12 Desain Foyer Ruang Tamu yang Sederhana Hingga Mewah

Dipublikasikan oleh Linda Juliawanti ∙ 15 August 2022 ∙ 6 menit membaca

Ada banyak cara untuk menciptakan kesan pertama yang baik untuk tamu yang berkunjung ke rumahmu, salah satunya dengan memilih desain foyer di ruang tamu. Foyer adalah sebuah ruang atau area yang menjadi perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah seperti ruang tamu, atau teras dengan ruang keluarga. 

Selain itu, area ini juga dapat diartikan sebagai ruang transisi di dalam rumah, yang berada antara muka dengan dalam rumah. 

Umumnya, area perantara ini terdapat di hunian yang berukuran luas. Tetapi tak sedikit orang yang menggunakan area ini sebagai pengganti ruang tamu untuk menerima orang luar yang tidak terlalu dekat. 

Mengingat foyer menjadi area untuk menyambut tamu, sekaligus ruang pemisah antara bagian dalam dan luar rumah, maka Pins yang menginginkan ada area ini sebaiknya memikirkan desainnya dengan baik. 

Yuk, Pins simak referensi 12 desain foyer ruang tamu yang sederhana hingga berkonsep mewah berikut ini! 

1. Desain Foyer Minimalis

foyer ruang tamu minimalis
(Idle Hands Awake)

Siapa bilang foyer sulit diaplikasikan pada rumah mungil? Nyatanya,  foyer ruang tamu tidak harus menempati ruangan tertentu karena dengan rak ambalan di dinding pun terbilang cukup. Dengan konsep minimalis ini, area transisi ini terlihat cantik dan praktis tanpa harus membuat ruang menjadi sempit dan boros. 

Tambahkan satu buah kursi dan bantal di sudut foyer serta alat penggantung jaket yang melengkapi desainnya. Kalau mau lebih menarik lagi, Pins bisa memilih satu buah tanaman dan lukisan atau foto keluarga di dinding. 

2. Desain Foyer Ruang Tamu Monokrom

foyer ruang tamu monokrom
(Pinterest)

Konsep monokrom yang didominasi oleh warna hitam, putih, dan abu-abu menjadi pilihan menarik lainnya untuk desain foyer di ruang tamu yang sederhana. Walaupun ruang ini tidak luas, tetapi berkat penggunaan konsep ini, foyer terasa bersih dan luas.  

Supaya area ini tampak lebih elegan, Pins bisa menambahkan lukisan atau foto tema monokrom sebagai hiasan dinding serta tempat duduk kecil berwarna senada. Benda ini juga dapat memberikan kesan hangat dalam hunian.

3. Desain Foyer Ruang Tamu Tema Vintage

foyer ruang tamu vintage
(Vintage Industrial Style)

Buat kamu yang menyukai segala sesuatu bergaya klasik, tema vintage menjadi desain foyer ruang tamu yang sempurna. Kesan klasik pada area ini akan semakin unik dengan hadirnya beberapa barang antik yang membawa kenangan masa lalu.

Untuk membuat ruangan memiliki kesan zaman dulu yang kuat, tambahkan satu buah cermin dari kayu berukuran sedang, serta kursi rotan panjang yang bagian bawahnya berfungsi sebagai tempat menyimpan sepatu.

Baca juga:

17 Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

4. Desain Foyer Ala Jepang

foyer ruang tamu ala jepang
(Maricamckeel)

Dalam desain rumah ala Jepang atau Japandi modern, foyer adalah ruang yang penting area higienis yang menjadi pembatas ruang depan antara pintu masuk dengan bagian dalam rumah. Konsep foyer Japandi memiliki perpaduan warna putih dan aksen kayu yang khas. 

Pada desain foyer ruang tamu bergaya Jepang, Pins dapat menambahkan rak custom built in dari material kayu sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang setelah digunakan dari luar, seperti sepatu, jaket, atau helm. 

5. Desain Foyer Ruang Tamu Batu Alam

foyer ruang tamu batu alam
(Norstoneusa)

Batu alam kerap kali digunakan sebagai elemen penambah kesan natural sekaligus elegan untuk sebuah hunian. Pins juga bisa menambahkan unsur batu alam pada area foyer dengan menjadikannya sebagai wall cladding yang menawan, lho, Pins! 

Hasil akhir yang ditampilkan dengan adanya penambahan unsur batu alam yakni memberikan efek transisi yang mulus dari foyer ke ruang lain yang ada di baliknya. Sangat elegan dan estetik. 

