BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAKenalan dengan Aplikasi Sikasep KPR Subsidi dan Cara Pakainya
0
0

Kenalan dengan Aplikasi Sikasep KPR Subsidi dan Cara Pakainya

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Kenalan Yuk dengan Aplikasi Sikasep KPR Subsidi dan Cara Pakainyatop-right-banner

Supaya bisa mendapatkan rumah subsidi yang tepat tentu bukan menjadi hal yang mudah. Mulai dari langsung ke lokasi, mendatangi pameran, hingga mencari info dari internet. Namun, sekarang sudah ada Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan atau SiKasep KPR subsidi yang membuat kamu lebih mudah menemukan rumah idaman. 

Selain aplikasi SiKasep, masyarakat yang mencari informasi seputar rumah subsidi juga bisa mengakses http://rumahsubsidi.pu.go.id/ milik PUPR atau Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) pada https://sikumbang.ppdpp.id/ yang berada dalam pengelolaan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

Baca juga: Tak Perlu Ragu, Ini Keuntungan dari Rumah Subsidi

Mengenal Aplikasi Sikasep KPR Subsidi

Source : Freepik

SiKasep KPR subsidi merupakan aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mendapatkan informasi seputar rumah KPR subsidi dari pemerintah. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pembelian rumah KPR langsung dari aplikasi. Seperti aplikasi lain, kamu harus melakukan pendaftaran supaya bisa mengakses semua layanan aplikasi ini. 

Aplikasi SiKasep tidak hanya membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan informasi seputar rumah subsidi yang tersebut, tetapi juga berbagai fasilitas lainnya yang berhubungan dengan pengajuan pinjaman untuk KPR rumah subsidi. 

Melalui aplikasi ini, calon pembeli juga bisa melihat wujud properti dan spesifikasinya tanpa perlu melakukan survei lokasi. Bahkan, kamu juga bisa mengecek kebutuhan tentang rumah subsidi, mulai dari harga, lokasi, pengembang, dan proses transaksinya. 

Fitur dalam Aplikasi SiKasep

Source : Freepik

Lalu, apa saja fitur yang ada dalam aplikasi ini? Ternyata cukup beragam, Pins. Tersedia fitur lokasi hunian pilihan, perumahan lain yang letaknya tidak jauh, memilih bank KPR FLPP, mengecek status permohonan pengajuan KPR, dan masih banyak lagi. 

Menariknya, fitur dalam aplikasi SiKasep dibuat dengan basis koordinat. Ini berarti, masing-masing pengguna bisa mengajukan permohonan KPR, misalnya KPR Sejahtera FLPP dan jenis lainnya langsung pada bank tujuan. 

Selain itu, setiap pengguna juga bisa langsung mengecek status permohonan pengajuan KPR dan melakukan pembaharuan dan perbaikan data secara mandiri apabila terjadi kesalahan input data pada aplikasi. 

Saat ini, SiKasep KPR subsidi sedang masuk pada tahap pengembangan untuk menjadi aplikasi single interface. Saat mengaksesnya, kamu dapat menemukan aplikasi serupa lainnya, seperti aplikasi SiKumbang, Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk), dan SiAki atau Sistem Aktivasi QR Code. 

Baca juga: Harga Rumah Subsidi dan Cara Pendaftarannya

Cara Menggunakan Aplikasi SiKasep KPR Subsidi

Aplikasi SiKasep menyediakan informasi tentang ketersediaan rumah subsidi secara real time yang telah mendapatkan dukungan dari para pengembang yang masuk dalam asosiasi pengembang. Setidaknya, ada sekitar 19 asosiasi pengembang dengan lebih dari 6 ribu pengembang di Indonesia. 

Kalau kamu baru pertama kali ingin menggunakan aplikasi SiKasep, berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

Lakukan pendaftaran

Source : Freepik

Setelah berhasil mengunduh aplikasi SiKasep pada ponselmu, kamu bisa langsung melakukan registrasi. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, kamu harus mengisi semua informasi data dengan benar dan lengkap. Pastikan untuk mengecek kembali informasi yang sudah kamu cantumkan untuk menghindari kekeliruan. 

Selanjutnya, aplikasi akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi dengan swafoto lengkap dengan memegang kartu identitas (KTP) yang masih berlaku. Selain itu, aplikasi juga meminta kamu melakukan swafoto kartu identitas sendiri. Jika sudah, kamu akan mendapat informasi berhasil daftar dan bisa masuk ke aplikasi. 

Carilah Rumah KPR Subsidi Sesuai Kebutuhan

Source : Freepik

Sekarang, kamu sudah berhasil masuk ke aplikasi SiKasep dan bisa menggunakan semua layanan dan fitur yang tersedia. Selanjutnya, kamu bisa memulai mencari hunian subsidi yang sesuai dengan kebutuhan. Cukup isikan data tentang lokasi yang lebih spesifik pada kolom yang tersedia.

Masih belum menemukan hunian yang tepat? Tenang saja, SiKasep KPR subsidi juga menawarkan rekomendasi perumahan subsidi lain yang tidak jauh lokasinya dari pilihan kamu sebelumnya. Jika kamu sudah menentukan pilihan rumah yang sesuai dengan target, klik tombol pilih.

Jangan lupa, kamu juga harus memilih bank penyedia layanan KPR FLPP pada aplikasi. Pilihlah yang sesuai dengan keinginan, lalu klik lanjutkan.

Baca juga: Ini Dia Batasan, Syarat dan Ketentuan Renovasi Rumah Subsidi!

Mengecek status permohonan pengajuan KPR

Source : Freepik

Jika sudah melalui tahapan sebelumnya dan mengajukan KPR, kamu bisa melihat dan memantau status permohonan pengajuan KPR pada aplikasi. Nantinya, akan ada info tentang status permohonan, mulai dari status 1 sampai 6.

  • Status 1, berarti semua data kamu sudah masuk dalam basis data PPDPP dan terdaftar pada Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan.
  • Tahap 2, yang berarti pengajuan KPR kamu masuk dalam tahapan pemeriksaan atau checking
  • Status 3, artinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui warna ikon pada aplikasi. Jika warnanya hijau, maka kamu lolos pada status berikutnya. Sementara itu, apabila warnanya merah, artinya tentu saja kamu tidak lolos.
  • Tahap 4, yaitu tahapan pengajuan verifikasi pada pihak bank FLPP yang kamu pilih saat mengajukan permohonan KPR.
  • Status 5, kamu akan kembali mendapatkan informasi melalui warna ikon aplikasi. Jika hijau warnanya, maka kamu lolos pada tahapan verifikasi oleh pihak bank. Sementara itu, apabila warnanya merah, maka kamu tidak lolos. 
  • Tahap 6 adalah tahapan paling akhir, yaitu pengajuan dana FLPP oleh pihak bank kepada PPDPP. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari kerja. 

Itu tadi informasi lengkap mengenai aplikasi SiKasep KPR subsidi dan bagaimana cara memakainya. Tentunya menjadi lebih mudah untuk kamu yang ingin mengajukan KPR rumah subsidi. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Sentra Hiils Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download