BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Solusi Jika Dinding Rumah Retak Berdasarkan Jenisnya
0
0

5 Solusi Jika Dinding Rumah Retak Berdasarkan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Solusi jika dinding rumah retak dapat menjadi langkah krusial untuk mempertahankan integritas dan keindahan bangunan. Retakan pada dinding tidak hanya menciptakan masalah estetika, tetapi juga dapat menjadi indikasi masalah struktural yang lebih serius. Penting untuk mengidentifikasi penyebab retakan sebelum mencari solusi, karena pemahaman terhadap akar permasalahan akan memudahkan dalam memilih pendekatan yang tepat untuk perbaikan.

Jika kamu sedang mencari rumah yang bebas dari masalah seperti dinding retak, ada banyak pilihan rumah di Kabupaten Bogor dan rumah di Kecamatan Bandung. Pins juga bisa mendapatkan kemudahan dalam menemukan rumah siap huni maupun rumah bekas dengan program pengajuan KPR.

Namun, jika kamu sudah memiliki rumah di sekitar Taman Balai Kota Bandung dan menghadapi masalah dinding retak, jangan khawatir. Pasalnya, artikel ini akan membahas berbagai solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini.

Baca juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Dinding Retak

Solusi Jika Dinding Rumah Retak

Rumah adalah sebuah bangunan yang didirikan sebagai tempat tinggal seseorang dalam kurun waktu jangka panjang. Rumah dengan kualitas bahan bangunan yang bagus akan dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Selain faktor kualitas bahan bangunan, faktor alam juga dapat menentukan waktu bertahannya bangunan rumah kamu.

Jika bangunan kamu mengalami kerusakan, tentu kamu harus memperbaikinya. Supaya kerusakan tersebut tidak melebar atau bertambah luas ke bangunan lainnya. Salah satu kerusakan yang sering terjadi di rumah-rumah yang sudah terbangun lama adalah mengalami keretakan.

Kondisi retak merupakan sesuatu yang seringkali membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman, karena adanya perasaan was-was sekaligus khawatir jika bangunan tiba-tiba runtuh. Namun tenang saja, selalu ada jalan selagi Pins masih ingin berusaha untuk memperbaikinya. Berikut ini beberapa solusi untuk kamu menanggulangi dinding rumah yang retak:

1. Membersihkan Permukaan Dinding

Source : iStock

Langkah pertama untuk mengatasi dinding rumah yang retak adalah kamu harus membersihkan terlebih dahulu permukaan dinding yang mengalami keretakan. Hal ini agar mempermudah kamu dalam melihat jumlah atau seberapa panjang keretakan tersebut terjadi. Pins dapat menggunakan kain yang sedikit lembab untuk membersihkan permukaan dinding.

Selain itu, kamu harus mencabut paku yang menempel di area sekitar dinding yang retak ya Pins!

2. Melunturkan Cat dengan Amplas

Source : iStock

Setelah permukaan dinding telah bersih, langkah selanjutnya kamu dapat melunturkan cat pada dinding yang retak menggunakan amplas. Amplas yang kamu gunakan adalah amplas kasar. Hal ini bertujuan agar acian di dinding tersebut terlihat, yang kemudian akan memudahkan kamu dalam menambalnya.

Jika cat sudah luntur dan acian di dinding terlihat, maka kamu dapat membersihkan kembali debu-debu tersebut menggunakan lap yang sedikit lembab.

3. Gunakan Semen Khusus untuk Menambal

Source : iStock

Langkah ketiga, setelah sisi acian pada dinding sudah muncul, maka kamu dapat menambal dinding yang retak menggunakan semen khusus menambal yang bernama wall filler. Ratakan tambalan wall filler di bagian yang retak dan tunggu hingga mengering.

4. Menambahkan Cat Plamir

Source : iStock

Langkah selanjutnya kamu dapat menggunakan cat plamir yang berbeda dari cat biasanya untuk meratakan dinding dan menjadi dasar pertama dindin sebelum diberi cat yang kamu inginkan. Tekstur cat plamir sedikit mengental agar memastikan tidak ada lagi bagian-bagian yang retak.

5. Amplas dan Cat Kembali

Source : iStock

Jika cat plamir sudah mengering, kamu dapat lanjut ke tahap akhir atau finishing yaitu mengamplas dinding tersebut hingga halus dan merata. Setelah sudah dipastikan halus dan merata, Pins dapat menutupnya kembali dengan cat dinding yang Pins inginkan! Dinding rumah kamu kembali menjadi bagus lagi.

Baca juga: 10 Bahaya Tembok Rumah Retak Bagi Penghuninya

Macam Dinding yang Retak

Setelah mengetahui cara mengatasi dinding rumah Pins yang retak, Pins harus mengetahui juga macam-macam dinding yang retak itu seperti apa dan apa penyebabnya. Berikut ini beberapa macam dinding yang retak:

1. Dinding Retak Ringan

Kondisi ini banyak disebabkan oleh kesalahan metode pelaksanaan pemasangan dinding batu bata, contohnya terlau cepat melakukan pekerjaan plesteran dan acian pasca pemasangan batu bata. maka dinding mengalami pemanasan dan akhirnya lapisan luar mengalami keretakan.

Untuk mencegah hal ini, maka bisa memberikan jeda waktu utuk memulai plesteran. Harus menunggu sampai pasangan bata benar-benar kering, setelah itu baru dilakukan penyiraman dinding agar pengerasannya tidak terlalu cepat.

Jika sudah terlanjur retak setelah finishing dinding selesai, maka bisa melapisi bagian yang retak tersebut dengan semen putih. Lalu, melakukan pengecatan ulang. Dengan cara seperti ini masalah retak di rumah kamu telah teratasi!

2. Dinding Retak Sedang

Keretakan sedang, bisa disebabkan karena kesalahan dalam pemilihan atau penggunaan bahan material. Misalnya penggunaan semen yang terlalu sedikit menyebabkan dinding keropos. Penyebab lain bisa disebabkan oleh faktor benturan ke dinding.

Solusinya bisa melakukan pekerjaan bobok pada area yang mengalami keretakan, memasang kembali batu bata pada bagian tersebut, melapisi dengan kawat ayam lalu melakukan plester aci dan cat.

3. Dinding Retak Berat

Pada kondisi ini terjadi kerusakan parah, sehingga berpotensi terjadi keruntuhan bangunan. Hal ini bisa disebabkan oleh struktur bangunan yang tidak kuat atau umur bangunan yang sudah tua. Pasangan dinding batu bata hanya berfungsi sebagai penyekat ruangan, sedangkan untuk menahan beban bangunan adalah tugas struktur kolom.

Ketika kolomnya tidak kuat, maka dinding ikut bekerja keras menahan beban sehingga berpotensi terjadi keretakan. Solusinya kamu dapat melakukan penguatan pada struktur dengan menambahkan kolom atau balok struktur agar dinding tidak lagi menahan beban diatasnya. Jika sudah melakukannya maka bisa dilanjutkan dengan perbaikan kembali pada dinding yang retak.

Itu dia bagaimana solusi dalam mengatasi dindind yang retak, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download