6. Desain Foyer Bergaya Boho

foyer ruang tamu boho
(Curated Interior)

Boho alias Bohemian merupakan desain interior yang memadukan unsur vintage dan etnik yang unik dan penuh warna. Gaya Boho juga dapat diaplikasikan pada foyer, terutama untuk kamu yang memang ingin mengubah tampilan hunian dengan kesan berbeda. 

Untuk konsep satu ini, Pins dapat memberikan hiasan kain bermotif serta warna yang bertabrakan. Tambahkan tanaman hias untuk memperkuat kesan Bohomenian pada area satu ini. 

Baca juga:

15 Ide Desain Mezzanine Ruang Tamu untuk Memperluas Ruangan

7. Desain Foyer Manis Ala Perancis

foyer ruang tamu Prancis
(Van der Horn Architects)

Apabila Pins memiliki luas ruang untuk area foyer lebih luas, maka desain ala Perancis bisa kamu aplikasikan. Konsepnya yang elegan, dapat memberikan kesan pertama yang menampakan kemewahan. 

Foyer bergaya Perancis ini berada tepat di belakang pintu utama serta jendela depan rumah. Nuansa klasiknya terlihat kental ditambah dengan tangga berliku yang cantik serta dinding berlapis marmer putih.

8. Desain Foyer Elegan Khas Scandinavian

foyer ruang tamu Scandinavian
(Home Stratosphere)

Ciri khas desain foyer Skandinavia adalah minimalis dan banyak memakai unsur alami, terutama kayu serta penggunaan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, cokelat muda, dan krem. 

Nah, pada foyer bergaya Scandinavian pun demikian. Adanya partisi kayu menambah kenyamanan dan daya tarik area secara keseluruhan. 

9. Desain Foyer Glamor Ala Hollywood  

foyer ruang tamu hollywood
(House Beautiful)

Bagi para desain glamor, desain foyer bergaya Hollywood akan sangat menarik diaplikasikan di rumahmu. Hadirnya permadani bermotif zebra dilengkapi lantai marmer kotak-kotak serta tangganya yang elegan membuat area ini terlihat estetik dan indah dipandang di mata. 

Agar semakin elegan, tambahkan satu buah meja kecil, kursi berwarna putih gading atau cream dan bantal-bantal yang empuk. Tamu akan duduk dengan nyaman meski hanya datang dalam waktu yang singkat. 

Baca juga:

16 Variasi Warna Cat Ruang Tamu Cream yang Menarik

10. Desain Foyer Kontemporer

Foyer ruang tamu kontemporer
(Chairish)

Foyer bergaya kontemporer pada dasarnya merupakan gaya desain yang identik dengan kesan kekinian. Pins dapat mengaplikasikan desain kontemporer dengan ciri khas pencahayaan alami yang maksimal. Pencahayaan ini diberikan dengan jendela besar di dekat pintu masuk. 

Pada rumah-rumah kontemporer, area foyer biasanya dibuat lebih besar karena berguna sebagai pengganti ruang tamu. Jadi, tak ada salahnya menambahkan dua buah kursi dan satu meja, serta sejumlah hiasan agar bercengkrama menjadi lebih nyaman. 

11. Desain Foyer Ruang Tamu Industrial

Foyer ruang tamu industrial
(Hackrea)

Nuansa mewah dan unik menjadi dalam satu tampilan pada foyer ruang tamu bertema industrial. Sesuai definisi dari arsitektur industrial, foyer ini juga menampilkan konsep setengah jadi atau unfinished pada dindingnya yang terlihat belum dicat. 

Untuk menambah daya tarik area ini, Pins bisa menambah satu buah cermin dan gantungan jaket atau topi pada dinding sebelah pintu masuk.  

12. Desain Foyer Hacienda

Foyer ruang tamu hacienda
(Cabo Dream House)

Desain Hacienda mempunyai ciri khas dari warna dinding plesteran putih dan genteng tanah liat berwarna merah. Adapun untuk desain foyer di ruang tamu bergaya Hacienda sendiri memiliki keunikan lengkungan atau arch yang mencolok. 

Kemudian, aksen kayu rustic juga akan melekat pada foyer Hacienda sehingga memberikan kesan jadul tetapi tidak ketinggalan zaman. 

Nah, itulah beberapa desain foyer ruang tamu yang sederhana hingga mewah untuk menjadi inspirasimu. Adakah konsep yang kamu sukai, Pins? 

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ini Dia Cara Mudah Bikin Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Setiap tahunnya, penggunaan smartphone, terutama Android, terus mengalami peningkatan. Bagaimana ti

Teknik Sipil
Teknik Sipil Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia