BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Foyer Ruang Tamu yang Sederhana Hingga Mewah
0
0

15 Desain Foyer Ruang Tamu yang Sederhana Hingga Mewah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 22, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
foyer ruang tamutop-right-banner

Ada banyak cara untuk menciptakan kesan pertama yang baik untuk tamu yang berkunjung ke rumahmu, salah satunya dengan memilih desain foyer ruang tamu. Foyer adalah sebuah ruang atau area yang menjadi perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah seperti ruang tamu, atau teras dengan ruang keluarga. 

Selain itu, area ini juga dapat diartikan sebagai ruang transisi di dalam rumah, yang berada antara muka dengan dalam rumah. Umumnya, area perantara ini terdapat di hunian yang berukuran luas.

Tetapi tak sedikit orang yang menggunakan area ini sebagai pengganti ruang tamu untuk menerima orang luar yang tidak terlalu dekat. Banyak Iklan properti yang juga menampilkan area ini sebagai daya tarik hunian. Misalnya saat ingin menjual rumah dekat Tjong A Fie Mansion, rumah di Pademangan, rumah di Bogor seperti Intan Residence.

Desain Foyer Ruang Tamu

Mengingat foyer menjadi area untuk menyambut tamu, sekaligus ruang pemisah antara bagian dalam dan luar rumah, maka Pins yang menginginkan ada area ini sebaiknya memikirkan desainnya dengan baik. 

Yuk, Pins simak referensi 12 desain foyer ruang tamu yang sederhana hingga berkonsep mewah berikut ini! 

1. Desain Foyer Minimalis

foyer ruang tamu minimalis
Source : Idle Hands Awake

Siapa bilang foyer sulit diaplikasikan pada rumah mungil? Nyatanya,  foyer ruang tamu tidak harus menempati ruangan tertentu karena dengan rak ambalan di dinding pun terbilang cukup. Dengan konsep minimalis ini, area transisi ini terlihat cantik dan praktis tanpa harus membuat ruang menjadi sempit dan boros. 

Tambahkan satu buah kursi dan bantal di sudut foyer serta alat penggantung jaket yang melengkapi desainnya. Kalau mau lebih menarik lagi, Pins bisa memilih satu buah tanaman hias indoor yang tepat dan lukisan atau foto keluarga di dinding. 

Baca juga: 17 Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

2. Desain Foyer Ruang Tamu Monokrom

foyer ruang tamu monokrom
Source : Pinterest

Konsep rumah monokrom yang didominasi oleh warna hitam, putih, dan abu-abu menjadi pilihan menarik lainnya untuk desain foyer di ruang tamu yang sederhana. Walaupun ruang ini tidak luas, tetapi berkat penggunaan konsep ini, foyer terasa bersih dan luas.  

Supaya area ini tampak lebih elegan, Pins bisa menambahkan lukisan atau foto tema monokrom sebagai hiasan dinding serta tempat duduk kecil berwarna senada. Benda ini juga dapat memberikan kesan hangat dalam hunian.

3. Desain Foyer Ruang Tamu Tema Vintage

foyer ruang tamu vintage
Source : Vintage Industrial Style

Buat kamu yang menyukai segala sesuatu bergaya klasik, tema vintage menjadi desain foyer ruang tamu yang sempurna. Kesan klasik pada area ini akan semakin unik dengan hadirnya beberapa barang antik yang membawa kenangan masa lalu.

Untuk membuat ruangan memiliki kesan zaman dulu yang kuat, tambahkan satu buah cermin dari kayu berukuran sedang, serta kursi rotan panjang yang bagian bawahnya berfungsi sebagai tempat menyimpan sepatu.

4. Desain Foyer Ala Jepang

foyer ruang tamu ala jepang
Source : Maricamckeel

Dalam desain rumah ala Jepang atau Japandi modern, foyer adalah ruang yang penting area higienis yang menjadi pembatas ruang depan antara pintu masuk dengan bagian dalam rumah. Konsep foyer rumah Japandi memiliki perpaduan warna putih dan aksen kayu yang khas. 

Pada desain foyer ruang tamu bergaya Jepang, Pins dapat menambahkan rak custom built in dari material kayu sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang setelah digunakan dari luar, seperti sepatu, jaket, atau helm. 

5. Desain Foyer Ruang Tamu Batu Alam

foyer ruang tamu batu alam
Source : Norstoneusa

Batu alam kerap kali digunakan sebagai elemen penambah kesan natural sekaligus elegan untuk sebuah hunian. Pins juga bisa menambahkan unsur batu alam pada area foyer dengan menjadikannya sebagai wall cladding yang menawan, lho, Pins! 

Hasil akhir yang ditampilkan dengan adanya penambahan unsur batu alam yakni memberikan efek transisi yang mulus dari foyer ke ruang lain yang ada di baliknya. Sangat elegan dan estetik. 

6. Desain Foyer Bergaya Boho

foyer ruang tamu boho
Source : Curated Interior

Boho alias Bohemian merupakan desain interior yang memadukan unsur vintage dan etnik yang unik dan penuh warna. Gaya Boho juga dapat diaplikasikan pada foyer, terutama untuk kamu yang memang ingin mengubah tampilan hunian dengan kesan berbeda. 

