Pinhome

Pilih Plafon Triplek Atau Gypsum?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Berbagai macam jenis material plafon dapat digunakan sebagai bahan plafon rumah kita seperti triplek, gypsum, asbes, eternit, grc, dan lainnya. Dalam artikel ini kita akan membahas perbandingan antara pilih plafon triplek atau gypsum yang paling sering dipakai sebagai bahan plafon rumah tinggal.

Pinhome – Sebenarnya, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, bergantung pada kualitas yang diinginkan. Penjelasan dibawah ini akan menguraikan beberapa hal mendasar mengenai keduanya sebagai perbandingan.

Baca Juga:

Fungsi Plafon

(Bukalapak.com)

Pekerjaan plafon rumah mempunyai berbagai fungsi yang dapat membuat sebuah rumah nyaman untuk ditempati. Termasuk kekurangan dan kelebihan antara pilih plafon triplek atau gypsum untuk rumah. Adapun fungsi plafon itu sendiri antara lain:

  • debu-debu dari rangka atap rumah tidak langsung jatuh ke lantai rumah sehingga meneyebabkan lantai kotor yang harus dibersihkan setiap waktu.
  • Untuk memperindah arsitektur langit – langit rumah sehingga terlihat enak untuk dipandang serta nyaman untuk dihuni.
  • memberikan kesan khusus pada sebuah ruangan sesuai tema arsitektur yang di inginkan.
  • menutup konstruksi rangka atap atau yang ada diatasnya sehingga terlihat rapi jika dipandang dari bawah.
  • untuk memberikan rasa aman kepada penghuni rumah dari berbagai macam gangguan seperti tikus dan teman-temanya.
  • sebagai peredam suara suatu ruangan agar tidak terlalu bising akibat polusi di luar rumah.
  • untuk menambah kesejukan ruangan secara alami maupun dengan bantuan mesi air conditioner.
Baca Juga: 

Perbandingan Plafon Triplek dan Plafon Gypsum

pilih plafon triplek atau gypsum
(Archify)
  1. Dari segi harga plafon triplek 4 mm lebih murah dari plafon gypsum.
  2. pengerjaan lebih mudah plafon triplek.
  3. kedua jenis plafon ini sama-sama tidak tahan dengan air sehingga harus dipastikan terlebih dahulu atap rumah diatasnya sudah benar-benar aman dari bahaya kebocoran.
  4. Untuk perawatan lebih mudah plafon gypsum karena jika rusak pada suatu bagian kita hanya perlu mengganti pada bagian yang rusak tersebut dengan cara melobanginya kemudian menggantinya dengan yang baru.
  5. pengerjaan masing-masing jenis plafon ini memerlukan keahlian tukang khusus yang sebaiknya sesuai dengan bidangnya masing-masing, misalnya tukang kayu untuk mengerjakan plafon triplek sedangkan tukang gypsum untuk mengerjakan plafon gypsum.
  6. dari segi kerapian akan lebih rapi plafon gypsum karena lebih mudah dibentuk dengan berbagai macam pola serta tidak terlihat pada sambunganya.

Begitulah kurang lebih perbandingan kedua macam bahan plafon ini. Selanjutnya silahkan di pilih plafon triplek gypsum sesuai dengan selera masing-masing.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel