BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiTips Beli Rumah Cash Secara Bertahap? Perhatikan Hal Berikut!
0
0

Tips Beli Rumah Cash Secara Bertahap? Perhatikan Hal Berikut!

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tips beli rumah cash secara bertahaptop-right-banner

Jika ingin cepat-cepat membeli rumah tapi gak berani punya hutang lama-lama seperti KPR, Pins bisa coba opsi metode dan tips beli rumah cash secara bertahap. Apa saja yang harus diperhatikan?

Secara umum, industri properti mengenal 3 metode pembayaran untuk jual-beli rumah: tunai keras, tunai bertahap, dan KPR. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga Pins sebaiknya melakukan perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan ekonomi Pins sendiri. Ohya jika punya properti, kamu bisa pasang iklan jual rumah gratis di Pinhome, lho!

Baca juga: 

Tips Beli Rumah Cash Secara Bertahap

Dalam artikel ini, Pinhome akan membahas tentang tunai bertahap atau cash bertahap. Secara garis besar, metode pembayaran ini sebenarnya terhitung sebagai tunai, namun dilakukan secara bertahap tiap bulan dalam jangka waktu tertentu. Bisa dibilang cash bertahap ini merupakan hybrid antara metode pembayaran tunai dan KPR.

Jalin Komunikasi Dengan Developer

tips beli rumah cash secara bertahap
Source : Pinhome.id

Metode pembayaran cash bertahap ini dilakukan antara pembeli dan pengembang, Pins. Jadi pastikan Pins memiliki akses langsung ke developer tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu cek rekam jejak pengembang tersebut dan pastikan pengembang yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik.

Sebelum mengeluarkan biaya, pastikan kesepakatan sudah sesuai dan menguntungkan kedua belah pihak. Cantumkan juga kesepakatan menggunakan metode pembayaran cash bertahap di dalam Perjanjian Jual Beli (PJB) yang dibuat oleh notaris.

Baca Juga:

Jangan Lupa Membayar Booking Fee

Source : USA Today

Booking fee atau uang tanda jadi merupakan tanda kesepakatan untuk melakukan transaksi properti. Dengan uang tanda jadi tersebut, Pins setuju untuk berkomitmen membayar rumah dengan tunai bertahap.

Sedangkan pengembang berkomitmen untuk membangun rumah Pins sesuai dengan spesifikasi dan di kavling yang sudah Pins pilih. Jumlah booking fee ini tergantung oleh peraturan masing-masing pengembang ya, Pins!

Baca Juga:

Lakukan Kesepakatan Pra Perjanjian Jual Beli (PPJB)

tips beli rumah cash secara bertahap
Source : Unsplash

Untuk menghindari resiko, kedua pihak dibantu oleh notaris untuk menandatangani PPJB yang berisi tentang peraturan metode pembayaran cash bertahap. Di dalam PPJB biasanya terdiri dari spesifikasi bangunan, harga beli, jumlah cicilan per bulan, waktu pembayaran, dan waktu pengerjaan rumah.

Baca Juga:

Buat Akta Jual Beli

Source : iStock

Setelah melewati proses kesepakatan dan sudah melunasi pembayaran rumah, Pins dapat meningkakan PPJB menjadi Akta Jual Beli. Dokumen ini akan menjadi acuan Pins untuk mengurus administratif rumah baru, seperti urusan Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Penambahan Nilai, dan sebagainya. Biasanya, pada hari terakhir melunasi cash bertahap, Pins datang bersama pengembang untuk meminta notaris membuat Akta Jual Beli.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download