BlogPemilik PropertiDesain HunianPlafon Triplek atau Gypsum, Mana yang Lebih Baik?
0
0

Plafon Triplek atau Gypsum, Mana yang Lebih Baik?

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
triplek gypsumtop-right-banner

Mengingat ada begitu banyak material plafon yang tersedia di pasaran, tidak heran bila Pins bingung harus memilih yang mana. Dua dari sekian banyak model plafon yang banyak dicari adalah plafon triplek dan gypsum.

Kedua jenis plafon ini memang cukup sering dipilih orang sebagai langit-langit rumah. Walau begitu, plafon triplek dan plafon gypsum memiliki beragam kelebihan dan kekurangan yang patut diperhatikan. Simak daftar lengkapnya di bawah ini, ya!

Baca juga: 13 Pertimbangan dan Tips Renovasi Rumah Type 36

Kelebihan Plafon Gypsum

Plafon gypsum merupakan jenis plafon dengan bahan yang cukup berbeda dari plafon biasanya, entah itu GRC, PVC, maupun asbes. Plafon satu ini lebih sering dikenal dengan sebutan drywall. Ini karena gypsum terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar sehingga tidak heran banyak orang yang memilih plafon ini.

Lantas, apa saja kelebihan dari plafon gypsum untuk atap rumah yang tidak dimiliki plafon triplek? Ini ulasan lengkapnya!

Mudah Dipasang

plafon gypsum vs plafon asbes

Salah satu kelebihan dari plafon gypsum adalah menawarkan kemudahan dalam proses pemasangan. Umumnya, plafon gypsum tersedia dalam berbagai ukuran. Kamu bisa memilih ukuran plafon ini sesuai kebutuhan untuk menutupi langit-langit rumah.

Selain itu, Pins bisa memotong plafon gypsum dengan pisau atau gergaji. Alat-alat yang dibutuhkan pun tidak sebanyak plafon triplek, meliputi beberapa sekrup, paku, dan staples.

Pins juga dengan mudah mengangkat-angkat plafon gypsum karena berbobot ringan sehingga bisa dapat ditempel ke banyak permukaan. Kamu pun tidak perlu meminta bantuan banyak orang untuk mengangkat plafon ini sehingga bisa menghemat biaya tenaga tukang.

Baca juga: 30 Model Plafon Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

Tahan Api

Tidak hanya memiliki proses pemasangan yang mudah, plafon gypsum bersifat tahan api. Inti dari plafon ini tidak akan mudah terbakar dan bisa menahan air. Ini menciptakan uap ketika terpapar panas tinggi.

Beberapa studi memperlihatkan bahwa gypsum memiliki penyebaran api dan indeks kepadatan yang rendah. Artinya, plafon gypsum bisa membantu melindungi elemen lainnya dari kebakaran selama jangka waktu tertentu.

Meredam Suara

Memasang plafon gypsum pada langit-langit ternyata efektif membantu meredam suara, lho. Pins mungkin bisa mempertimbangkan gypsum alih-alih plafon triplek hunian berdekatan dengan pabrik atau jalanan yang berisik. Ini bertujuan mengurangi kebisingan sehingga tidak begitu terganggu.

Perbaikan Lebih Mudah

Dibandingkan triplek, perawatan plafon gypsum memang cenderung lebih mudah. Pasalnya, Pins hanya perlu mengganti bagian yang rusak ketika plafon gypsum mengalami masalah. Cara memperbaiki gypsum pun tergolong tidak rumit, hanya perlu melubangi gypsum dan mengganti bagiant tersebut dengan yang baru.

Baca juga: 13 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding

Kekurangan Plafon Gypsum

plafon gypsum vs plafon asbes

Di balik kelebihan yang ditawarkan oleh plafon gypsum, tentu ada deretean kekurangan yang patut jadi bahan pertimbangan. Apa saja?

Membutuhkan Perawatan yang Sulit

Pada saat proses pemasangan, ada kalanya teknisi kesulitan mempertahankan suhu untuk merekatkan papan gypsum. Selain itu, kamu perlu teliti lagi ketika membaca manual pemasangan, terutama pada bagian menjaga suhu ketika hendak mengecat plafon atau mendesainnya.

Tidak Cocok untuk Ruangan yang Lembap

Walau tahan api, plafon gypsum ternyata tidak cocok digunakan di ruangan lembap. Ini karena gypsum tidak tahan air sehingga sebaiknya pastikan atap rumah di atas benar-benar aman dari kebocoran. Bila tidak, kebocoran bisa mengintai rumah kamu, lho.

Kelebihan Plafon Triplek

triplek gypsum

Plafon triplek merupakan plafon yang terbuat dari kayu yang bisa digunakan untuk semua hal, termasuk pembatas langit-langit rumah. Bahan bangunan serbaguna ini dbuat dengan melapisi lembaran tipis veneer kayu. Ini berfungsi menguatkan kayu dan memberikan fleksibilitas. Nah, penggunaan plafon triplek sama populernya dengan plafon gypsum. Berikut ini beberapa kelebihan plafon triplek.

Baca juga: Jenis-Jenis Plafon Hollow, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menghitungnya

Kuat dan Tahan Lama

Pins tahu tidak kalau plafon triplek memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik. Bagaimana tidak, plafon ini tersedia dalam berbagai ketebalan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari 6 mm hingga 32 mm. Selain itu, kayu lapis pada triplek biasanya terbuat dari berbagai jenis kayu.

Mudah Dicat

Tidak hanya kuat dan tahan lama, Pins bisa dengan mudah mengaplikasikan warna cat plafon kesukaan pada plafon triplek. Ini mungkin karena plafon triplek memiliki permukaan yang halus setelah dilaminasi atau veneer agar cat bisa menempel sempurna.

Tersedia dalam Ukuran Besar

Jika Pins ingin menutupi langit-langit rumah yang berukuran luas, plafon triplek bisa jadi bahan pertimbangan. Plafon ini menawarkan ukuran yang besar dibandingkan dengan kayu solid. Jadi, tidak heran bila orang yang tidak ingin menyambung plafon memilih bahan triplek sebagai alternatif. Keunggulan ini tentu memberikan tampilan yang lebih bagus, bukan?

Kekurangan Plafon Triplek

Meski memiliki berbagai kelebihan, tidak menutup kemungkinan plafon triplek mempunyai beberapa kekurangan yang tidak kamu jumpai di plafon gypsum. Ini dia beberapa kekurangan plafon triplek untuk rumah.

Baca juga: 8 Ide Membuat Dekorasi Atap Kamar yang Super Keren

Membutuhkan Proses Pemasangan yang Lama

Jika kamu menggunakan triplek untuk plafon, proses pemasangan mungkin tergolong lama. Berikut ini beberapa langkah ketika memasang plafon triplek.

  1. Siapkan bahan yang dipakai untuk pembuatan plafon, seperti triplek, kayu rangka plafon, paku, dan cat.
  2. Kumpulkan alat kerja untuk membuat plafon triplek, yakni benang ukur, palu, gergaji, dll.
  3. Cek terlebih dulu apakah dinding sudah benar-benar rapi dan siap untuk dipasang plafon triplek.
  4. Pastikan atap rumah dalam kondisi aman dari bahaya kebocoran air hujan yang dapat merusak plafon triplek nantinya.
  5. Gunakan benang dan selang air untuk mengukur kedataran lokasi pemasangan plafon dan juga sebagai penentu batasan titik-titik yang akan dipasang rangka plafon.
  6. Atur plafon sedemikan rupa hingga benar-benar sesuai dengan ukuran triplek yang direncanakan.
  7. Perlu juga diperhatikan untuk lokasi pemasangan titik lampu, sebaiknya dalam posisi di tengah ruangan atau pada titik-titik yang sudah direncanakan dengan baik. Dengan begitu, plafon akan terlihat indah.
  8. Pastikan rangka plafon sudah selesai terpasang dan benar-benar kuat.
  9. Pekerjaan compound dilakukan untuk menutup cacat kayu pada triplek atau pada nut.
  10. Lakukan pengecatan plafon agar plafon triplek yang sudah terpasang terlihat lebih rapi dan indah.

Mudah Rusak Akibat Benturan

Pada saat didistribusikan, plafon triplek berisiko mudah rusak atau mengalami perubahan bentuk akibat bentukan. Pasalnya, triplek sering menggerus tepian kayu hingga menjadi serpihan selama dipindahkan.

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum atau Triplek

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan pada plafon gypsum dan triplek, pilih salah satu antara keduanya, ya. Bila sudah yakin, kamu bisa mendatangi toko bangunan setelah menghitung kebutuhan plafon gypsum atau triplek dengan metode di bawah ini!

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon Gypsum dengan Luas 1 Lembar Triplek/Gypsum

Standar ukuran triplek atau gypsum di pasaran toko bangunan adalah 1,2m x 2,4m. Jadi luasnya sama dengan 1,2m x 2,4m = 2,88m2. Jika menggunakan ukuran lainya, ini bisa dihitung dengan prinsip yang sama.

Menghitung Luas Plafond yang Akan Dipasang

Setelah itu, Pins bisa menghitung luas plafon dengan satuan m2, misalnya untuk rumah ukuran 6m x 12m maka luasnya 6m x 12m = 72m2.

Menghitung Kebutuhan Triplek / Gypsum

Dari data luas plafon yang akan dipasang sebanyak 72m2 serta luas 1 lembar triplek 2,88m2, sudah bisa Pins hitung kebutuhan triplek atau gypsum.

  • Kebutuhan triplek = luas plafond : luas 1 lembar triplek
  • Kebutuhan triplek = 72 m2 : 2,88m2 = 25 lembar
  • Ditambah angka keamanan 5% sebagai antisipasi jikalau ada kerusakan, sisa potongan terbuang, dan sejenisnya.
  • Wise = 5% x 25 lembar = 1,25 lembar
  • Total kebutuhan triplek / gypsum = 25 lembar + 1,25 lembar = 26,25 lembar dibulatkan menjadi 27 lembar.

Nah, itu tadi hal-hal yang bisa jadi bahan pertimbangan ketika memilih antara plafon gypsum atau triplek. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download