Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Tips & Trik Ini Akan Ringankan Pekerjaan Mengecat Warna Rumah Kamu!

Tips Properti

Tips & Trik Ini Akan Ringankan Pekerjaan Mengecat Warna Rumah Kamu!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 3 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Memilih cat rumah bukan hal mudah bagi sebagian orang. Tanpa sadar, sebenarnya tiap warna memiliki arti dan kesan tersendiri. Jadi, warna apakah yang cocok untuk rumah kamu? Coba cek beberapa tips mengecat rumah yang dapat membantu pekerjaan mengecat jadi lebih ringan dan praktis!

Tak sembarangan, masing–masing warna cat mempunyai arti tersendiri, Pins. Ada beberapa warna yang cocok untuk meningkatkan selera makan di dapur dan ada juga beberapa warna yang cocok digunakan di dalam kamar tidur karena kesannya yang mengundang ketenangan saat malam hari.

Dilihat dari jenisnya, beberapa kelompok warna dapat membawa kesan yang berbeda ke dalam rumah kita, Pins :

1. Kelompok warna–warna terang
Ceria dan menyenangkan, kelompok warna–warna terang, seperti hijau, biru, kuning dan orange memberikan kesan mewah ke dalam rumahmu namun tetap terkesan friendly dan ceria sehingga dapat mendorong terjadinya komunikasi. Warna ini cocok untuk dipasang di ruang makan, dapur ataupun ruang keluarga.

2. Kelompok warna–warna gelap
Meski kamu mengira warna–warna gelap seperti merah, ungu, biru tua dan hijau tua memberikan kesan suram. Kenyataannya, jika diaplikasikan di tempat yang tepat, warna–warna gelap dapat memberikan kesan nyaman dan aman di rumah kamu. Pas banget jika diterapkan di tempat tidur dan ruang santai keluarga.

3. Kelompok warna – warna hangat
Warna dengan kesan hangat seperti orange dan kuning dapat berfungsi mensugesti suhu ruangan kepada penghuninya. Karena itu, ada baiknya cat warna hangat digunakan pada ruangan yang menghadap utara. Warna–warna hangat juga dapat menstimulus tumbuhnya kreativitas, jadi sangat cocok untuk mengaplikasikan warna–warna ini ke ruangan bersantai bersama, seperti ruang keluarga.

4. Kelompok warna–warna dingin
Warna–warna dengan tone dingin seperti icy blue dan hijau memberikan kesan menenangkan yang sangat cocok dipakai untuk kamar tidur. Selain dapat membantumu merasa rileks di sore atau malam hari, warna–warna ini juga dapat membuat kamu merasa fresh di pagi harinya.

tips mengecat rumah

Nah, selain dari kesan yang ditimbulkan, ada beberapa arti spesial yang datang dari masing–masing warna lho, Pins. Hal inilah yang tanpa kita sadari dapat membantu proses komunikasi antar penghuni rumah dan juga membantu meningkatkan tingkat kenyamanan kita saat berada di rumah. Contohnya:

1. Navy Blue
Tahukah kamu, warna navy blue ternyata dapat menghalangi keinginan seseorang untuk berkomunikasi, Jadi sebaiknya jangan memberi warna cat Navy Blue ke ruangan yang ditujukan untuk kumpul–kumpul, seperti ruang tamu atau ruang makan.

2. Merah
Warna merah tidak hanya dipercaya mampu meningkatkan energi di suatu ruangan, tapi juga dapat membuat membuat orang mudah merasa kesal dan rapuh, jadi sebaiknya jangan menggunakan warna merah untuk ruang tidur ataupun ruang bermain anak – anak, ya! Kalau kamu mau tetap memakainya, sebaiknya warna merah digunakan sebagai aksen saja.

3. Abu–Abu
Hindari penggunaan warna abu–abu untuk area ruang makan dan dapur, karena dipercaya dapat menghambat nafsu makan kamu. Tapi, kamu bisa menggunakan warna abu–abu untuk ruangan ruang tamu atau ruang kumpul keluarga karena dapat memberikan kesan mewah.

4. Putih klasik
Nah, ini dia warna yang jadi favorit orang–orang di Indonesia, Pins. Ada beberapa alasan kuat sih, kenapa warna putih menjadi favorit. Pertama, mereka memberi kesan bersih, terang dan lapang sehingga cocok digunakan jika kamu mau ruangan tersebut menjadi luas. Warna putih juga memberikan kebebasan bagi penghuni untuk mendekorasi dengan bebas karena warna ini seperti kanvas kosong yang siap untuk diisi dengan berbagai dekorasi di dalamnya.

5. Hitam mewah
Memilih hitam untuk ruangan adalah cara cepat untuk membuatnya jadi terkesan mewah. Untuk melengkapinya, kamu bisa memilih warna cokelat tua sebagai warna langit–langit ataupun dekorasi.


Nah, setelah mengetahui arti khusus dari warna cat, ada beberapa tips mengecat rumah yang akan membantu meringankan pengerjaannya, Pins!

1. Kertas koran
a. Mencegah noda cat di kaleng
Tidak hanya menjaga tetesan cat di dinding, kamu juga bisa meletakkan kertas koran di sekeliling dan bawah kaleng cat untuk menghindari noda cat kering yang biasanya melekat di permukaan kaleng.

b. Membersihkan sisa cat pada roller
Untuk membersihkan sisa cat secara maksimal di roller, kamu bisa menggunakan kertas koran yang telah diberikan sedikit air. Gosokkan kertas koran di permukaan roller kemudian bilas dengan air.

c. Membersihkan sisa cat di kuas
Setelah selesai digunakan, peras ujung kuas dengan kertas koran, jangan lupa lapisannya yang agak tebal ya Pins, supaya tangan kamu terhindar dari cipratan sisa cat yang ada di kuas.

2. Selang Air
Perlu mengecat di dinding yang tinggi? Kamu bisa mengikatkan selang di badan atau pegangan kaleng cat agar kegiatan mengecat di tangga bisa terasa lebih mudah.

3. Paper bag
Takut tangan kamu kecipratan saat mengecat dengan spray–paint? Tenang, kamu bisa menggunakan paper bag untuk melindungi daerah sekeliling tangan, Pins.

4. Petroleum Jelly
Tidak mau ada noda cat membandel di gagang pintu kamu, Pins? Coba aplikasikan Petroleum Jelly di gagang pintu kamu sebelum mulai mengecat ya.  Petroleum Jelly akan mencegah cat menempel di permukaan gagang pintu. Setelah selesai, kamu hanya perlu mengelap permukaan gagang pintu dengan tisu basah untuk menghilangkan bekasnya.

5. Kantong plastik
Ingin istirahat sebentar tapi pekerjaan mengecat kamu belum selesai? Sudah istirahat saja dulu. Bersihkan sisa cat dengan koran basah dan kemudian bungkus kuas dengan kantong plastik. Cara ini dapat mencegah mengeringnya cat di kuas, Pins.

Eh ngomong–ngomong, kamu juga dapat menggunakan kantong plastik sebagai pelindung tangan kamu saat menggunakan spray paint ya.

6. Cuka
Kamu bisa membersihkan total noda cat dari kuas dengan cara merendamnya di larutan cuka hingga cat terkelupas dengan sendirinya. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat kuas kembali fleksibel. Jangan lupa, setelah selesai direndam, cuci kuas dengan air hangat bersabun untuk mendapatkan kebersihan yang maksimal, Pins.


Nah, itu dia beberapa tips seputar pemilihan warna cat untuk rumah impian kamu dan juga beberapa trik yang bisa kamu pakai untuk memudahkan pekerjaan mengecat di rumah. Ingat untuk selalu memilih warna yang pas untuk menghiasi rumah ya, Pins. Jangan sampai komunikasi dan kenyamanan di rumah jadi terganggu karena pemilihan warna yang tidak pas.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel