Pinhome

KPR / KPA

Cara Mendapat KPR Subsidi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Bagi yang ingin membeli rumah dengan harga murah maka bisa menerapkan cara mendapat KPR subsidi yang akan kita uraikan disini. Subsidi disini berarti mendapat potongan harga secara gratis, jadi tidak perlu membayar harga rumah secara penuh. Penerapan subsidi bisa berupa keringanan membayar uang muka rumah, potongan bunga bank, atau potongan angsuran bulanan selama sekian tahun. Tergantung kebijakan pemerintah, Bank dan pihak developer pengembang perumahan. O.k langsung saja kita uraikan beberapa tips agar disetujui ketika mengajukan kredit pemilikan rumah dengan mendapat bonus subsidi dari pemerintah.

Baca juga: Ini Dia Batasan Renovasi Rumah Sederhana yang Diperbolehkan untuk Rumah Subsidi!

Cara mendapat KPR subsidi

  1. Membeli rumah pertama. karena biasanya yang punya rumah kedua atau ketiga itu sudah tergolong banyak harta, jadi sebaiknya mengalah agar digunakan oleh orang yang benar-benar membutuhkan.
  2. Kita lihat peraturan pemerintah untuk mengetahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, misalnya harga rumah maksimal sekian puluh juta, gaji perbulan maksimal sekian juta, dan beberapa sayarat lain. jika kita masuk ke syarat tersebut maka sudah pasti bisa mendapatkan fasilitas tersebut.
  3. Membeli rumah yang harganya tidak tergolong mahal,kita bisa mencari lokasi yang strategis sehingga secara otomatis harga rumah terus meningkat apalagi setelah kita lakukan renovasi untuk memperindah rumah.
  4. Kita tentukan jangka waktu dan besarnya angsuran yang kira-kira nilainya tidak lebih dari 30% x gaji kita perbulan. karena jika lebih dari itu maka dianggap terlalu memberatkan sehingga pihak Bank masih pikir-pikir untuk menyetujui.
  5. Menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan, bisa menanyakan ke developer atau Bank. contohnya ketika kita mengajukan kredit griya multi KGM di Bank BTN maka syaratnya bisa dilihat disini.
  6. Disiplin waktu, menyiapkan dokumen dan datang memenuhi panggilan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  7. Mengajukan kredit pada Bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan KPR bersubsidi misalnya Bank Tabungan Negara, Bank Mandiri, Bank rakyat indonesia, Bank negara indonesia. untuk lebih mudahnya kita pilih saja yang Bank BUMN.
  8. Setelah KPR bersubsidi kita disetujui maka pastikan untuk mengangsur tiap bulan tepat waktu, agar rumah kita tidak ditempel plank “rumah ini sedang dalam pengawasan Bank” atau “rumah ini dilelang”.

Demikian beberapa langkah yang bisa dicoba agar bisa memperoleh KPR bersubsidi. Cara lainya silahkan dicari tahu dan mencoba-coba sendiri. Dan kalau punya tips terbaru maka bisa berbagi ilmu KPR rumah ini, semoga cepat mendapat rumah idaman dengan harga semurah mungkin 🙂

Tags :

Bagikan Artikel