Pinhome

SHGB Adalah Sertifikat Hak Guna Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Membeli tanah atau properti itu perlu melihat legalitasnya secara hukum. Bisa berbentuk surat girik, akta jual beli kelurahan, atau sertifikat. Tentu jenis sertifikat yang paling kuat yaitu sertifikat SHM yang berarti sertifikat hak milik. SHGB adalah sertifikat hak guna bangunan. 

Pinhome – Saat ini masih banyak orang yang belum begitu mengetahui apa itu SHGB dan SHM. Mereka masih memiliki presepsi yang salah mengenai HGB dan SHGB yang digunakan saat ini.

Baca Juga: 

Arti SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) Adalah

(Universalbpr.co.id)

Yaitu sertifikat yang pemiliknya punya hak membuat serta memiliki bangunan diatas suatu tanah. Namun, tanah tersebut bukanlah punya pemilik bangunan yang didirikan diatasnya. Tanahnya bisa milik negara, perorangan, atau badan hukum.

kepemilikan SHGB dibatasi selama 30 tahun lalu dapat melakukan perpanjangan dengan batasan waktu 20 tahun. Hak guna bangunan hanya boleh dimiliki oleh WNI dan badan hukum yang berada di indonesia dan didirikan berdasarkan hukum negara kesatuan republik indonesia.

Baca Juga: 

Kelebihan Properti Dengan Sertifikat SHGB Adalah

shgb adalah
(Builder.id)
  • Harganya lebih murah dari SHM, sehingga dapat dibeli dengan dana yang lebih kecil.
  • Dapat dimiliki oleh yang bukan warga negara Indonesia.
  • Properti dengan sertifikat ini biasanya terdapat diarea yang cocok untuk menjalankan usaha sehingga peluang untuk menjalankan bisnis ditempat ini jauh lebih besar.

Kerugian Properti Dengan Sertifikat SHGB

shgb adalah
(Okproperti.co.id)
  • Kebebasan terhadap properti tersebut sifatnya terbatas.
  • Jangka waktu kepemilikanya dibatasi selama sekian tahun, namun bisa diperpanjang lagi.

Baca Juga: 

Cara meningkatkan sertifikat SHGB ke SHM

(Pinterest)

Kita bisa datang ke kantor badan pertanahan nasional (BPN) dicabang dimana lokasi tanah atau bangunan berada. Syaratnya yaitu properti SHGB tersebut harus sudah dimiliki oleh warga negara indonesia (WNI), luasnya tidak boleh lebih dari 600 m2.

WNI tersebut harus dalam kondisi masih menguasai tanah serta memiliki sertifikat hak guna bangunan yang mau ditingkatkan ke hak milik. Adapun biaya resmi peningkatan ini pada tahun 2018 adalah sekitar tujuh juta rupiah. Harganya dapat dipengaruhi oleh lokasi dan jasa notaris atau pejabat pembuat akta tanah (PPAT) apabila menggunakanya. Penjelasan lebih detail di cara mengubah sertifikat SHGB ke SHM

Begitulah penjelasan tentang SHGB adalah sertifikat hak guna bangunan, kelebihan properti bersertifikat tersebut, serta cara mengubah sertifikat SHGB ke SHM. Semoga bisa menambah pengetahuan tentang dunia properti khususnya mengenai legalitasnya.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Cinere Parkview di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel