BlogPemilik PropertiDesain HunianApa itu Saklar Tunggal? Ini Pengertian, Fungsi, Cara Pakai dan Pasangnya
0
0

Apa itu Saklar Tunggal? Ini Pengertian, Fungsi, Cara Pakai dan Pasangnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Saklar tunggal adalah sebuah saklar yang digunakan untuk mengendalikan (menyalakan dan mematikan) hanya sebuah lampu. Paling sering dan banyak ditemui pada instalasi penerangan rumah ataupun gedung. Saklar tunggal ini biasanya akan digunakan pada ruangan yang hanya memerlukan sebuah lampu dan satu saklar untuk mengendalikan lampu tersebut. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan tentang Pengertian, cara pakai, pemasangannya, dan fungsi saklar tunggal.

Saklar yang satu ini bisa Kamu jumpai dengan mudah penggunaannya. Misalnya seperti digunakan sebagai switch lampu, stop kontak, microwave, dan berbagai kebutuhan lainnya. Sesuai dengan namanya, saklar tunggal mempunyai tuas tunggal atau hanya berjumlah satu buah saja.

Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga:

Pengertian Saklar Tunggal

Source : Tokopedia

Saklar tunggal merupakan alat yang berfungsi guna menghubungkan dan memutus aliran arus listrik. Saklar yang satu ini termasuk ke dalam kategori SPST (Single Pole Single Throw). Artinya saklar hanya bisa digunakan satu arah dan mempunyai satu buah kutub saja. Saklar tungga fungsinya sebagai sistem kendali. Alat yang satu ini digunakan sebagai media untuk mengontrol kinerja alat-alat elektronik.

Akan tetapi, karena termasuk ke dalam jenis SPST, maka saklar tunggal hanya bisa bekerja searah, yaitu untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik saja.

Fungsi Saklar Tunggal

Berikut ini adalah fungsi-fungsinya:

1. Pemutus dan Penghubung Muatan Listrik

Source : Tokopedia

Fungsi saklar tunggal yang pertama yaitu untuk pemutus dan penghubung muatan listrik. Ketika menggunakan saklar, maka penggunaan alat elektronik menjadi lebih fleksibel karena dapat dimatikan dan dinyalakan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

2. Mencega Timbulnya Korsleting Listrik

Fungsi saklar tunggal yang berikutnya yaitu untuk memberikan jeda. Alat elektronik biasanya membutuhkan jeda dan tidak seharusnya digunakan secara terus menerus. Karena jika durasi dari penggunaannya terlalu lama dapat beresiko rusak atau terjadi korsleting. Ketika menggunakan saklar tunggal, maka kondisi tersebut dapat dihindari dan dicegah. Caranya yaitu dengan menggunakan alat elektronik sesuai dengan kebutuhan saja dan mematikannya ketika sudah tidak digunakan lagi.

3. Melindungi dari Risiko Kesetrum

Fungsi saklar tunggal yang terakhir yaitu untuk sebagai media pelindung, ketika saat menggunakan saklar, maka Kamu bisa lebih aman untuk menghidupkan atau mematikan alat elektronik tanpa harus takut kesetrum.

Komponen-Komponen dari Saklar Tunggal

Source : Tokopedia

Saklar tunggal tersusun dari beberapa komponen, berikut ini beberapa komponen-komponen dari saklar tunggal beserta penjelasannya.

1. Rumah Saklar

Komponen yang pertama adalah rumah saklar. Rumah atau tempat untuk saklar biasanya memakai bahan semikonduktor. Hal ini bertujuan untuk menghindari orang dari risiko terkena sengatan arus listrik pada saat menghidupkan ataupun mematikan saklar. Walaupun terdapat juga rumah saklar yang berbahan besi, akan tetapi penggunaan plastik lebih dominan karena bahan plastik tidak bisa menghantarkan listrik atau disebut dengan isolator sehingga dianggap lebih aman.

2. Baut Pengikat Fasa

Berikutnya, terdapat juga baut yang berguna untuk mengikat kabel. Baut pengikat yang terdapat pada saklar terdapat dua macam, yaitu baut yang menuju lampu dan baut yang menuju kabel fasa.

3. Plat Penghubung

Plat penghubung yang terdapat pada saklar akan berguna pada saat tombol on dan off ditekan. Ketika saklar ditekan pada posisi on, plat penghubung ini dapat membuat rangkaian saklar mendapatkan suplai arus. Akan tetapi pada saat tombol ditekan pada posisi off, plat penghubung akan kembali pada posisi semula. Lalu membuat saklar berhenti menerima suplai arus dan mati.

4. Titik Hubung

Titik hubung adalah komponen yang menjadi media untuk memberikan arus listrik dari saklar menuju lampu.

5. Tombol

Pada saklar tunggal, tombol untuk switch yang dimilikinya berjumlah satu buah saja. Tombol yang satu ini berguna untuk mengubah saklar pada posisi on atau off.

Cara Kerja Saklar Tunggal

Source : Pixabay

Prinsip kerja saklar tunggal menggunakan mekanisme sederhana. Jenis saklar yang satu ini hanya mempunyai dua kondisi saja, yaitu hidup dan mati. Berikut ini cara kerja dari saklar tunggal.

  • Pada saat Kamu menekan tuas atau tombol saklar ke satu sisi, maka arus listrik akan menyala. Lalu untuk mematikannya, Kamu bisa menekan tombol saklar ke arah yang berlawanan.
  • Pada saat dihidupkan, maka titik hubung yang terdapat di dalamnya akan tersntuh oleh plat logam dan membantu arus listrik untuk mengalir pada rankaian.
  • Ketika saklar menerima aliran muatan listrik, maka alat elektronik bisa bekerja sebagaimana fungsinya. Akan tetapi pada saat saklar mati, aliran listrik pun akan terputus dan kinerja alat elektronik pun akan berhenti.

Cara Memasang Saklar Tunggal

Untuk memasang saklar tunggal, sebenarnya Kamu bisa melakukannya secara mandiri tanpa memerlukan bantuan teknisi. Berikut ini beberapa langkah-langkah pemasangan saklar tunggal.

  • Pertama, siapkan peralatan-peralatan yang diperlukan seperti saklar, obeng, kabel, tespen, dan lainnya.
  • Untuk keamanan, sebaiknya matikan terlebih dahulu aliran arus listrik dengan menurunkan MCB
  • Untuk memastikan rangkaian listrik telah mati, Kamu bisa mengeceknya menggunakan tespen terlebih dahulu
  • Setelah semuanya dipastikan aman, potong kabel kemudian pasangkan pada sumber input
  • Cari juga titik lubang pada saklar dan pasangkan kabel pada titik tersebut. Hal ini bertujuan untuk sebagai output yang mengarah pada lampu.
  • Setelah semua komponen terpasang, kencangkan semua baut yang ada pada saklar
  • Terakhir, cek ulang apakah saklar telah berfungsi menggunakan tespen
  • Hidupkan kembali MCB dan cek kondisi saklar. Jika pemasangannya benar maka saklar telah siap untuk digunakan

Itu dia penjelasan tentang pengertian, cara pasang, cara kerja, dan fungsi saklar tunggal. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download