah yang telah ditetapkan dari awal. Dikarenakan prinsip akad murabahah yang digunakan ini, besaran cicilan yang perlu dibayarkan oleh nasabah dalam jangka waktu tertentu yang disepakati telah ditetapkan sejak awal bersifat tetap.

2. Akad Musyarakah Mutanaqisah (Kerja Sama – Sewa)

Musyarakah mutanaqisah merupakan akad antara dua pihak atau lebih yang berserikat atau berkongsi terhadap suatu barang dimana salah satu pihak kemudian membeli bagian pihak lainnya secara bertahap.

Pada skema ini, bank dan nasabah akan bersama-sama melakukan pembelian rumah ataupun apartemen dengan prosi kepemilikan yang sudah disepakati. Berikutnya, nasabah akan membeli rumah ataupun apartemen tersebut dari pihak bank dengan cara melakukan pengangsuran ataupun pencicilan dana menurut modal kepemilikan rumah atau apartemen yang dimiliki oleh bank. Hingga akhirnya semua aset kepemilikan bank telah berpindah tangan kepada nasabah. Besar cicilan yang dibayarkan oleh nasabah dengan skema ini ditentukan berdasarkan kesepakatan antara bank dengan nasabah.

3. Akad Lainnya

Source : Pixabay

Nah yang ketiga, yaitu terdapat juga akad lainnya yang dapat digunakan seperti Istishna, Ijarah Muntahiyyah Bit Tamlik (IMBT). Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik ialah akad sewa menyewa yang diakhiri dengan pemindahan kepemilikan objek akad dari pihak pemberi sewa (mu’ajir) kepada pihak penyewa (musta’jir) melalui akad jual beli ataupun hibah sehabis berakhirnya masa sewa.

Cara Mengajukan Kredit Apartemen Syariah

Jika Kamu tertarik untuk membeli apartemen, saat ini sudah terdapat banyak cara kredit apartemen syariah yang dapat Kamu lakukan. Pada berbagai bank, sekarang telah terdapat produk KPA yang dapat Kamu manfaatkan untuk membeli sebuah apartemen impian Kamu. Dengan KPA syariah, membeli apartemen baik baru ataupun bekas dapat menggunakan akad jual beli (murabahah) ataupun menggunakan akad lainnya.

Cara pengajuan kredit apartemen syariah hampir mirip dengan mengajukan KPR ketika Kamu ingin membeli rumah. Berikut ini beberapa langkah-langkah yang dapat Kamu lakukan.

1. Memilih Apartemen yang Kamu inginkan

Source : Pixabay

Hal pertama yang harus Kamu lakukan yaitu mengumpulkan informasi mengenai apartemen yang ingin Kamu beli terlebih dahulu. Ada baiknya, lakukan survey ke beberapa apartemen yang telah Kamu pilih sebelum memastikan untuk membeli unit apartemen yang mana. Kamu juga harus memilih hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar, agar tidak menyusahkan Kamu di kemudian harinya.

2. Menyiapkan DP

Source : Pixabay

Down Payment atau biasa dikenal dengan sebutan uang muka saat ini berkisar di 10% dari harga asli properti. Kamu dapat menabung terlebih dahulu untuk DP sebelum mengajukan KPA. Tidak hanya DP saja, terdapat juga beberapa biaya administrasi lainnya yang perlu Kamu bayarkan nantinya seperti provinsi dan biaya appraisal.

3. Melengkapi Syarat Dokumen

Setelah Kamu memilih apartemen dan menyiapkan DP, hal berikutnya yaitu perlu Kamu lakukan yaitu melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. Untuk mengajukan KPA, persyaratan administrasi harus untuk dipenuhi. Persyaratannya tersebut biasanya berupa fotokopi KPT, Kartu Keluarga, Fotokopi surat nikah, fotokopi slip gaji, sampai fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download