Untuk konsep satu ini, Pins dapat memberikan hiasan kain bermotif serta warna yang bertabrakan. Tambahkan tanaman hias untuk memperkuat kesan Bohomenian pada area satu ini. 

Baca juga: 15 Ide Desain Mezzanine Ruang Tamu untuk Memperluas Ruangan

7. Desain Foyer Manis Ala Perancis

foyer ruang tamu Prancis
Source : Van der Horn Architects

Apabila Pins memiliki luas ruang untuk area foyer lebih luas, maka desain ala Perancis bisa kamu aplikasikan. Konsepnya yang elegan, dapat memberikan kesan pertama yang menampakan kemewahan. 

Foyer bergaya Perancis ini berada tepat di belakang pintu utama serta jendela depan rumah. Nuansa klasiknya terlihat kental ditambah dengan tangga berliku yang cantik serta dinding berlapis marmer putih.

8. Desain Foyer Elegan Khas Scandinavian

foyer ruang tamu Scandinavian
Source : Home Stratosphere

Ciri khas desain foyer Skandinavia adalah minimalis dan banyak memakai unsur alami, terutama kayu serta penggunaan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, cokelat muda, dan krem. 

Nah, pada foyer bergaya Scandinavian pun demikian. Adanya partisi kayu menambah kenyamanan dan daya tarik area secara keseluruhan. 

9. Desain Foyer Glamor Ala Hollywood

foyer ruang tamu hollywood
Source : House Beautiful

Bagi para desain glamor, desain foyer bergaya Hollywood akan sangat menarik diaplikasikan di rumahmu. Hadirnya permadani bermotif zebra dilengkapi lantai marmer kotak-kotak serta tangganya yang elegan membuat area ini terlihat estetik dan indah dipandang di mata. 

Agar semakin elegan, tambahkan satu buah meja kecil, kursi berwarna putih gading atau cream dan bantal-bantal yang empuk. Tamu akan duduk dengan nyaman meski hanya datang dalam waktu yang singkat. 

Baca juga: 16 Variasi Warna Cat Ruang Tamu Cream yang Menarik

10. Desain Foyer Kontemporer

Foyer ruang tamu kontemporer
Source : Chairish

Foyer bergaya kontemporer pada dasarnya merupakan gaya desain yang identik dengan kesan kekinian. Pins dapat mengaplikasikan desain rumah kontemporer modern dengan ciri khas pencahayaan alami yang maksimal. Pencahayaan ini diberikan dengan jendela besar di dekat pintu masuk. 

Pada rumah-rumah kontemporer, area foyer biasanya dibuat lebih besar karena berguna sebagai pengganti ruang tamu. Jadi, tak ada salahnya menambahkan dua buah kursi dan satu meja, serta sejumlah hiasan agar bercengkrama menjadi lebih nyaman. 

11. Desain Foyer Ruang Tamu Industrial

Foyer ruang tamu industrial
Source : Hackrea

Nuansa mewah dan unik menjadi dalam satu tampilan pada foyer ruang tamu bertema industrial. Sesuai definisi dari arsitektur industrial, foyer ini juga menampilkan konsep setengah jadi atau unfinished pada dindingnya yang terlihat belum dicat. 

Untuk menambah daya tarik area ini, Pins bisa menambah satu buah cermin dan gantungan jaket atau topi pada dinding sebelah pintu masuk.  

12. Desain Foyer Hacienda

Foyer ruang tamu hacienda
Source : Cabo Dream House

Desain Hacienda mempunyai ciri khas dari warna dinding plesteran putih dan genteng tanah liat berwarna merah. Adapun untuk desain foyer di ruang tamu bergaya Hacienda sendiri memiliki keunikan lengkungan atau arch yang mencolok. 

Kemudian, aksen kayu rustic juga akan melekat pada foyer Hacienda sehingga memberikan kesan jadul tetapi tidak ketinggalan zaman. 

13. Barn-Style Foyer

Source : homeawakening

Barn-Style Foyer atau konsep ala peternakan memang banyak disukai. Pasalnya menggabungkan komposisi warna usang yang pas untuk furnitur hingga lantai dan dinding. Suasana semakin homey dengan penambahan bantal pada kursi tamu.

14. Desain Foyer Bordeaux

(

Pada abad ke-18, terdapat rumah bangsawan di Bordeaux yakni Laurent dan Renaud Mommeja dari dinasti Hermes. Hunian ini menginspirasi desain interior Michael Coorengel dan Jean-Pierre Calvagrac dari Perancis dalam merancang hunian rumah klien mereka. Ciri khas desain ini adalah bola yang menumpangi tabung marmer dan pintu rumah berwarna custom.

15. Foyer Klasik Ala Jean-Louis Deniot

(

Jean-Louis Deniot adalah dekorator asal Paris yang mendesain rumah pasangan suami istri asal Amerika. Rumahnya menggunakan cornice tebal, tirai beludru Romo, lantai dari batu yang bermotif bahkan kursi bergaya Louis XVI tahun 1940 yang dilapisi dengan kulit.

Nah, itulah beberapa desain foyer ruang tamu yang sederhana hingga mewah untuk menjadi inspirasimu. Adakah konsep yang kamu sukai, Pins? 

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Tamu Pintu Tengah Agar Proposional


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Avoria Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download